Manfaat Buah

Cara Merawat Rambut Sehat Dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis, secara umum dikonsumsi sebagai minuman kesehatan atau bahan tambahan makanan. Jeruk nipis, umum pula dimanfaatkan untuk bahan kecantikan kulit wajah. Selain untuk perawatan kulit, jeruk nipis ternyata dimanfaatkan sebagai bahan perawatan rambut. Ada beberapa masalah rambut yang bisa diselesaikan dengan khasiat alami jeruk nipis ini. Kandungan utama jeruk nipis yang umum diketahui adalah vitamin C. Dengan kandungan inilah, jeruk nipis dimanfaatkan untuk berbagai keperluan perawatan, baik kulit wajah maupun untuk rambut. Jika dibandingkan dengan jeruk biasa, vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis lebih besar kadarnya. Oleh karena itulah mengapa sebabnya perawatan dengan buah jeruk nipis lebih banyak dipilih dibandingkan dengan menggunakan buah jeruk lainnya.

sponsor: cream pemutih wajah.

Cara Merawat Rambut Sehat Dengan Jeruk Nipis. Dan berikut manfaat jeruk nipis untuk perawatan rambut, antara lain :

Cara Merawat Rambut Sehat

  1. Merangsang pertumbuhan rambut

Rambut yang tipis karena rontok bisa dirangsang untuk tumbuh kembali menggunakan perawatan memanfaatkan jeruk nipis. Rambut yang rontok hendaknya jangan sampai dibiarkan, karena akan menyebabkan kebotakan kepala. Dengan rambut yang sehat dan lebat, akan mendukung penampilan.

  1. Mengatasi ketombe

Masalah yang sering terjadi pada kulit kepala adalah timbulnya sisik berwarna putih yang seringkali disebut dengan istilah ketombe. Kandungan asam sitrat yang terdapat pada jeruk nipis bisa menjadi obat solusi yang murah dan ampuh untuk mengatasi ketombe pada kulit kepala. Ketombe yang berlebihan, pada akhirnya bisa membuat rambut rontok, karena akar rambut yang rapuh.

  1. Mengatasi rambut bercabang, kering dan pecah-pecah

Rambut yang tidak sehat juga ditandai dengan ujung yang bercabang, kering atau pecah-pecah. Kondisi rambut yang kering dan bercabang ini biasanya memang dari kondisi rambut seseorang yang dipengaruhi faktor genetiknya. Namun, jiak diberikan perawatan, faktor fenotipe rambut bisa menjadi lebih baik dan sehat. Kesehatan rambut yang buruk biasanya juga dipicu dengan adanya penggunaan bahan-bahan kimia yang diapikasikan pada rambut, misalnya saat proses rebonding dan pewarnaan. Ada pula kerusakan yang disebabkan penggunaan alat-alat yang sifatnya panas pada rambut, seperti penggunaan hair dryer dan catok rambut. Faktor alam yang turut mempengaruhi kesehatan rambut adalah faktor udar dan paparan sinar matahari.

Masalah-masalah rambut tersebut bisa diatasi dengan jeruk nipis, untuk mendapatkan rambut yang kuat, sehat dan berkilau.

Cara merawat rambut dengan jeruk nipis

Dengan adanya beberapa masalah yang muncul pada rambut dan kulit kepala, jeruk nipis bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. Cara yang bisa dilakukan untuk membuat rambut dan kulit kepala lebih sehat dengan jeruk nipis, antara lain:

  1. Irislah jeruk nipis menjadi beberapa bagian potongan yang lebih kecil agar lebih mudah diperas. Irisan tersebut kemudian diperaskan di atas kulit kepala secara merata. Biarkan hingga kuramg lebih 20 – 30 menit, agar nutrisi jeruk nipis terserap akar rambut dan kulit kepala. Setelah itu, kapala dibersihkan dengan dibilas hingga bersih atau bisa pula menggunakan shampo. Agar hasilnya efektif, perawatan ini bisa dilakukan 3 kali dalam seminggu.
  2. Manfaat jeruk nipis bisa pula dirasakan sebagai bahan pembuatan masker rambut, dengan ditambah bahan lain berupa madu dan minyak zaitun. Ketiga bahan tersebut dicampurkan dengan komposisi, 1 buah jeruk nipis, 1 sendok madu dan 3 sendok makan minyak zaitun. Setelah ketiga bahan tersebut dicampurkan, dapat langsung dioleskan pada rambut sebagai masker. Biarkan kurang lebih 30 menit, dan diakhiri dengan pembilasan.
  3. Jeruk nipis dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Ptongan jeruk nipis ini kemudian dioles-oleskan perasannya ke seluruh bagian rambut secara merata. Diamkan rambut sambil dibungkus dengan dengan handuk selama kurang lebih 6 jam. Tahap akhir, rambut dicuci hingga bersih.
63
24%
like
146
56%
love
18
6%
haha
3
1%
wow
6
2%
sad
24
9%
angry

Comments

comments

To Top