Rambut ku

Cara Merawat Rambut Dengan Mayones

Cara Merawat Rambut Dengan MayonesCara merawat rambut dengan mayones- Jika Anda mengalami rambut yang rapuh, kering, susah untuk diatur, perawatan kondisioner menggunakan mayones mungkin adalah salah satu solusi untuk mengembalikan kesehatannya. Mayones dapat menutrisi rambut dengan baik, karena di dalamnya terdapat kandungan seperti telur, minyak, dan bahan-bahan lain yang sangat bermanfaat. Anda dapat menggunakan mayones untuk dijadikan sebagai kondisioner agar rambut menjadi lebih lembut, halus, dan sehat. Berikut cara merawat rambut dengan mayones:

sponsor:kezia skin expert.

  1. Gunakan mayones full fat

Pilihlah mayones full fat atau yang mengandung banyak lemak. Karena mayones full fat dapat menutrisi rambut Anda dengan baik. Mayones dengan rendah atau tanpa lemak justru dapat merusak rambut Anda. Anda juga harus menghindari mayones dengan bahan-bahan perasa, karena selain dapat menimbulkan bau mungkin juga dapat merusak rambut Anda.

Sebaiknya Anda memilih mayones alami dan organik. Biasanya mayones jenis ini terdapat kandungan minyak zaitun dan nutrisi yang lengkap yang sangat baik untuk rambut Anda.

  1. Takaran mayones yang tepat

Anda harus mengukur jumlah mayones yang Anda gunakan, gunakan ½ cangkir mayones atau tergantung dengan kebutuhan sesuai dengan kondisi rambut Anda. Yang harus diingat adalah mayones harus dapat mencakup seluruh batang rambut hingga ke akar dan kulit kepala. Jangan berlebihan menggunakannya, karena nanti Anda akan kesulitan saat membersihkannya.

  1. Tempatkan mayones dalam suhu ruang

Jika Anda menyimpan mayones di dalam kulkas, Anda harus mengeluarkannya dan membiarkannya selama 1 hingga 2 jam sebelum menggunakannya. Akan lebih baik jika Anda menghangatkannya, karena minyak dari mayones yang dalam keadaan hangat akan lebih mudah masuk ke dalam foliklel rambut Anda.

  1. Basahi rambut dengan air hangat

Sebelum menggunakan mayones, Anda harus membasahi rambut dengan air hangat terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar lebih mudah untuk meratakan mayones ke setiap helai rambut Anda hingga ke akar dan kulit kepala. Saat rambut dalam kondisi hangat, folikel rambut akan lebih terbuka, sehingga mayones dapat masuk dengan mudah dan menutrisi rambut dengan baik dan sempurna. Jangan mencuci rambut menggunakan sampo atau kondisioner saat melakukan proses ini.

  1. Berikan pijatan yang lembut

Usahakan mayones dapat melapisi setiap helai, akar, hingga kulit kepala Anda. Fokuskan perawatan ini pada ujung rambut. Anda dapat menggunakan bantuan sisir dengan rongga yang lebar untuk meratakannya. Kemudian berikan pijatan yang lembut dari ujung rambut hingga kulit kepala selama beberapa menit. Jika mayones terasa menggumpal, tambahkan sedikit air hangat kemudian pijat kembali.

  1. Gunakan plastik penutup kepala

Cara merawat rambut dengan mayones akan lebih baik jika menggunakan pembungkus plastik untuk kepala. Plastik ini digunakan bertujuan untuk menjaga suhu hangat pada rambut Anda secara menyeluruh, sehingga mayones dapat bekerja dengan baik. Biarkan mayones membasahi rambut dan kulit kepala Anda selama minimal ½ hingga 1 jam, tergantung dari kondisi rambut dan tingkat kelembaban yang Anda rasa cukup.

  1. Gunakan sampo setelah bersih

Setelah terapi menggunakan mayones dirasa cukup, Anda dapat membersihkannya menggunakan air hingat. Gunakan sampo saat rambut sudah dala keadaan bersih dan keramaslah seperti biasa. Dengan demikian rambut Anda akan terasa lebih lembut, halus, dan tidak berminyak.

Membuat Masker Mayones

Memang tersedia banyak pilihan mayones yang dijual di toko-toko, namun bagi Anda yang ingin membuat masker mayones sendiri hal tersebut dapat dilakukan dengan bahan-bahan yang alami. Dengan cara ini Anda tidak perlu khawatir, karena Anda mengetahui secara pasti bahan-bahan yang digunakan. Berikut cara membuat masker mayones sendiri:

  1. Siapkan 1 butir telur yang diambil kuningnya, kemudian campur dengan 1 sendok teh sari lemon dan 1 sendok teh cuka ke dalam sebuah mangkuk.
  2. Tambahkan ½ cangkir minyak canola kemudian aduk secara perlahan hingga merata. Usahakan tekstur yang dihasilkan menyerupai mayones.
  3. Setelah masker siap, Anda dapat segera mengoleskannya pada rambut dan biarkan selama 1 jam sebelum Anda membilasnya.

 

Masker Mayones dengan Tambahan Madu dan Susu

Masker mayones yang baik adalah dengan dilengkapi madu dan susu, agar hasil yang didapatkan lebih sempurna. Madu dan susu merupakan kondisioner alami yang mampu menjadikan rambut lebih lembut dan halus. Berikut cara membuatnya:

  1. Siapkan ½ cangkir mayones, kemudian tambahkan 1 sendok makan madu dan susu.
  2. Pastikan semua bahan tersebut tercampur rata, kemudian oleskan pada rambut secara menyeluruh, biarkan selama 1 jam sebelum membliasnya.

 

Masker Mayones dengan Tambahan Putih Telur

Anda dapat menambahkan putih telur pada mayones, jika rambut Anda terasa kusut dan kering. Telur mampu menjadikan rambut terlihat lebih lembut, kuat, dan sehat. Sebenarnya, mayones telah mengandung kuning telur, namun untuk mengatasi rambut yang kusut Anda juga perlu menambahkan putih telur. Berikut cara membuatnya:

  1. Siapkan 1 butir telur yang diambil putihnya, lalu campur dengan ½ cangkir mayones.
  2. Oleskan krim tersebut pada rambut dan kulit kepala secara menyeluruh, kemudian biarkan selama 1 jam.
  3. Bilas hingga bersih.

 

Demikian beberapa cara merawat rambut dengan mayones. Anda dapat mencampurkan beberapa bahan tambahan lain sesuai dengan masalah yang Anda alami. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top