Tips dan Trik

Cara Merawat Peralatan Berbahan Kulit

Cara Merawat Peralatan Berbahan Kulit

Apakah anda ingin membersihkan barang atau peralatan berbahan kulit? Artikel ini akan memberikan cara merawat peralatan berbahan kulit dan panduan membersihkan kulit di perabotan dan barang pribadi Anda.

sponsor: dr rochelle skin expert.

Mungkin tidak banyak yang mengerti dan tahu bagaimana cara membersihkan bahan kulit pada perabotan dan barang pribadi. Barang yang terbuat dari kulit cukup awet dan tahan lama. Namun, terkadang bahan ini pun butuh dicuci karena kotoran atau sekedar tumpukan debu maupun jamur. Dikarenakan oleh sifat bahan yang berasal dari kulit, membersihkan dengan cara yang sama seperti pakaian biasa dapat merusak bahan kulit tersebut. Nah berikut ini adalah beberapa tips tentang bagaimana cara merawat kulit untuk menjaga barang-barang anda yang berbahan kulit milik Anda tampak seperti baru lagi.

Cara Merawat Peralatan Berbahan Kulit

  1. Bagaimana Cara Membersihkan Barang Pribadi Yang Berbahan Kulit?

Barang pribadi yang terbuat dari kulit contohnya tas, dompet kulit, sepatu. Barang tersebut sangatlah rentan terhadap kotoran karena sebagian besar digunakan di ruang terbuka dan seringkali diletakkan dibawah. Masih banyak orang dengan enaknya menggunakan sabun atau deterjen untuk menghapus noda, padahal cara tersebut bukanlah cara yang tepat dan benar, sisa sabun yang tertinggal pada kulit tersebut dapat mengganggu pernafasan material dan dapat menyebabkan retak dan kering pada permukaan bahan. Dengan begitu, anda dapat mengikuti tips yang berguna dalam merawat tas dan dompet kulit berikut ini:

  • Aduk sedikit sabun yang ringan kandungannya contoh speerti sabun wajah atau deterjen pakaian yang lembut dicampur dengan 8 bagian air. Akan sangat baik jika dapat menggunakan air mineral kemasan atau air yang telah disuling, hal tersebut untuk menghindari berbagai partikel yang ada pada air keran.
  • Letakan campuran tersebut ke dalam botol semprot atau sprayer  dan semprotkan pada kain lembut atau spons, lebih disarankan untuk menggunakan kain lap mikrofiber akan lebih baik. Jangan pernah menyemprotkannya secara langsung pada bahan kulit karena dapat menyebabkan penyerapan air yang berlebihan pada bahan.
  • Lap dengan perlahan kotoran yang menempel, lap dengan mengikuti alur serat permukaan bahan kulit tersebut.
  • Setelah noda sedikit menghilang biarkan tas atau dompet agar mengering secara alami, jauhkan dari sengatan cahaya matahari langsung.
  • Setelah mengering, lap dengan menggunakan pelembab khusus untuk bahan kulit,dengan tetesan sebesar butir kacang, untuk melindungi bahan tetap terawat.
  1. Tips Bagaimana Cara Merawat Peralatan Berbahan Kulit

Cara Merawat Peralatan Berbahan Kulit

Peralatan anda yang berbahan kulit seperti sofa dan bantal sofa adalah perlengkapan rumah tangga yang umum, namun tidak banyak pemilik rumah yang mengetahui cara merawat barang berbahan kulit yang tepat dan benar. Jika menggunakan peralatan pembersih rumah tangga yang memiliki kandungan berat, bahan kulit dapat menjadi rusak, maka dari itu pilihlah sabun yang jauh lebih lembut dan ikuti panduannya berikut ini:

  • Dengan menggunakan sikat yang lembut, gunakanlah alat bantu penghisap debu untuk menghilangkan debu yang menempel sebelum kemudian melakukan pembersihan.
  • Dengan menggunakan kain halus, lap perlahan perabotan dengan sedikit deterjen yang lembut. Deterjen khusus untuk pakaian halus atau sabun lembut / produk pembersih khusus untuk melembutkan bahan kulit yang mengandung minyak dan lilin dapat membantu dalam menjaga bahan kulit tetap bersinar dan terawat.
  • Lebih baik, gunakanlah kain lap mikrofiber, dan jangan pernah menggunakan tisu karena dapat hancur dan serpihannya dapat tertinggal dalam kulit dan malah akan lebih mengotori perabotan.
  • Lap kembali dengan menggunakan air dingin dan bersih, menjaga agar bahan tidak terlalu basah. Usahakan gunakan kain yang berbeda.
  • Biarkan hingga kering dengan alami, usahakan agar perabotan tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  1. Cara Mudah Membersihkan Jok Mobil Yang Berbahan Kulit

Jok mobil yang berbahan kulit  dapat dirawat dengan cara yang hampir sama dengan perabotan kulit lainnya, namun yang menjadi perhatian adalah caranya. Cara terbaik untuk memudahkan dalam membersihan jok mobil adalah dengan menggunakan sabun pembersih (yang telah dicampur dengan air) pindahkan ke dalam botol semprot yang nudah untuk dibawa di dalam mobil. Bawalah juga botol semprot berbeda yang berisikan air bersih untuk membilasnya.

  1. Cara Membersihkan Bahan Kulit Menggunakan Uap

Anda dapat membersihkan bahan kulit dengan menggunakan tanpa adanya resiko merusak bahan. Tetapi ingatlah, meskipun ini adalah cara yang terbaik untuk menghilangkan kuman dan kotoran pada permukaan bahan, Anda tetap perlu untuk membersihkan pada spot kotoran tertentu karena uap pembersih tidak dapat menyerap pada kulit. Dengan begitu, hal ini juga dapat dilakukan pada sofa berbahan kulit, dimana sofa kulit rentan terhadap pengumpulan kotoran, kuman,pembersihan uap dengan baik secara teratur dapat menjaga rumah agar tetap higienis.

  1. Tips Merawat Bahan Kulit Dengan Bantuan Bahan Bahan Alami

Beberapa bahan bahan alami yang sering digunakan dalam rumah tangga  dapat sangat menguntungkan untuk membersihkan bahan kulit dan bahan bahan alami tersebut aman pula untuk digunakan. Anda bisa menggunakan jeruk lemon yang dicampurkan dengan krim tartar (sejenis garam yang ada di baking powder) adalah campuran yang baik untuk menghilangkan kotoran pada perabotan, dan juga cuka dapat digunakan untuk membersihkan  dan merawat kondisi bahan kulit. Dan juga pada minyak alami juga menjadi bahan yang baik untuk digunakan dalam menjaga kilau dan kelembutan bahan kulit.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top