Tips Kesehatan

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Darah tinggi adalah kondisi dimana tekanan darah meningkat dan melampaui batas normalnya. Banyak yang menaggap sepele masalah darah tinggi ini dan tidak segera mengobatinya, pernyataan itu sangatlah tidak benar karena darah tinggi dapat beresiko menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya seperti stroke, diabetes, dan kolesterol.

Sponsor: cream pemutih wajah

Berbagai cara dapat dilakukan untuk menurunkan darah tinggi baik menggunakan obat-obatan maupun dengan cara yang tradisional dengan memanfaatkan tanaman atau buah-buahan. Berikut ini beberapa cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

  • Mengkonsumsi Buah Pisang Yang Kaya Nutrisi

Cara pertama menurunkan darah tinggi secara alami adalah dengan mengkonsumsi buah pisang. Pisang merupakan buah sejuta umat karena dapat tumbuh dimana saja serta disukai oleh semua orang karena rasanya yang manis. Didalam 100 gram buah pisang terdapat nutrisi berupa lemak 0,2 gram, protein 1,2 gram, karbohidrat 25,8 gram, serat 0,7 gram, zat besi 0,5 gram, fosfor 28 gram, kalsium 8 mg, vitamin C 3 mg, vitamin B 0,08 mg serta vitamin A 44 RE.

Pisang sangat baik untuk penderita hipertensi yang memang harus menjaga kadar garam dalam darah. Sementara dalam buah pisang sangat sedikit kandungan garam dan memiliki  kalium tinggi yang baik untuk penderita hipertensi.  Menurut badan pangan Amerika (FDA)  menyebut bahwa manfaat pisang diklaim dapat menurunkan tingkat risiko tekanan darah serta penyakit stroke. Jadi, semakin tinggi asupan kalium dalam tubuh maka minin risiko terjadinya serangan jantung sebab peran kalium dapat mengimbangi sodium yang masuk ke dalam tubuh. Pisang sangat baik dikonsumsi orang yang memiliki tingkat metabolisme tubuh yang menurun akibat stress sehingga menyeimbangkan kembali pikiran.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

  • Mengkonsumsi Buah Kiwi Yang Segar

Selain mengkonsumsi pisang cara lain untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan mengkonsumsi buah kiwi yang masih segar. Buah kiwi kaya akan kandungan kalsium, magnesium, vitamin, serta kalium. Nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang sedang Anda derita. Selain itu buah kiwi yang masih segar dan berasa manis juga bermanfaat untuk menenagkan fikiran. Saat fikiran Anda merasa tenang disaat itulah tekanan darah akan terkontrol dengan stabil sehingga resiko mengalami tekanan darah tinggi dapat diminimalisir.

Menurut penelitian, mengkonsumsi 3 buah kiwi dalam sehari selama 8 minggu dapat membantu meningkatkan tekanan darah sistolik 3,6 milimeter lebih rendah dibanding mereka yang memakan buah apel. Tekanan darah simbolik sangat berkaitan erat dengan tekanan darah tinggi. Tak hanya itu, kiwi pun mengandung kaya lutein yaitu sebuat antioksidan paling kuat yang bertanggung jawab dalam proses penurunan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Mette Svendsen dari Oslo University Hospital di Norwegia menyebut bahwa gizi termasuk makanan padat gizi yang beragam nutrisi namun rendah kalori dan baik untuk penderita hipertensi.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

  • Sayur Brokoli

Selain beberapa jenis buah-buahan di atas ada juga sayuran yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi yaitu brokoli. Brokoli adalah jenis bunga yang berasal dari tanaman brokoli dan sering dikonsumsi sebagai sayuran hijau yang menyehatkan. Brokoli kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin A, B, C, serat, niacing serta glukorafonin yaitu sebuah senyawa kimia berguna untuk memrangi sel kanker yang ada di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi brokoli sebagai sayuran yang menyehatkan ataupun sebagai minuman jus yang menyegarkan akan bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi serta menghindarkan Anda dari resiko tunbuhnya sel kanker yang ada di dalam tubuh.

Brokoli adalah satu diantara banyak sayuran berwarna hijau yang bermanfaat untuk kesehatan dan mencegah hipertensi. Brokoli adalah sayuran hijau yang tinggi potasium (kalium), berelang juga fosfor. Terdapat 90% air didalam brokoli lengkap dengan zat karbohidrat dan lemak yang rendah. Tak hanya baik untuk membantu mengurangi tekanan darah, brokoli dipercaya sebagai sayuran antikanker dan pembersih alami tubuh sehingga membantu menjaga berat badan. Agar bisa dikonsumsi dengan mudah, pertama siapkan dua buah brokoli segar lalu tambahkan 250 gr wortel dan kubis secukupnya. Blender ketiga bahan dan minum.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

  • Paprika Merah

Jenis sayuran lainnya yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah paprika merah. Paprika adalah salah satu tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai sayuran yang menyehatkan. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam paprika merah bukan hanya bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi akan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan Anda. untuk itu apabila tekanan darah sedang tinggi tidak ada salahnya Anda mencoba paprika merah sebagai menu sayuran sehat.

Disalam papikra merah terseimpan sejumlah nutrisi diantaranya vitamin A yang aik untuk mendukung penglihatan mata tetap sehat terutama pada malam hari. Selanjutnya paprika dapat membantu mensukseskan program diet sebab mengkonsumsinya dapat meningkatkan metabolisme, meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah sehingga proses pembakaran kalori lebih maksimal. Ada juga vitamin C dalam paprika sebanyak 300% dari asupan harian yang baik untuk nutrisi antioksidan. Jadi semakin banyak vitamin c yang masuk, maka memudahkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Paprika juga super food yang kaya antioksidan, tinggi lycopene yang telah diuji mampu mencegah penyakit kanker paru-paru dan prostat. Terakhir, sumber vitamin B6 dan magnesium dalam papikra baik untuk mengurangi kembung juga mencegah tekanan darah tinggi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top