Tips Kesehatan

Cara Menjaga Telinga Agar Tetap Sehat

Cara Menjaga Telinga Agar Tetap Sehat

Seperti telah diketahui telinga merupakan alat pendengaran yang terdapat pada kepala yang berfungsi untuk mendengarkan bunyi atau suara yang masuk ke dalam telinga. Telinga adalah indra pndengaran yang sangat berguna dan harus selalu dijaga kesehatannya. Akan tetapi banyak orang yang mengabaikan dan sering mengagap sepele kesehatan telinganya sehingga sering terjadi beberapa gangguan pada pendengarannya. Berikut ini beberapa cara menjaga telinga agar tetap sehat untuk membuat pendengaran lebih baik bebas kotoran.

Sponsor: dr rochelle skin expert

  • Tidak Menggunakan Cotton Buth Untuk Membersihkan Telinga

Cara untuk menjaga kesehatan telinga yang pertama adalah tidak menggunakan cotten buth atau korokan kuping sebagai alat untuk membersihkan telinga. Kebanyakan orang banyak memilih cotton buth sebagai alat untuk membersihkan telinga bagian dalam karena dianggap paling aman. Hal ini tidaklah dibenarkan karena ketika telinga dimasuki oleh cotton buth kotoran yang ada di dala telinga justru malah terdorong dan masuk lebih jauh lagi ke dalam telinga. Cara yang paling tepat dan aman adalah membiarkan kotoran tersebut karena telinga mempunyai kemampuan untuk mengeluarkan kotoran yang terdapat di bagian dalam telinga dengan sendirinya. Dan ketika kotoran sudah mulai terlihat maka diperbolehkan menggunakan cotton buth untuk mengambilnya. Itulah manfaat tidak tidak mengorek kotoran telinga menggunakan cotton bud dimana justru bisa membuat telinga semakin kotor. Kotoran juga bisa masuk kedalam telinga padalah indra ini bisa secara otomatis mengeluarkan kotoran.

  • Mengunyah Makanan Dengan Baik

Cara yang berikutnya adalah mengunyah makanan dengan baik atau sampai halus. Makanan yang dikunyah secara halus bukan hanya bermanfaat bagi pencernaan Anda akan tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan telinga. Hal ini dikarenakan gerakan-gerakan ketika mengunyah makanan otot yang terdapat disekitar mulut dan telinga akan bereaksi dan berguna untuk mendorong serta mengeluarkan kotoran dari dalam telinga Anda. untuk itu ada baiknya ketika sedang makan Anda mengunyah makanan yang akan dicerna dengan halus dan pelan karena akan sangat berguna untuk kesehatan telinga Anda. Kunyah makanan dengan baik untuk membantu proses mengeluarkan kotoran pada telinga misalnya dengan coba mengunyah permen karet atau makanan dengan lembut dan hati-hati.

  • Tidak Menggaruknya Ketika Merasa Gatal

Paling utama tidak menggaruh telinga saat terasa gatal akibat eksim atau psoriasis dan lebih baik periksa ke dokter THT. Sering kali telinga merasa sangat gatal dan tidak enak sehingga membuat siapapun berkiinginan untuk menggaruk telinga agar rasa gatal tersebut segera menghilang. Hal tersebut sangatlah tidak benar, menggaruk telinga dapat mengakibatkan luka pada dinding telinga yang dapat berujung infeksi. Seperti yang telah disebutkan bahwa langkah yang paling tepat ketika telinga merasa gatal adalah segera memeriksakan ke dokter sehingga cepat mendapatkan penanganan sebab rasa gatal tersebut disebabkan karena adanya eksim atau psoriasis sehingga membuat telinga menjadi sangat gatal.

  • Menutup Telinga Ketika Sedang Naik Pesawat

Disaat sedang melakukan perjalanan dengan pesawat kita pun kadang merasakan telinga menjadi sakit seperti tertekan. Bagi Anda yang sering bepergian jauh dan sering menggunakan pesawat sebagai alat transportasinya tidak ada salahnya Anda selalu membawa penutup telinga ketika hendak bepergian. Penutup telinga berfungsi untuk menutupi telinga ketika sedang naik pesawat terutama ketika pesawat akan naik maupun akan turun. gesekan udara yang disebabkan gerakan pesawat yang sangat cepat dapat mengakibatkan telinga menjadi sakit. Atau bisa dengan mengurangi rasa sakit tersebut dengan menutup hidung dan meniup telinga dengan lembut dan coba menguap. Untuk itu ada baiknya Anda menutupi telinga Anda ketika sedang naik pesawat untuk menghindarkan dari telinga Anda mengalami sakit. Sama halnya dengan pesawat bunyi yang sangat keras juga akan sangat mengganggu pendengaran Anda. untuk mengatasinya ada baiknya menutup telinga ketika mendengarkan bunyi-bunyi yang sangat keras.

  • Perawatan rutin telinga

Telinga menjadi indera yang berperanan penting bagi kehidupan, dimana jika terjadi gangguan pada telinga maka seseorang bisa menjadi bisu sebab suara yang ditangkap tidak bisa didengar dengan baik. Telinga juga memiliki susunan dengan fungsi yang berbeda, seperti daun telinga yang bertugas menangkap suara dan mengarahkannya ke lubang telinga hingga masuk kedalam telinga dan dikirim ke otak. Untuk mendapatkan telinga yang sehat cara yang dapat Anda lakukan adalah melakukan perawatan secara rutin. Sesekali gunakan terapi lilin untuk membersihkan kotoran telingan. Terapi ini bisa dipelajari dirumah dengan hati-hati.

Namun jika terjadi infeksi segeralah periksa pada dokter. Contoh infeksi yang sering muncul ada dua yaitu di telinga luar dan tengah. Infekso yang terjadi di telinga luar bisa akita air kotor yang membuat telinga terasa sakit, bengkak dan bernanah. Pengobatan bisa berupa pemberian antiseptik. Sedangkan dampak buruk di telinga tengah bisa menyebabkan gendang telinga rusak dan butuh penanganan dengan memberikan resep antibiotik dan obat tetes. Nyeri yang timbul bukan hanya masalah pada telinga melainkan radang tenggorokan juga nyeri sendi. Dan paling  penting adalah melakukan perawatan rutin pada telinga dan tidak usah terlalu bersih sebab kotoran telinga justru bisa menjadi pelindung dari kuman.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top