Kulit ku

Cara Mengobati Luka Bakar Pada Kulit

Cara Mengobati Luka Bakar Pada Kulit

Luka bakar adalah seuatu cedera yang terjadi pada kulit yang terjadi karena listrik, panas, radiasi, bahan kimia, dan lain-lain. Terdapat 4 tingkatan luka bakar, yang pertama adalah luka bakar yang terjadi pada bagian luar. Tingkatan ke II adalah luka bakar yang menembus bagian kulit dalam, tingkatan yang ke III adalah luka bakar yang terjadi pada lapisan kulit. Tingkatan yang terahkir yaitu yang ke IV adalah luka bakar yang terjadi hingga bagian jaringan kulit paling dalam, bahkan hingga menembus tulang dan otot. Dalam artikel ini, kita akan membahas penanganan pertama untuk luka bakar ringan yaitu tingkatan I yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Berikut cara mengobati luka bakar pada kulit tingkat I.

sponsor: kezia skin expert.

Perawatan luka bakar pada kulit bermacam-macam, tergantung dari tingkatan dan kondisi luka bakar tersebut. Di sini Anda akan mengenal bagaimana cara mengobati luka bakar ringan pada kulit yang terjadi pada lapisan kulit bagian atas saja. Luka bakar ringan juga dinamakan dengan luka bakar superfisial yang biasanya disebabkan oleh uap panas, cairan panas, terkena benda panas, dan paparan sinar matahari. Jika hal tersebut terjadi, biasanya disertai dengan rasa perih dan kulit yang melepuh dan merah. Jadi, Anda harus mengerti bagaimana penanganan pertama yang harus dilakukan seperti berikut ini:

     1. Air dingin
Anda dapat menggunakan menyiapkan air dingin ke dalam sebuah wadah, lalu rendam kain yang lembut di dalamnya. Peras dan kompreslah kulit yang mengalami luka bakar. Ulangi cara ini setiap beberapa jam sekali untuk meredakan rasa sakit akibat luka bakar. Harus diperhatikan, air dingin yang digunakan bukanlah air es, namun adalah air biasa yang memiliki suhu sedikit dingin. Karena air es justru akan membuat aliran darah Anda membeku sehingga dapat mengakibatkan kerusakan pada jaringan halus kulit Anda.

     2. Kentang
Kentang bersifat anti-iritasi yang sangat baik untuk mengobati luka bakar. Kentang juga mampu mengurasi rasa sakit, mencegah terjadinya melepuh dan lecet akibat luka bakar. Siapkan beberapa kentang lalo potong menjadi dua bagian. Gosokkan secara lembut dan perlahan pada kulit Anda yang terbakar. Cara lainnya adalah, Anda dapat memarut kentang secara lembut jangan lupa untuk mengupasnya terlebih dahulu lalu tempelkan pada kulit setidaknya selama 15 menit.

     3. Madu
Madu mengandung anti-bakteri dan bersifat anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan luka bakar. Madu juga sangat baik untuk mengurangi bekas luka hipertrofik. Oleskan madu pada kulit yang terbakar secara cukup pada perban kasa, kemudian tempelkan pada kulit yang terbakar menggunakan plester. Gantilah perban kasa setiap 4 hingga 5 jam sekali.

     4. Lidah buaya
Cara mengobati luka bakar pada kulit yang terakhir adalah menggunakan lidah buaya. Siapkan beberapa lembar daun lidah buaya lalu potong dan ambil bagian tengahnya. Tempelkan bagian dalam lidah buaya pada kulit yang terbakar. Agar lebih maksimal, Anda dapat mencampurkan kunyit dengan lidah buaya.
Demikian cara mengobati luka bakar pada kulit untuk yang dapat Anda lakukan sebagai pengobatan pertama. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top