Tips dan Trik

Cara Mengobati Jerawat Secara Alami

Berjerawat merupakan hal yang membuat risih terutama jika dialami pada kulit wajah. Dengan adanya jerawat yang muncul pada wajah terkadang membuat penampilan membuat tidak percaya diri.

cara menghilangkan jerawat secara alami

Cara mengobati jerawat tidak harus dengan obat-obatan, untuk membantu mengatasinya, ada cara mudah dan sederhana untuk mengobati kulit wajah yang berjerawat menggunakan bahan alami, di antaranya adalah:

  1. Buah pare

Buah yang satu ini memiliki kekhasan dari segi rasa, yaitu pahit. Di balik rasa pahit buah dengan bentuk bergelombang khas ini, menyimpan beberapa khasiat, salah satunya membantu pengobatan jerawat pada kulit. Buah pahit ini mengandung vitamin A, B, C, kalsium, fosfor, dan beta-karoten. Kandungan vitamin C dalam buah pare mampu menjaga kecantikan kulit dan mencegah kerusakan kulit akibat sinar ultra violet. Sebagai upaya pencegahan dan pengobatan menghilangkan jerawat, cara yang bisa dilakukan dengan cara meminum jus pare atau membuat masker dari buah pare. Penggunaannya adalah buah pare yang masih segar dibersihkan bijinya dan dipotong-potong. Potongan tersebut dibuat jus dengan diblender hingga halus, kemudian diperas, dan diambil airnya untuk diminum. Ampasnya dapat digunakan sebagai masker dioleskan ke permukaan wajah.

  1. Jeruk nipis

Aneka manfaat dari buah jeruk nipis ini memang sudah banyak diketahui oleh orang awam. Untuk kecantikan salah satunya, bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati jerawat, terutama yang ada di area kulit wajah. Jeruk nipis banyak mengandung vitamin C. Cara penggunaannya adalah dengan menggunakan potongan jeruk nipis yang dioleskan pada seluruh bagian kulit wajah, terutama pada bagian kulit yang terdapat jerawat. Untuk hasil maksimal, biarkan dahulu kurang lebih selama setengah jam (30 menit) agar kandungannya meresap. Setelah itu wajah bisa dibersihkan dengan air. Penggunaan jeruk nipis selain untuk mengobati jerawat, sering juga digunakan dengan tujuan mencerahkan kulit.

  1. Tomat

Buah tomat yang matang biasanya akan berwarna merah. Buah ini bisa dimanfaatkan untuk mengobati jerawat dan membuat kulit wajah menjadi lebih kencang. Untuk obat jerawat, tomat diiris-iris terlebih dahulu. Selanjutnya, irisan tomat dapat langsung pada bagian wajah yang timbul jerawat sambil diusap-usapkan dengan lembut. Setelah itu, tomat yang sudah menempel pada kulit dibiarkan kurang lebih selam 15 menit sambil terus diusap-usapkan. Wajah kemudian dapat dibersihkan dengan air.

  1. Pepaya

Buah pepaya biasanya sering dikonsumsi dengan tujuan untuk melancarkan buang air besar (BAB). Manfaat kecantikan dari buah pepaya ini bisa diambil dengan menggunakannya sebagai masker pada kulit wajah yang berjerawat. Selain mengobati jerawat, masker pepaya dapat digunakan sebagai perawatan untuk menghilangkan noda hitam akibat jerawat. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menghaluskan buah pepaya yang matang sehingga menjadi pasta. selanjutnya pasta pepaya ini dioleskan sebagai masker pada kulit wajah. Setelah didiamkan sekitar 15 menit, wajah bisa dibersihkan dengan air.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top