Tubuh ku

Cara Mengobati Bibir Kering Dan Mengelupas

Cara Mengobati Bibir Kering Dan Mengelupas
Penyebab bibir pecah-pecah biasanya adalah karena kurang minum air, kekeringan, bakteri ataupun faktor cuaca yang terlalu dingin dan terlalu panas. Tapi apapun penyebabnya bibir pecah-pecah dapat sangat mengganggu. Kita jadi kesulitan untuk makan atau minum, bahkan tersenyum. Nah, di bawah ini terdapat beberapa cara mengobati bibir pecah-pecah dan mengelupas. Simak lebih lanjut!

sponsor: dr rochelle skin expert.

Cara Mengobati Bibir Pecah-pecah dan Mengelupas Secara Alami

  1. Petroleum jelly

Cara pertama sangat sederhana, yaitu menggunakan satu sendok makan petroleum jelly dan sikat gigi. Oleskan petroleum jelly ke bibir Anda ratakan menggunakan sikat gigi, kemudian pijat secara lembut dengan gerakan melingkar.

Sikat gigi dapat membantu Anda dalam mengelupas bibir, sedangkan petroleum jelly akan membuat bibir Anda menjadi lebih lembut dan kenyal. Ulangi cara ini beberapa kali hingga Anda mendapatkan bibir yang lembut, kenyal, dan pecah-pecah menghilang.

  1. Minyak kelapa

Cara kedua Anda dapat menggunakan minyak kelapa ke bibir Anda kemudian gosok secara lembut hingga merata. Jangan lupa untuk tetap memijat dengan gerakan melingkar menggunakan kain yang basah dan hangat. Dengan cara ini bibir Anda akan mengelupas secara aman, sehingga Anda akan mendapatkan bibir baru yang lembut dan kenyal. Jika Anda tidak memiliki minyak kelapa, Anda dapat menggantinya menggunakan minyak zaitun.

  1. Scrub bibir dari madu dan gula

Anda dapat dengan mudah membuat scrub untuk bibir dari madu dan gula, caranya:

  • Tuangkan madu secukupnya di telapak tangan Anda.
  • Kemudian tambahkan sedikit gula dan campurkan bahan tersebut di telapak tangan Anda menggunakan jari. Tambahkan setetes air jika diperlukan hingga Anda mendapatkan tekstur yang tepat.
  • Gosokkan scrub tersebut pada bibir Anda secara lembut dan merata.

Madu merupakan bahan pelembap alami yang baik untuk bibir. Selain itu, madu juga memiliki sifat anti-bakteri sehingga dapat mengatasi masalah bibir pecah-pecah dengan sehat dan alami.

Lakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari, terutama sebelum tidur. Madu tidak hanya akan mengobati bibir Anda yang pecah-pecah atau kering, tetapi juga mampu mengembalikan kelembapan pada bibir secara alami.

  1. Cairan lidah buaya

Lidah buaya biasa digunakan untuk merawat rambut dan melembapkan kulit. Hal ini juga berkalu bagi bibir Anda. Cairan lidah buaya dapat mengobati bibir Anda yang kering atau pecah-pecah. Bahkan cairan lidah buaya dapat mengurangi rasa perih karena bibir yang luka atau pecah-pecah, sekaligus mengembalikan kelembapannya secara alami.

Caranya oleskan cairan lidah buaya pada bibir Anda secara merata, kemudian pijat secara lembut dengan gerakan melingkar. Lakukan cara ini secara rutin 2 kali dalam sehari pagi dan sore hingga Anda mendapatkan hasil yang terbaik.

  1. Mentega atau susu krim

cara mengobati bibir pecah-pecah dan mengelupas adalah dengan mentega atau susu krim. Kedua bahan ini mengandung lemak yang cukup tinggi sehingga dapat melembapkan bibir dengan sangat baik. Selain itu mentega atau susu krim juga dapat mencerahkan bibir yang hitam agar terlihat lebih cantik.

Anda dapat mengoleskan mentega atau susu krim pada bibir Anda sebanyak beberapa kali kemudian diamkan selama 10 hingga 15 menit, setelah itu bersihkan dengan air hangat. Dengan menerapkan cara ini secara teratur dan rutin, maka bibir Anda yang pecah-pecah dapat sembuh sekaligus mengembalikan kelembapan alaminya.

  1. Kelopak bunga mawar

Selain dapat melembutkan dan memerahkan bibir secara alami, kelopak bunga mawar juga dapat Anda manfaatkan untuk mengobati bibir pecah-pecah dan kering.

Siapkan beberapa kelopak mawar kemudian rendam dalam air susu selama satu malam. Pada pagi harinya, Anda dapat mengoleskannya pada bibir Anda kemudian diamkan selama 5 hingga 10 menit. Lakukan cara ini secara rutin hingga bibir Anda yang pecah-pecah dapat sembuh.

  1. Minyak almond

Minyak almond mengandung vitamin E yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk melembapkan bibir Anda. Dengan mengoleskannya sebanyak beberapa tetes, maka bibir Anda yang pecah-pecah dan kering akan segera sembuh.

  1. Mentimun

Cara mengobati bibir pecah-pecah dan mengelupas yang terakhir adalah dengan menggunakan mentimun. Mentimun mengandung hingga 95% air yang dapat membuat bibir Anda terhidrasi dengan baik.

Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau dengan menempelkan irisan mentimun pada bibir Anda selama 5 hingga 10 menit. Jika Anda menempelkan irisan mentimun pada bibir Anda, lakukan hal ini minimal 3 kali sehari.

Tips Kecantikan Alami untuk Bibir Kering

  • Jangan selalu menjilat bibir Anda. Mungkin Anda berpikir bahwa hal ini dapat membasahi bibir Anda dan melembapkannya. Namun hal ini justru dapat membuat bibir Anda menjadi lebih kering. Karena air liur mengandung enzim yang dapat menghilangkan kelembapan dari kulit.
  • Lembapkan bibir Anda menggunakan air dingin dan olesi dengan minyak yang dapat menjaga kelembapan sebelum menggunakan lip balm.
  • Anda dapat mengganti lip balm menggunakan minyak kelapa atau minyak bibit gandum. Bahan-bahan alami yang lainnya ada seperti cairan lidah buaya, minyak biji kapas,dan shea butter.
  • Hindari produk-produk lip balm yang memiliki aroma wangi yang terlalu kuat.

Demikian beberapa cara mengobati bibir pecah-pecah dan mengelupas dengan bahan-bahan alami yang aman. Lakukan secara rutin dan teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba.

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top