Tubuh ku

Cara Menghilangkan Lemak Di Perut

Cara Menghilangkan Lemak Di Perut
Jika Anda memiliki lemak yang menumpuk di perut, Anda harus segera menyingkirkannya. Karena jika tidak semakin lama lemak tersebut akan semakin mengeras dan semakin sulit untuk diatasi. Lemak akan tersimpan di dua tempat pada tubuh. Yang pertama berada di bawah kulit, biasanya pada bagian bokong, pinggul, paha, dan perut, lemak ini biasa disebut “subkutan”. Yang kedua berada di sekitar organ-organ vital seperti paru-paru, jantung, , dan lain-lain, lemak ini biasa disebut “visceral”. Nah kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan lemak di perut yang kebanyakan dialami oleh wanita.

sponsor: dr rochelle skin expert.

Lemak Diperlukan Oleh Tubuh

Sebenarnya lemak merupakan sesuatu yang bermanfaat bagi tubuh. Namun jika Anda memiliki lemak yang berlebih, tentu hal ini merupakan sesuatu yang harus diatasi. Setiap tubuh manusia memiliki lemak, hal ini untuk memberikan bantalan yang diperlukan oleh sekitar organ-organ penting di tubuh Anda.

Lemak akan menjadi suatu masalah jika terlalu berlebihan. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, masalah jantung dan lain-lain. Sedangkan lemak di perut, dapat meningkatkan risiko gangguan tulang belakang karena fungsi dari lemak tersebut adalah untuk menambah sumsum tulang dan mengurangi kepadatan tulang.

Penyebab Kelebihan Lemak di Perut pada Perempuan

Lemak di perut yang berlebih juga dikenal dengan “Belly Fat” dan hal ini lebih banyak dialami oleh para wanita. Wanita lebih mudah menimbun lemak di perut karena berbagai penyebab, diantaranya adalah:

  • Hormon

Menopause merupakan penyebab produksi estrogen menurun. Hal inilah yang membuat para wanita lebih mudah untuk menimbun lemak di perut.

  • Penurunan kadar leptin

Selama masa perimenopause dan menopause, para wanita akan mengalami penurunan kadar leptin yang menyebabkan gangguan tidur, sehingga dapat menyebabkan lemak tertimbun di perut.

  • Hormon yang tidak seimbang

Selama masa menopause maka hormon tidak lagi seimbang sehingga membuat para wanita selalu merasa lapar. Bahkan setelah makan, kebanyakan wanita cenderung untuk makan lebih banyak lagi.

  • Stres

Stres dan perasaan buruk lainnya dapat meningkatkan kortisol, yaitu sebuah “hormon stres” yang memicu tubuh Anda untuk menyimpan lebih banyak lagi lemak di perut.

  • Kehamilan

Berat badan para wanita cenderung akan meningkat selama masa kehamilan.

Oleh sebab itu, Anda para wanita harus mengerti bagaimana cara menghilangkan lemak di perut dengan cepat. Anda dapat mengikuti cara-cara mudah sepert diet, tidur teratur, latihan rutin, dan mengontrol stres, simak penjelasan yang lebih lengkap di bawah ini.

Cara Menghilangkan Lemak di Perut pada Wanita

  1. Latihan rutin

Anda dapat melakukan beberapa latihan rutin yang dapat mengurangi dan menghilangkan lemak pada perut untuk Anda para wanita. Beberapa latihan tersebut diantaranya adalah:

  • Sit-up

Sit-up merupakan olahraga ringan yang dapat Anda lakukan setiap hari. Lakukan latihan ini secara rutin untuk menghilangkan lemak di perut dengan mudah dan cepat.

  • Yoga

Anda juga dapat melakukan beberapa pose tubuh yang dapat mengurangi lemak di perut dengan efektif. Anda dapat melakukan latihan seperti yoga, pose merangkak, pose kucing, melengkungkan punggung dan sebagainya. Latihan ini akan menarik otot-otot perut Anda agar kembali ke tulang belakang. Jangan lupa untuk menghirup napas dan menahannya selama beberapa detik saat melakukan latihan ini. Ulangi gerakan ini beberapa kali dan lakukan setiap hari secara rutin.

  • Senam aerobik

Latihan yang baik dan teratur dapat dengan mudah dan cepat mengurangi dan menghilangkan lemak di perut Anda. Anda dapat melakukan senam aerobik minimal 30 menit sebanyak 4 kali dalam seminggu. Agar lebih menyenangkan Anda dapat bergabung dengan paguyuban senam atau semisalnya.

  • Jogging

Jika Anda tidak terlalu suka dengan olahraga yang berat, Anda dapat melakukan aktivitas rutin yang dapat meningkatkan detak jantung selama 30 menit dalam sehari dan 3 kali dalam seminggu. Cara termudah adalah dengan jogging atau lari-lari kecil setiap pagi.

  • Fitness

Anda juga dapat melakukan fitnes untuk mengurangi lemak dengan mudah. Pilihlah alat-alat fitness yang dapat mengurangi lemak di perut seperti treadmill, sepeda stasioner, dan lain-lain yang dapat diatur tingkat kesulitannya sehingga sangat tepat bagi Anda para wanita untuk melakukan latihan ini secara rutin.

  • Naik turun tangga

Cara termudah dan murah adalah dengan menaiki dan menuruni tangga beberapa kali dalam sehari.

  1. Makanan untuk mengurangi lemak di perut

Selain melakukan latihan rutin, Anda juga dapat mengonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat membantu dalam proses pembakaran lemak di perut. Beberapa dari jenis makanan tersebut adalah:

  • Hindari makanan lemak jenuh

Anda dapat harus mengindari berbagai  jenis makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi. Beberapa makanan dengan lemak jenuh yang tinggi adalah seperti dagin sapi, paha ayam, krim susu, mentega, dan semisalnya.

  • Roti tinggi serat

Anda dapat mengonsumsi roti yang tinggi serat. Makanan lain yang juga sangat bermanfaat untuk membakar lemak di perut adalah gandum utuh.

  • Serat laut

Konsumsi makanan serat laut seperti yang terdapat pada ceri, apel, dan gandum yang mampu menurunkan tingkat insulin, sehingga dapat membantu proses pembakaran lemak di perut bahkan bagian terdalam sekalipun.

  • Minum banyak air

Air yang cukup di dalam tubuh akan memperlancar metabolisme.

  • Pentingnya sarapan

Walaupun Anda sedang berusaha menghilangkan lemak di perut namun Anda harus sarapan setiap pagi. Konsumsilah makanan yang mengandung protein dan serat tinggi untuk sarapan Anda seperti telur (putih), selai, dan buah-buahan segar.

Hindari makanan manis dan sarapan 30 menit setelah bangun tidur untuk meningkatkan metabolisme. Metabolisme yang baik adalah kunci utama untuk menghilangkan lemak di perut.

  1. Tidur yang cukup

Anda harus tidur selama sekitar 7 jam per malam. Jika Anda tidur melebihi atau kurang dari itu, maka lemak pada perut Anda cenderung akan meningkat.

  1. Mengontrol stres

Setiap orang memiliki perasaan stres, namun Anda harus mampu mengontrolnya. Stres kronis adalah suatu masalah yang dapat mengganggu kesehatan. Untuk mengontrol stres dengan mudah, Anda dapat mencoba beberapa langkah di bawah ini:

  • Meditasi

Lakukan meditasi, olahraga, dan sosialisasi dengan lingkungan sekitar. Ini merupakan cara terbaik untuk mengontrol stres Anda.

  • Tidur yang cukup

Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup, jangan melakukan aktivitas yang kurang penting dan menegangkan pada malam hari.

  • Bersantai

Cobalah menyempatkan diri untuk bersantai. Anda dapat meluangkan sedikit waktu hanya untuk berbaring memejamkan mata dan mengambil napas dalam-dalam selama beberapa menit.

  • Konsultasi

Jika Anda mengalami stres kronis, cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk mengontrol stres Anda.

Demikian beberapa cara menghilangkan lemak di perut, terutama bagi wanita. berolahraga merupakan cara terbaik untuk melawan obesitas dan stres. Jadi, berolahraga setiap hati itu sangat penting. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top