Gaya Hidup

Cara Mengembalikan Konsentrasi Otak

Cara Mengembalikan Konsentrasi OtakDi saat kita sedang bekerja, belajar atau melakukan segala sesuatu, pastinya membutuhkan bantuan kerja otak untuk mengorganisir semua hal yang dikerjakan. Otak menjadi bagian penting, sebagi pusat sumber kontrol pada manusia. Otak yang jenuh akan lebih sulit untuk berkonsentrasi dalam mengerjakan banyak hal, mulai dari hal yang sederhana hingga ke hal yang rumit. Otak akan bekerja keras ketika kita sedang berpikir, terutama ketika sedang berusaha memecahkan masalah. Oleh karena itu, saat jenuh hendaknya kondisi ini bisa diperbaiki agar bisa cara mengembalikan konsentasi otak menjadi lebih fokus. Otak yang fokus akan lebih memudahkan pekerjaan yang sedang dilakukan sehingga menjadi lebih cepat diselesaikan. Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan kembali kondisi fokus dan konsentrasi.

sponsor: dr rochelle skin expert.

  1. Jalan kaki

Berjalan kaki dianggap sebagai cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengembalikan situasi otak yang sedang tegang agar bisa menjadi lebih rileks. Dengan berjalan, otomatis kaki dan badan akan bergerak. Hal ini akan membuat tubuh dan pikiran mengalami relaksasi. Jika kita mulai merasa jenuh, mulailah untuk berjalan kaki ke lingkungan sekitar, agar pikiran menjadi fresh untuk sementara.

  1. Melatih pernafasan

Melakukan rekasasi bisa dpula dilakukan dengan latuhan pernafasan. Bafas yang kembali teratur akan membuat tubuh dan otak menjadi rileks, sehingga otak bisa dapat lebih berkonsentrasi untuk kegiatan berikutnya.

  1. Menjauhi gadget

Perangkat gadget elektronik mengeluarkan sinyal tertentu yang terkadang bisa membuat tubuh kita bereaksi seperti timbulnya rasa stres. Agar otak bisa kembali berkonsentrasi maksimal, maka tinggalkan sejenak semua perangkat teknologi setidaknya selama 1 jam.

  1. Mandi

Aktivitas mandi, selain memberikan efek memelihara kebersihan badan, juga bisa memiliki efek relaksasi. Air yang digunakan saat mandi bisa dipilih air dingin ataupun air hangat. Mandi akan membuat badan menjadi segar, otak pun demikian. Selesai mandi, aktivitas yang membutuhkan konsentrasi bisa segera dilaksanakan dengan fokus maksimal.

  1. Berpikir positif

Berpikir positif dalam hal ini adalah dengan cara mengingat kembali banyak hal positif yang pernah terjadi, baik dalam kehidupan keseharian, momen belajar hingga urusan pekerjaan. Dengan berpikir positif, kita akan timbul semangat dan termotivasi untuk kembali bangkit atas semua hal yang sedang dilakukan atau yang dihadapi. Selanjutnya, otak yang bersemangat akan menjadi lebih fokus dalam menaklukkan setiap hal yang akan dikerjakan berikutnya.

  1. Pemandangan hijau

Saat benar-benar jenuh, tidak ada salahnya untuk segera beranjak dari hal yang membuat jenuh, menuju ke hal yang sifatnya menghibur atau membuat pikiran rileks. Salah satu ide cara yang bisa dicoba mengembalikan konsentrasi otak adalah dengan memndanga tanaman hijau yang ada di sekitar. Jika perlu, memandang tanaman hijau bisa sambil dilakukan saat berjalan-jalan. Badan dan kaki bergerak, mata melihat kesejukan, sehingga otak bisa kembali konsentrasi.

  1. Bersih-bersih

untuk mengembalikan tenaga fisik maupun pikiran yakni dengan membersihkan ruang kerja ataupun rumah. Melakukan pembersihan baik itu menyapu atau menata kembali hal yang berantakan, bisa menjadi kegiatan sederhana di waktu sela pekerjaan. Alihkan sejenak tubuh dan pikiran ke hal-hal ringan yang bisa dikerjakan agar otak bisa merefresh pekerjaan yang sedang dilakukannya.

1
33%
like
1
33%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
1
33%
angry

Comments

comments

To Top