Motivation

Cara Mengatasi Rasa Bosan Saat Bekerja

Cara mengatasi rasa bosan saat bekerja – Bekerja merupakan suatu ibadah yang bersifat material. Bekerja wajib dilakukan bagi sebagian orang yang telah memiliki tanggungan keluarga guna untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Terkadang pada saat bekerja mengalami kendala kebosanan atau kejenuhan. Kebosanan dalam bekerja muncul karena tuntutan kerja, beban pekerjaan, serta melakukan kegiatan yang sama setiap hari.

Cara Mengatasi Rasa Bosan Saat Bekerja

Sponsor: dr rochelle skin expert

Kebosanan dalam pekerjaan dapat berdampak buruk jika terus dibiarkan dan tidak dihilangkan. Karena kebosanan dapat membuat Anda menjadi malas dalam melakukan berbagai pekerjaan dan bisa jadi Anda dapat kehilangan pekerjaan yang Anda miliki karena sifat malas tersebut. Rasa bosan dalam bekerja harus dihilangkan sejak awal agar tidak mengganggu aktivitas Anda. Berikut ini sedikit ulasan mengenai cara mengatasi rasa bosan saat bekerja yang bisa kita terapkan dalam kehidupan karir:

1. Seringlah bercanda

Bercanda saat bekerja memang merupakan hal yang kurang baik. Namun dibalik semua itu ternyata bercanda yang menghasilkan tertawa dapat menyehatkan fikiran dan juga membuat fikiran kembali fresh dan ceria. Trik mengusir kebosanan dengan bercanda adalah yang paling mudah untuk dilakukan karena tidak harus membutuhkan peralatan. Cukup menggunakan anggota tubuh maupun peralatan yang ada disekitar Anda untuk bercanda. Selain murah bercanda cukup ampuh mengusir rasa kebosanan.

2. Berbincang-bincang

Melakukan percakapan ringan atau mengobrol dengan rekan kerja Anda dirasa sangat ampuh untuk mengusir rasa kebosanan yang menimpa Anda. dengan mengobrol Anda dapat bercerita tentang halhal ringan seputar kehidupan sehari-hari maupun tentang hal pekerjaan Anda. dengan mengobrol atau curhat semua masalah maupun rasa kebosanan yang Anda alami kamungkinan besar akan mudah terpecahkan.

3. Bermain game

Selain bercanda dan berbincang – bincang, bermain game juga sangat ampuh mengusir rasa bosan yang timbul karena pekerjaan. Bermain game baik itu menggunakan perangkat elektronik maupun secara langsung dengan kawan Anda dapat menyebabkan fikiran kembali segar dan ceria. Apabila fikiran fresh maka kebosanan tersebut akan mudah hilang dengan sendirinya.

4. Suasana yang nyaman

Suasana yang nyaman dalam lingkungan kerja dapat memperkecil resiko kebosanan dalam bekerja. Suasana yang nyaman dapat diciptakan dengan menata rapi dan menaruh beberapa bunga dalam lingkungan kerja Anda. hal ini dirasa cukup untuk membuat suasana tempat kerja anda menjadi nyaman dan indah dipandang. Tambahkan juga pernak-pernik menarik di ruang kerja.

5. Istirahat sejenak

Jika fikiran Anda sudah merasa bosan, maka saat itu juga Anda memerlukan istirahat sejenak dari pekerjaan. Anda dapat bersantai saat jam istrirahat tiba untuk mengistirahatkan fikiran. Anda juga dapat memanfaatkan waktu istirahat dengan meminum secangkir kopi atau teh hangat. Kopi atau teh dirasa cukup ampuh untuk merelaksasi fikiran orang yang sedang bosan. Atau ambil waktu brak siang untuk menyegarkan pikiran dengan berkumpul bersama rekan.

6. Lakukan relaksasi ringan

Banyaknya beban pekerjaan yang menumpuk belum tentu menyelesaikan masalah. Pasalnya, beban pekerjaan yang berat justru akan menambah rasa bosan. Bila Anda belum menemukan solusinya, lebih baik gunakan waktu tersebut untuk melakukan relaksasi. Istirahatlah setiap kali merasa lelah dengan cara melemaskan otot-otot tubuh yang kaku seperti melemaskan tangan, lengan, kepala, leher, bahu, dada, atau kaki. Lakukan relaksasi ringan selama 5-10 detik dan ulangi beberapa kali. Metode relaksasi akan membantu Anda meredamkan kondisi stres selama bekerja.

7. Menata ulang ruang kerja

Untuk mencegah stres atau kebosana datang, Anda bisa atasi dengan cara menata ulang ruang kerja yang Anda miliki. Jauhkan semua perlengkapa lama yang telah menumpuk diatas meja, atau simpan ulang kertas dan file dalam satu rak khusus. Bila tidak dibutuhkan simpa semua berkas seperti file dan kertas ke dalam map, kotak, atau laci. Jika memungkinkan, ubah posisi kursi atau meja sesuai keinginan Anda.

8. Tidur adalah cara efektif

Tidur akan membuat fikiran menjadi tenang. Anda dapat melakukan tidur sejenak beberapa saat ditengah waktu kerja Anda yang padat. Pada waktu tertidur fikiran dan seluruh anggota badan akan beristirahat total sehingga pada saat bangun rasa capek dan bosan yang anda derita akan hilang dengan sendirinya.

9. Cari suasana baru

Sadar atau tidak, kadang ada begitu banyak hal yang terjadi saat Anda berada pada situasi kantor. Pekerjaan kantor yang terus-terusan dilakuakn pasti akan mudah membuat karyawan merasa cepat bosan. Agar Anda makin cinta dengan pekerjaan Anda, maka explore kembali dengan mencoba variasi lain seperti kesempatan mencoba hal baru, stuff baru, bahkan mungkin pekerjaan baru. Anda bisa mencoba menambahkan daftar pekerjaan baru Anda sesuai dengan hobi.

10. Cari hobi baru

Jika Anda belum yakin ingin mencari pekerjaan baru atau pekerjaan tambahan, bisa memanfaatkan hobi baru untuk mengatasi kebosanan selama bekerja. Misalnya bila Anda memiliki hobi merajut, merangkai kertas dan sebagainya, maka gunakan waktu luang yang panjang untuk Anda menyalurkan hobi selama masa kebosanan melanda. Anda juga bisa perkaya imajinasi baru dengan ide-ide baru yang mungkin dapat memberikan Anda pekerjaan semangat baru selama bekerja. Carilah juga ide-ide unik untuk membantu Anda melakukan brainstorming.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top