Rambut ku

Cara Mengatasi Rambut Bercabang Dengan Masker Rambut Alami

Bagi sebagian besar orang, baik untuk pria dan wanita, rambut adalah hal yang penting untuk dijaga sebagai penunjang penampilan. Rambut yang sehat akan memberikan efek kenyamanan pada kepala, di mana akar rambut tersebut menempel. Dengan padatnya rutinitas pekerjaan atau aktivitas lainnya, menyebabkan rambut biasanya mudah kotor dan berkeringat. Belum lagi dengan adanya terik sinar matahari, yang terkadang memperparah kerusakan rambut. Hal ini kemudian memicu rambut menjadi semakin tidak sehat, dengan adanya gejala rambut rontok, rambut bercabang, ketombe, rambut kering, dan banyak lagi lainnya.

Untuk meningkatkan kesehatan dan vitalitas rambut yang kita miliki, maka sebaiknya rambut mendapatkan nutrisi tambahan melalui perawatan selain sekedar berkeramas saja yang bertujuan hanya untuk membersihkan dari kotoran , keringat dan minyak yang menempel. Terutama bagi yang memilki masalah rambut bercabang, rambut biasanya akan mudah rapuh dan patah.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Rambut yang bercabang bisa diberikan solusi berupa perawatan menggunakan masker rambut yang bisa dibuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang murah dan tentunya alami. Beriku ini tips pembuatan masker rambut untuk rambut bercabang:

  1. Masker buah pepaya

Buah pepaya merupakan salah satu jenis buah tropis yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Selain sangat baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan, buah ini bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki rambut bercabang agar lebih sehat kembali. buah pepaya yang dipakai untuk masker rambut, harus dibersihlkan bijinya terlebih dahulu dan kemusian dihaluskan sehingga berubah bentuk seperti bubur atau pasta. Bubur buah pepaya ini kemudian ditambah dengan yogurt plain atau polos secukupnya. Untuk jumlah ukurannya memang tidak ada aturan, bisa dikira-kira sendiri sesuai dengan keinginan. Campuran ini kemudian diaduk agar merata, setelah itu dapat dioleskan ke rambut dengan merata sebagai masker. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, terakhir rambut dapat dicuci dengan sampo, dibilas hingga bersih.

  1. Masker buah alpukat

Untuk membuat masker rambut dengan menggunakan buah alpukat resepnya ditambahkan dengan 2 sendok teh putih telu dan 3 sendok teh minyak zaitun pada buah alpukat yang yang dikupas dan dipotong-potong. Semua bahan kemudian dicampurkan dan dihaluskan menjadi satu dengan merata. Campuran ini akan berbentuk pasta yang langsung dapat dioleskan ke rambut sebagai masker. Selanjutnya, rambut yang diolesi masker ini ditutup dengan shower cap kurang lebih selama 45 menit hingga 1 jam. Terakhir, rambut dicuci dengan sampo dan dibilas hingga bersih dengan air.

  1. Masker madu

Khasiat madu memang cukup banyak. Tidak hanya sekedar untuk dikonsumsi, madu juga bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki rambut yang rusak karena bercabang sebagai masker rambut. Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan 1 sendok makan madu dengan satu cangkir yogurt plain (polos), aduk hingga merata. Campuran ini kemudian dioleskan ke rambut sebagai masker dengan merata. Biarkan kurang lebih 20 hingga 30 menit. Selanjutnya rambut bisa dicuci dan dibilas hingga bersih.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
1
100%
angry

Comments

comments

To Top