Tips dan Trik

Cara Mengatasi Kolestrol Dengan Jeruk Nipis

Banyaknya jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh, selain menjadi sumber energi dalam melakukan berbagai aktivitas, ternyta juga memberikan efek samping yang memicu timbulnya penyakit. Bukan berarti makanan tersebut kotor dan jorok. Makanan yang tidak sehat biasanya juga mengandung beberapa zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, tapi tetap dikonsumsi dengan jumlah yang banyak. Faktor makanan juga akan dipengaruhi oleh gaya hidup. Mengonsumsi makanan sehat juga hendaknya diimbangi dengan kativitas fisik sehingga tubuh bergerak aktif sehingga peredaran menjadi lancar. Salah satu contohnya adalah penyakit kolesterol, yang kini juga tidak hanya dimiliki oleh orang yang sudah berumur. Remaja atau orang dewasa muda juga bisa mengalami gejala penyakit kolesterol jika tidak memiliki gaya hidup makan dan berolahraga dengan seimbang. Terkadang faktor makanan menjadi faktor utama yang memicu terjadinya kolesterol. Jadi, jika telah terindikasi memiliki gejalanya, maka perlu menghindari makanan-makanan yang mengandung kolesterol tinggi sebagai cara mengatasi kolesterol.

Cara Mengatasi Kolestrol Dengan Jeruk Nipis

sponsor: dr rochelle skin expert.

Mengatasi kolestrol dalam tubuh yang telah menumpuk, perlu dilakukan beberapa cara, baik itu dengan aktivitas fisik olahraga, serta mengonsumsi obat yang fungsinya untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Konsumsi obat biasanya harus dalam pengawasan dokter agar lebih aman. Selain obat, juga bisa menggunakan bahan alami untuk membantu menurunkan kolesterol. Bahan yang paling awam digunakan misalnya adalah jeruk nipis. Cara mengatasi kolesterol dengan jeruk nipis mejadi salah satu alternatif solusi yang aman dan alami.

Mengapa jeruk nipis bisa menurunkan kadar klolesterol dalam darah? Hal ini karena dalam sari jeruk nipis terdapat kandungan senyawa limonin glikosida. Zat tersebut dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL yang buruk. Zat limonin ini diyakini dapat beratahan dan berlangsung dalam tubuh lebih lama dibandingkan dengan beberapa jenis senyawa dalam bahan alami lainnya. Limonin bisa bertahan dalam aliran darah kurang lebih selama 24 jam.

Kandungan lain dalam jeruk nipis ini antara lain:

  1. Flavonoid (poncirin, esperidin, rhoifolin, dan naringin)
  2. Limonen dan lanalool
  3. Synephrine dan N-methyltyramin
  4. Kalsium
  5. Fosfor
  6. Zat besi
  7. Vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C

Selain kandungan limonin, jeruk nipis yang berasa kecut ini juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C yang dikonsumsi melalui jeruk nipis bisa membantu memenuhi kebutuhan harian tubuh orang dewasa. Manfaat vitamin C sendiri ternyata juga membantu mengubah kolesterol menjadi asam empedu yang berperan penting dalam proses pencernaan lemak. Perubahan inilah yang kemudian bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Jeruk nipis merupakan buah yang mudah didapatkan dengan harga murah. Untuk mebantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan jeruk nipis, bisa melakukan cara-acara sebagai berikut:

  1. Jeruk nipis diberishkan dahulu dengan dicuci menggunakan air bersih.
  2. Jeruk nipis tersebut kemudian dipotong dan diiris tipis-tipis tanpa harus membuang kulitnya. Pada kulit jeruk nipis ini terkandung minyak yang dibutuhkan untuk mengobati kolesterol.
  3. Irisan jeruk nipis dimasukkan dalam gelas, lalu ditambahkan dengan air panas. Tutup rapat dan diamkan kurang lebih selama 30 menit
  4. Selanjutnya jeruk nipis bisa langsung diminum hingga habis.
0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top