Tips & Trik Parent

Cara Mengatasi Iritasi Mata Pada Anak

Masalah kesehatan yang mungkin timbul pada anak dan bisa membahayakan bagi anak adalah masalah iritasi mata. Iritasi mata ini akan menyerang mata anak hingga menyebabkan timbulnya warna merah pada seluruh bagian mata anak. Warna merah ini sendiri memiliki warna yang beragam mulai dari warna merah muda hingga warna merah terang. Diperlukan Cara Mengatasi Iritasi Mata Pada Anak dengan cara yang benar dan cepat sehingga anak bisa mendapatkan mata yang sehat lagi dengan tampilan yang kembali jernih.

Cara Mengatasi Iritasi Mata Pada Anak

Sponsored by: perawatan wajah

Iritasi ini bisa menimbulkan rasa pegal, gatal hingga membuat mata anak menjadi bengkak. Jika dibiarkan saja iritasi ini juga akan membuat mata anak muncul cairan dimana jika sampai pada kondisi yang parah akan menyebabkan anak sampai tidak bisa membuka matanya. Iritasi mata bisa saja menyerang anak dari berbagai usia bahkan untuk anak dibawah usia 5 tahun juga bisa terkena iritasi mata dengan berbagai penyebab yang berbeda. Berikut ini berbagai cara untuk segera mengatasi iritasi mata pada anak yang pastinya jika dibiarkan akan mengganggu aktivtas anak dan membuatnya menjadi rewel.

1. Bersihkan Dengan Kapas dan Air Hangat

Penyebab dari mata anak yang mengalami iritasi sendiri bisa dikarenakan oleh berbagai penyebab yang berbeda. Salah satunya adalah dikarenakan oleh virus. Saat anak mengalami iritasi mata seperti ini cara terbaik untuk membuat iritasi lekas sembuh dan membuang virus pada mata. Caranya adalah dengan mengambil satu bola kapas kemudian basahi dengan menggunakan air hangat. Setelah itu bersihkan pada bagian luar mata dengan menggunakan bola kapas tersebut. Jangan menggunakan bola kapas untuk membersihkan pada bagian dalam karena bisa menyebabkan iritasi baru pada mata.

2. Bersihkan Mata Anak Saat Anak Tidur

Untuk anak yang masih dalam usia dibawah tiga tahun pasti masalah iritasi mata akan membuatnya menjdi sangat rewel dan sangat terganggu dengan berbagai gangguan dimatanya. Saat anak bangun pun dan harus dibersihkan akan membuat anak merasa tidak nyaman dan bisa merasa kesakitan karena bagian mata yang diobati. Oleh karena itulah, bersihkan mata pada saat anak masih tertidur hingga kotoran yang keluar dari mata anak menjadi bersih. Hal ini juga berguna supaya ketika anak bangun nantinya bisa membuka matanya dengan mudah karena biasanya iritasi mata yang mengeluarkan banyak kotoran juga akan menyebabkan mata menjadi susah untuk dibuka.

3. Kompres Dengan Air Dingin

Saat anak sudah mulai tidak nyaman dengan mata dengan kondisi yang semakin parah seperti memerah dan mulai mengeluarkan kotoran semakin banyak, Anda bisa mengompresnya dengan menggunakan air dingin. Anda bisa menggunakan handuk dingin kemudian kompres pada mata anak secara pelan dan lembut. Jangan diamkan terlalu lama, tetapi dengan cara yang cepat. Cara ini sangat bagus untuk menghilangkan alergi yang bisa menyebabkan mata anak menjadi membengkak dan iritasi. Cara ini bisa digunakan untuk bayi yang mengalami iritasi mata.

4. Berikan Obat Salep

Anak juga bisa diberikan obat salep untuk meyembuhkan mata yang mulai membengkak dan memerah. Untuk memberikan salep pada anak juga harus tetap dilakukan dengan cara yang benar supaya salep tersebut bisa bekerja dengan baik dan mampu menyembuhkan mata yang mengalami iritasi dengan cepat. Caranya adalah pertama-tama bersihkan terlebih dahulu tangan Anda hingga bersih maksimal. Setelah itu, keringkan tangan yang sudah dibasahi dan pastikan nyaman untuk kulit anak. Gunakan salep pada bagian kelopak mata anak dengan cara ditarik kemudian letakan salep pada bagian kelopak mata tersebut. Nantinya ketika anak berkedip maka salep akan merata pada bagian seluruh mata sehingga bisa bekerja dengan maksimal.

5. Jauhkan Dari Sumber Alergi

Iritasi mata anak bisa juga dikarenakan karena anak alergi akan sesuatu. Untuk membuat mata anak kembali normal dan lekas sembuh dari iritasi mata tentu Anda harus menjauhkan anak dari sumber yang menyebabkan anak menjadi terpapar iritasi mata tersebut. Oleh karena itulah Anda bisa mencari tau terlebih dahulu apakah yang menyebabkan anak mengalami alergi, jika sudah ketemu kemudian Anda bisa menjauhkan anak dari hal yang menyebabkan anak menjadi terpapar iritasi tersebut. Jika perlu batasi ruang gerak anak terlebih dahulu hingga ia kembali normal.

6. Menggunakan ASI

Anak yang masih dalam usia bayi kemudian mengalami iritasi mata, cara penyembuhan dengan menggunakan ASI menjadi satu cara yang paling ampuh dan paling aman untuk anak. ASI sendiri sebenarnya memiliki berbagai kandungan nutrisi yang bisa meredam sakit pada bayi. Selain itu, cairan ASI juga jauh lebih aman dibandingkan dengan menggunakan obat seperti obat tetes mata. Cara menggunakan ASI untuk mengobati iritasi mata pada anak adalah dengan mengambil ASI sedikit kemudian letakkan dikapas. Kemudian tempelkan pada mata yang mengalami iritasi dengan halus. Lakukan secara rutin setiap hari hingga mata anak terlihat sembuh.

Berbagai cara diatas bisa menjadi cara yang cukup mudah untuk membantu mengatasi iritasi mata yang terjadi pada anak. Iritasi anak tentu akan sangat menganggu terutama bagi anak-anak karena akan timbul rasa pegal dan juga tidak nyaman pada bagian sekitar mata. Segera atasi dengan cara seperti diatas maka anak akan mendapatkan kondisi mata yang jauh lebih baik dan membuatnya lebih nyaman dan tidak rewel lagi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top