Info Kedokteran

Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat

Insomnia telah menjadi momok tersendiri bagi kalangan modern ini. Intensitas kerja yang tinggi, situasi yang bising dan juga tingkat stress yang meningkat membuat penyakit insomnia menjadi mudah ditemukan. Padahal apabila terus dibiarkan, Insomnia bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Salah satunya adalah meningkatnya resiko tekanan jantung. Padahal penyakit jantung adalah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Sehingga tidak heran apabila penyakit Insomnia tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja. Namun yang harus diketahui tentang penyakit Insomnia adalah jenis-jenisnya:

Sponsor: cream perawatan wajah

1. Insomnia Temporer

Untuk jenis insomnia yang pertama biasanya terjadi secara singkat. Tidak lebih dari rentang waktu seminggu. Dimana Insomnia ini biasanya berpengaruh terhadap psikologis dari penderitanya.

2. Insomnia Akut

Untuk Insomnia jenis ini biasanya akan menyerang penderitanya dalam waktu lebih dari tiga minggu. Biasanya diawali dengan gejala sulit untuk memulai tidur atau untuk mempertahankan tidurnya.

3. Insomnia Kronis

Untuk jenis yang terakhir, biasanya penderitanya sudah masuk ke dalam tahap butuh pertolongan medis. Hal tersebut tidak lepas karena penderitanya sudah mengalami susah tidur lebih dari satu bulan. Sehingga bukan hanya daya tahan tubuhnya menurun namun juga sudah mengalami berbagai halusinasi.

Untuk itulah penyakit Insomnia harus ditangani secepat mungkin sebelum nantinya terlambat. Namun sayangnya pengobatan untuk penyakit Insomnia seringkali menggunakan obat-obatan kimiawi. Padahal masih banyak cara alami untuk mengatasi penyakit Insomnia seperti yang akan dijelaskan dibawah ini:

1. Hindari Minuman Kafein Ketika Sore

Seperti yang sudah diketahui bahwa minuman yang mengandung kafein memang bisa membuat seseorang menjadi sulit tidur. Hal tersebut tidak lepas akrena kandungan kafein yang dimiliki oleh minuman tersebut. Sehingga untuk mengindari insomnia atau sulit tidur maka usahakan untuk tidak minum minuman yang mengandung kafein ketika sore sudah datang. Mulai dari pukul 2 hingga malam nantinya. Minuman yang mengandung kafein ini bisa berupa kopi hingga soda.

2. Perbanyak Minum Air Putih atau Susu

Ternyata penyebab insomnia yang lainnya adalah dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh. Sehingga membuat tubuh selalu merasa kering dan tidak nyaman. Hal tersebutlah yang membuat tubuh menjadi tidak nyaman sehingga sulit untuk bisa beristirahat atau tidur. Masalah ini bisa diatasi dengan pemberian cairan yang cukup untuk tubuh. Dimana bisa dilakukan dengan minum air putih yang cukup yaitu sebanyak delapan gelas per hari. Hal ini juga bisa disempurnakan dengan meminum segelas susu yang hangat sebelum tidur. Karena kandungan kalsium dan juga efek hangat akan membuat rasa kantuk bisa timbul. Tentunya sangat baik bagi mereka yang mengalami insomnia.

3. Mandi Menggunakan Air Hangat

Bila anda masih mengalami kesulitan untuk tidur maka hal ini bisa diatasi dengan melakukan mandi air hangat selama tiga puluh menit sebelum tidur. Karena menurut penelitian, mandi air hangat mampu membuat badan menjadi rileks dan melepaskan hormon stress. Sehingga membuat pikiran menjadi tenang dan mampu membuat rasa kantuk bisa cepat untuk datang.

4. Olahraga yang Teratur

Sebenarnya rasa kantuk bisa datang karena tubuh yang meminta untuk beristirahat karena rasa lelah. Sehingga apabila ingin memiliki rasa kantuk maka harus memiliki rasa lelah terlebih dahulu. Dimana rasa lelah ini bisa didapatkan dengan cara berolahraga yang teratur. Karena olahraga yang teratur mampu membuat tubuh menjadi lebih aktif sehingga secara otomatis akan membuat tubuh menjadi membutuhkan waktu istirahat. Yang nantinya akan dimanifestasikan menjadi rasa kantuk pada malam hari.

Tentu semua tips yang telah dijelaskan diatas tadi harus dilakukan secara rutin dan juga disiplin. Agar nantinya manfaatnya segera terasa dan membuat tidur bisa menjadi lebih nyenyak.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top