Tips & Trik Parent

Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Cuaca yang tidak menentu dan juga perubahan iklim yang begitu drastic tentu akan sangat berpengaruh dengan kondisi anak. Tubuh anak yang masih memiliki imun yang rendah akan sangat mudah sekali untuk terserang beragam jenis penyakit, salah satunya adalah demam. Sakit demam bisa menjadi salah satu penyakit yang akan sangat menggangu tumbuh kembang anak. Anak akan merasa menjadi terasa sangat sakit dan juga membuat anak menjadi merasa lebih rewel. Efek yang paling dirasakan ketika anak sedang sakit demam adalah ia tidak mau makan apapun dan juga bisa saja menyebabkan anak menjadi sangat lemas.

Sponsored by: perawatan wajah

cara-mengatasi-demam-pada-anak

Penyakit demam ini terjadi ketika anak mengalami penurunan pada sistem tubuhnya yang kemudian sistem tubuhya ini akan berperang untuk melawan infeksi yang ada didalamnya. Suhu standart ketika anak bisa dikatakan mengalami demam adalah ketika anak mencapai suhu tubuh hingga 37,5 derajat Celcius minimal. Untuk pengecekan yang paling mudah untuk mengetahui apakah anak sedang demam ataukah tidak adalah dengan melakukan pengecekan suhu tubuh pada anak. Untuk lebih falit, mama bisa menggunakan thermometer untuk mengeceknya. Hal ini juga akan semakin terlihat dengan berbagai gejala seperti tubuh anak yang lemas, sensitive kepada cahaya terang, reaksi yang kurang responsive, gangguan pernapasan hingga dehidrasi. Ketika anak sudah mengalami hal ini, maka yang mama perlukan adalah melakukan Cara Mengatasi Demam Pada Anak seperti berikut ini.

1. Mandikan Dengan Air Hangat

Ketika demam sudah mulai terasa dan anak juga sudah terlihat memiliki tanda-tanda ini maka berikunya mama bisa mengajak anak untuk mandi dengan air hangat. Hal ini akan sangat membantu dalam meredam demam yang sedang menyerang anak. Mama juga bisa menambahkan garam mandi atau juga essential oil yang memiliki efek untuk menenangkan tubuh. Jika memang sudah tidak memungkinkan untuk mandi, mama bisa lap tubuh si kecil dengan menggunakan handuk atau waslap yang sudah dibasahi dengan air yang hangat. Dengan cara ini, dipercaya bisa sangat ampuh untuk menurunkan demam anak dan jangan memandikan anak dengan air dingin karena bisa membuat anak menggigil dan bisa berefek buruk bagi kesehatan anak.

2. Perhatikan Suhu Anak

Suhu yang dimaksud disini bukan hanya yang berkaitan dengan tubuh anak, melainkan juga berbagai suhu yang berhubungan dengan kondisi anak. Misalnya seperti kondisi suhu ruangan dan juga suhu udara dilingkungan sekitar anak. Pastikan jika suhu udara ruangan cukup baik dan membuat anak merasa nyaman. Perhatikan juga penggunaan pakaian anak demi mengatur suhu yang ia dapatkan. Gunakan baju yang tipis supaya suhu panas yang ada pada tubuh bisa lebih keluar. Kemudian selalu cek juga suhu badan anak secara teratur. Cara pengecekannya jangan hanya menggunakan rabaan tangan saja namun gunakan juga thermometer untuk tahu suhu dari anak dengan lebih falid lagi.

3. Pijat menggunakan Ramuan Herbal

Siapkan minyak kayu putih dan bawang merah yang sudah diparut sebanyak 2-3 buah dan satu buah jeruk nipis. Campur bahan tersebut kemudian gunakan untuk memijat seluruh bagian tubuh si kecil. Jika minyak kayu putih dirasa masih terlalu panas untuk anak, maka mama bisa menggantinya dengan menggunakan minyak kelapa, jeruk nipis juga bisa digantikan dengan asam jawa yang kemudian dicampur hingga menjadi ramuan herbal. Pijat dengan hati-hati dan senyaman mungkin terutama untuk bagian yang penting seperti punggung, dada dan juga perut buah hati.

4. Jaga anak dari Kedinginan

Hal yang paling harus dihindari bagi anak ketika ia merasa demam adalah rasa kedinginan. Menggunakan baju yang tipis tidak akan membuat anak menjadi merasa kedinginan adalkan mama menambahkan selimut yang tepat untuk digunakan. Tambahkan selimut yang bisa membuat anak menjadi nyaman dan tidak menggigil kedinginan demi kelancaran pembuangan suhu dan membuat anak tidak merasa kedinginan lagi.

5. Terapi Kaus Kaki

Terapi yang satu ini akan sangat membantu dalam melancarkan perederan darah yang ada pada tubuh anak. Cara melakukannya adalah pertama-tama rendam terlebih dahulu ke air yang panas. Setelah itu anda juga harus menyiapkan sepasang kaus kaki yang anda masukan ke air dingin terlebih dahulu kemudian peras hingga mongering. Kemudian siapkan juga satu buah kaus kaki kering yang akan menjadi tambahan kaus kaki untuk anda gunakan. Setelah kaki direndam kemudian gunakan kaus kaki yang dimasukan pada air dingin tadi dan tambahkan kaus kaki yang mongering tadi. Gunakan pada saat anak akan tidur hal ini akan sangat membantu dalam mengumpulkan darah kemudian lebih melancarkan peredaran darah pada kaki.

6. Kompres di Dahi

Cara yang satu ini memang menjadi salah satu cara yang sangat umum untuk dilakukan namun hal ini juga tetap memberikan efek yang sangat baik untuk tubuh. Cara untuk mengompres yang benar adalah dengan menggunakan handuk yang dibasahi dengan air yang hangat dan sedikit lebih dingin. Kemudian letakan pada dahi. Hal ini akan membantu untuk menyeimbangkan suhu udara pada anak.

Dengan memberikan penanganan yang benar tentunya akan semakin membuat anak menjadi lebih sehat dan tidak lagi mendapatkan sakit demam yang berkepanjangan. Anak akan menjadi lebih baik dan membuat anak semakin lebih sehat. Demam memang menjadi salah satu penyakit yang bisa sangat menganggu anak sehingga perlu penanganan yang tepat, salah satunya dengan menggunakan Cara Mengatasi Demam Pada Anak diatas.

Baca juga: Cara Mengatasi Batuk Pada Anak

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top