Parenting Info

Cara mengatasi cacar anak yang tepat dan cepat

Cacar air adalah salah satu penyakit yang tentu akan sangat menyiksa ketika dirasakan oleh anak-anak. Penyakit ini menjadi penyakit yang sangat mudah menular yang diakibatkan oleh virus herpes. Penyakit yang disebabkan oleh virus yang satu ini biasanya akan meninggalkan ruam pada anak dan menyisakan bekas luka pada tubuh anak. Butuh waktu sekitar 10 hingga 21 hari bagi anak untuk bisa sembuh dari cacar air. Namun selama itu pula anak akan merasakan rasa yang sangat gatal dan bisa juga diimbangi dengan demam dan juga sakit kepala.

Sponsored: cream pemutih wajah

Cara mengatasi cacar anak yang tepat dan cepat

Berbagai gejala bisa dijadikan sebagai tanda jika anak memang sedang terserang cacar air seperti flu, sakit kepala, sakit dan nyeri, kehilangan nafsu makan, munculnya ruam cacar dan bintik-bintik kemerahan. Bintik-bintik ini akan menyebar hingga pada bagian badan, perut, tangan, kaki bahkan hingga wajah. Jika tidak ingin anak merasa menderita dengan cacar air yang tentu akan sangat menyiksa tersebut, ibu bisa memberikan beberapa Cara mengatasi cacar anak dengan cara yang cepat dan mudah. Dengan begitu anak tak akan merasakan sakit yang terlalu lama dan menyiksa.

  • Berikan Parasetamol

Pemberian parasetamol bisa menjadi salah satu cara tanggap cepat untuk mengatasi cacar pada anak. Paracetamol ini akan berguna untuk meredakan sakit dan rasa nyeri yang dikarenakan oleh ruam yang menjalar keseluruh tubuh. Tentu saja, pemberian parasetamol harus memperhatikan dosis dan juga usia anak. Anak yang sudah lebih dua bulan bisa diberikan parasetamol dan tentu saja ibu atau ayah harus memastikan terlebih dahulu dosis yang tepat untuk anak.

  • Jaga Asupan Cairan

Saat anak mengalami cacar air ada baiknya untuk membuatnya tetap memiliki asupan air yang cukup. Terus siapkan air putih untuk terus dikonsumsi supaya anak tidak mengalami dehidrasi. Dehidari menjadi salah satu akibat yang sering diterima oleh anak-anak yang sedang mengalami cacar air dimana dengan dehidrasi juga akan membuat kondisi tubuh menjadi semakin lemah dan membuat tubuh menjadi semakin lemah dan cacar pun akan semakin lama menggerogoti tubuh.

  • Jaga Kebersihan Kuku

Rasa gatal yang terjadi pada ruam tentu akan membuat anak akan terus menggaruk bagian raum tersebut. Gatal yang terasa semakin mengganggu akan membuat anak secara terus menerus menggaruknya. Kuku yang digunakan tentu saja harus dijaga untuk tetap kondisi yang sehat dan bersih supaya tidak menyisakan kotoran pada bagian luka atau bintik-bintik. Bintik-bintik yang terus digaruk dengan kondisi kuku yang kotor bisa membuat infeksi yang pastinya juga akan membuat ruam menjadi semakin gatal dan semakin perih.

  • Pilih Pakaian yang Longgar

Rasa gatal yang ada pada tubuh anak akan semakin menjadi semakin gatal jika terkena keringat atau terkena bahan yang kurang sesuai untuk kulit anak. Lebih baik selama anak mengalami sakit cacar pilih saja bahan pakaian yang bisa menyerap keringat dan longgar untuk dipakai. Memilih bahan pakaian dari bahan katun akan sangat berguna untuk membuat tubuh anak tidak terkena keringat berlebih dan tidak menimbulkan rasa gatal yang begitu mengganggu.

  • Hindari Makanan yang Dilarang

Setiap penyakit memiliki berbagai makanan pantangan yang memang harus dihindari. Hal ini tentu saja bertujuan untuk mengurangi resiko penyakit yang semakin menyebar keseluruh tubuh dan membuat penyakit tak kunjung juga pergi. Berbagai makanan yang harus dihindari untuk dikonsumsi bai anak yang sedang mengalami cacar air antara lain seperti susu sapi dan produk susu lainnya seperti keju, mentega, es krim, cokelat, daging kambing, makanan junk food dan beberapa makanan lainnya. Berbagai makanan ini kurang baik untuk dikonsumsi sebab makanan ini mengandung berbagai kandungan yang bisa membuat anak akan merasa lebih gatal lagi dan bahkan bisa juga menyebabkan sakit tenggorokan dan cacar air yang sembuh dalam jangka waktu yang lebih lama.

  • Gunakan bedak caladine

Penggunaan bedak seperti caladine bisa sangat membantu untuk mencegah penyebaran luka atau cacar pada tubuh. Menaburkan bedak ini keseluruh bagian tubuh terutama pada bagian ruam-ruam cacar yang kecil akan menjadikan cacar menjadi berkurang rasa gatal dan mencegah penyebaran cacar untuk menyebar. Taburkan juga bedak-bedak caladine pada bagian tubuh yang tidak terserang cacar untuk menjaga juga hal tersebut tidak menyerang bagian yang belum terkena cacar.

  • Gunakan sabun anti septic

Cara lain untuk menjaga cacar yang tidak semakin memburuk pada tubuh anak adalah dengan memberikan sabun anti septic ketika anak mandi. Sabun yang satu ini akan membunuh kuman-kuman yang bersarang pada tubuh anak yang kemudian bisa menyembuhkan cacar air yang diderita anak dengan cepat.

Sebagai ibu, pasti anda tidak tahan melihat anak yang terlalu tersiksa dengan sakit yang mereka derita. Cacar air yang terlihat biasa saja bisa menjadi penyakit yang menyiksa jika hanya didiamkan begitu saja. Oleh karena itu, segera lakukan berbagai pertolongan terbaik untuk membuat anak tak lagi tersiksa dengan sakit yang ia alami. Memang untuk sakit cacar harus diatasi dengan tenang dan sabar, namun asalkan dengan cara yang tepat tentu akan membuat anak bisa sembuh dengan cepat.

 

Baca juga: Pentingnya Tidur Untuk Anak yang Harus Diketahui Bunda

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top