Tips & Trik Parent

Cara Mengatasi Batuk Pada Anak

Batuk memang bisa menjadi salah satu penyakit yang bisa dengan mudah menyerang anak-anak. Apalagi di musim yang tidak menentu dan perubahan iklim dengan suhu yang berubah-ubah membuat anak mudah untuk terserang penyakit. Sakit batuk bisa menjadi salah satu jenis penyakit yang sangat menganggu bagi anak karena bahkan saat ia tidur pun harus terganggu karena batuknya yang tak kunjugn reda. Anda pun juga akan ikut untuk kualahan dalam menanganinya sebab anda mau tidak mau harus menjaga anak saat ia terbangun. Anak pun akan tidur dengan gelisah dan sangat terganggu dengan batuk yang ia alami. Bahkan kondisi yang paling buruk yang bisa menimpa anak dengan sakit batuk yang tak kunjung reda adalah nafsu makan anak yang bisa berkurang secara drastic.

Sponsored by: cream perawatan wajah

Cara Mengatasi Batuk Pada Anak

Rasa yang tidak nyaman pada tenggorokan hingga rasa sakit pada tenggorokan merupakan sebab-sebab yang memicu untuk anak kurang nafsu dalam mengkonsumsi makanan. Bahkan ada juga anak yang bisa sampai muntah karena sakit batuk yang begitu keras. Untuk mengatasi batuk pada anak tentu tidak bisa untuk mama biarkan begitu saja atau ditangani dengan cara-cara yang sembarangan. Cara pengobatan untuk sakit batuk anak haruslah dengan cara yang tepat supaya anak bisa sembuh dengan cepat dan tidak tergangg dengan sakit batuknya lagi. Berikut ini Cara Mengatasi Batuk Pada Anak dengan cara-cara alami yang paling tepat yang akan sangat membantu anak dalam mendapatkan kondisi yang lebih baik dan bisa sembuh dari sakit batuknya.

1. Berikan Air Hangat 4 Kali Dalam Sehari

Batuk merupakan penyakit yang menyerang bagian tenggorokan pada anak. Sakit batuk ini disebabkan karena adanya kuman yang berasarang pada bagian tenggorokan hingga sistem pernapasan pada anak. Untuk membuat anak segera sembuh dan tidak terserang batuk secara berlebihan, mama bisa memberikan air hangat secara berkala pada tubuh anak. Mama bisa melakukannya dengan cara memberikan tetesan air hangat sebanyak 1-3 sendoh sebanyak 4 kali dalam waktu sehari. Air hangat ini akan lebih menghangatkan bagian tenggorokan pada anak sehingga tidak mendapatkan gatal-gatal yang bisa menyebabkan batuk yang sangat menyiksa untuk anak.

2. Gunakan Madu

Sebelum mama membawa anak ke dokter, mama bisa menggunakan madu sebagai obat alami untuk menyembuhkan batu pada anak. Madu ini memiliki khasiat yang lebih baik jika dibandingkan mama harus membeli obat-obatan yang kurang baik untuk diberikan kepada anak. Madu ini juga bisa menjadi obat alternative yang sangat anak bagi mama yang ingin meredakan batuk pada anak saat malam hari. Bahkan hal ini sudah tibuktikan pada penlitian yang menunjukan jika anak bisa sembuh dan tidak lagi batuk secara terus menerus pada saat menggunakan madu dalam pengobatan dimalam hari. Madu memiliki kandungan zat antimicrobial yahng cukup tinggi dan juga antioksidan alami dimana kandungan ini berfungsi untuk memperkuat tubuh dan juga mematikan bibit penyakit yang ada pada tubuh si kecil.

3. Gunakan Obat Gosok

Obat gosok ini nantinya berguna untuk membuat kondisi tubuh anak tetap hangat dan terhindar dari kedinginan. Obat gosok ini mama balutkan dan oleskan pada bagian telapak kaki supaya anak tidak menggigil yang bisa menyebabkan kekebalan tubuh pada anak mnejadi semakin menurun. Mama bisa memberikan juga minyak telon pada anak yang berusia dibawah 6 bulan. Minyak telon yang beragam mulai dari minyak kayu putih, minyak peppermint dan juga rosemary bisa mama oleskan pada tubuh anak terutama pada bagian leher dan juga bagian dada bayi. Tentu saja dalam memberikan obat gosok maupun minyak telon ini jangan memberikan terlalu banyak karena  malah justru akan membuat badan anak menjadi kepanasan.

4. Gunakan Uap Air

Menggunakan uap air juga bisa menjadi salah satu cara jitu untuk membuat anak segera sembuh dari sakit batuk ydang ia alami. Mama hanya tinggal untuk memasak air hingga mendidih kemudian tuangkan air tersebut kedalam baskom ataupun mangkuk. Setelah itu ajak anak dengan cara di gendong ataupun dipangku kemudian minta anak untuk menghirup uap dari air panas yang sudah disiapkan tadi. Untuk hasil yang lebih maksimal lagi, mama bisa menggunakan campuran tetesan minyak esensial menthol yang akan menambah udara menjadi semakin segar dan membuat mama bisa mendapatkan efek yang terbaik dengan cepat dari uap tersebut.

5. Sup Ayam

Saat batuk memang anak juga akan mengalami penurunan nafsu  makan yan akan membuatnya menjadi sangat susah untuk mengkonsumsi makanan dengan cara teratur. Buatkan anak sup ayam dengan campuran berbagai sayuran yang akan membuat anak tergugah seleranya dan juga mendapatkan manfaat terbaik dari sup ayam ini. Menurut banyak dokter dan juga ahli kesehatan, sup ayam bisa mnejadi obat batuk yang sangat efektif karena pada sup ayam mengandung zat yang bisa untuk memperlambat geryaakan sel yang menyebabkan kesehatan anak menjadi menurun. Selain itu dengan mengkonsumsi sup ayam juga membantu untuk melegakan tenggorokan dimana lendir akan bergerak dari tenggorokan. Sup ayam juga memiliki kandungan yang bisa sangat membantu dalam mengatasi masalah pencernaan sehingga segala masalah pada anak akan segera terobati.

Dengan menggunakan tips yang tepat pastinya akan membuat mama bisas mendapatkan anak dalam keadaan yang lebih baik lagi. Mama bisa memberikan cara-cara diatas dengan baik dan benar asalkan mama juga harus terus bersabar saat mengasuh anak yang sedang batuk. Sakit batuk memang sangat mnganggu sehingga tak heran jika anak juga sering menjadi rewel. Nah, terapkan cara diatas dan anda bisa mendapatkan anak dengan kondisi yang lebih sehat lagi.

Baca juga: Cara Mengajarkan anak Berenang

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top