Tips & Trik Parent

Cara Mengatasi Anak yang Suka Membangkang

Anak yang suka memambangkang tentu menjadi satu hal yang memang harus diperhatikan oleh orang tua. Bahkan tak jarang juga jika orang tua juga bisa merasa tidak dihargai dan merasa sakit hati ketika anak tidak bisa menuruti apa yang diinginkan orang tua dan cenderung menjadi anak yang suka melawan atau membangkang. Jika sejak dini saja anak sudah memperlihat hal yang satu ini, sebaiknya orang tua segera menerapkan beberapa Cara Mengatasi Anak yang Suka Membangkang  yang efektif dan mudah ini.

Cara Mengatasi Anak yang Suka Membangkang

Sponsored by: perawatan wajah

Sejak dini sifat membangkang ini sebenarya sudah bisa dilihat dan diketahui oleh orang tua. Seperti misalnya saja ia menunjukan sikap yang tidak terima akan nasihat dan saran dari orang tua atau orang sekitarnya, tidak mau mengalah atau bahkan sampai membentak orang tua. Ada berbagai faktor yang menjadikan anak memiliki sikap yang keras ini diantaranya seperti orang tua yang terlalu menekan anak, adanya rasa iri, hubungan orang tua yang kurang harmonis dan sebagainya. Tetapi, jika diatasi dengan cara yang baik seperti berikut ini maka tidak akan lagi sikap anak sebagai seorang pembangkang.

1. Berikan Kasih Sayang pada Anak

Anak yang jadi suka untuk membangkang apa perkataan orang tua dan tidak bisa menurut sama sekali, bisa jadi karena ia merasa tidak diperhatikan dan tidak memiliki kasih sayang yang cukup dari orang tuanya. Oleh karena itulah, sebaiknya berikan rasa kasih sayang pada anak dengan terus mendekatkan hubungan orang tua kepada anak. Sentuh hatinya dengan kasih sayang dimana cara ini jauh lebih membuatnya merasa aman dan tidak lagi menjadi seorang yang pembangkang.

2. Tak Perlu Menyalahkan Diri Sendiri

Ketika anak berbuat kurang baik dan memiliki sikap yang kurang lembut, tak jarang beberapa orang tua justru memilih untuk menyalahkan diri sendiri atas perbuatan tersebut. Perasaan bersalah dan kecewa menjadi cikall bagi orang tua untuk menyalahkan diri mereka sendiri. Sebenarnya, hal ini tidak perlu dilakukan. Tak ada yang berubah jika Anda hanya bisa menyalahkan diri Anda sendiri tanpa mengatasi masalah anak yang membangkang dengan tepat. Ketika anak melihat akan proses orang tuanya yang lebih memilih menyalahkan dirinya sendiri, anak nantinya juga akan ikut dengan mudahnya menyalahkan diri orang lain.

3. Tanamkan Moral dan Etika

Moral dan etika menjadi kunci dasar yang harus diajarkan pada anak sejak sedini mungkin. Orang tua lah yang menjadi pihak yang paling bertanggung jawab untuk bisa mengajarkan apa itu moral dan bagaimana etika yang baik pada anak. Bukan hanya sekedar teori, orang tua juga harus memberikan contoh secara nyata akan apa yang sudah dilarang dan apa yang diwajibkan. Sebagai contohnya, jika orang tua mengatakan berbohong itu tidak baik maka orang tua juga harus konsisten untuk tidak pernah berbohong sedikitpun.

4. Perhatikan Lingkungan Pergaulan Anak

Anak juga sangat penting untuk diawasi akan siapa saja teman mereka dan bagaimana pergaulan mereka. Bisa jadi, sikapnya yang membangkang hanya hasil dari melakukan copy paste dari orang yang pernah ia liat. Orang tua harus benar-benar memperhatikan dan melihat apakah teman dan lingkungannya adallah lingkungan yang baik ataukah tidak. Jika memang ternyata benar ia menjadi kurang baik karena lingkungan, beri saja nasihat jika memang lingkungan tersebut kurang baik untuknya.

5. Ajak Berdiskusi

Ketika sikap membangkangnya sudah melebihi dari batas wajar dan cenderung malah menjadi sangat menyebalkan, segera ajak anak untuk berdiskusi dan berbicara empat mata akan apa yang dilakukannya tersebut. Tanya apa sebenarnya yang terjadi dan masalah apa yang ada pada dirinya sehingga ia menjadi pribadi yang suka membangkang dan terkesan kasar. Jika ia berani untuk mengungkapkan, tanya juga apa yang ia mau dan bagaimana Anda harus bersikap. Cara ini akan membuatnya berani untuk mengungkapkan segala unek-uneknya sehingga ia tak akan lagi melontarkan segala emosinya dengan sikap membangkangnya.

6. Beri Kesempatan

Berikan kesempatan untuk anak berubah menjadi pribadi yang lebih baik juga menjadi satu cara untuk menghilangkan sikap membangkangnya sedikit demi sedikit. Bukan perubahan yang langsung dengan cara yang singkat, tetapi yang perlu Anda lakukan hanyalah beri ia hukuman untuk memberikan ia kesempatan yang baru. Contohnya, ketika anak membangkang, orang tua bisa saja mengambil keputusan untuk tidak memberikannya akses pada media sosial, membatasi uang sakunya ataupun membatasi waktu ia bermain. Orang tua harus memberikan syarat jika anak ingin mendapatkan hal tersebut lagi, maka ia harus berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

7. Pahami Watak dan Kepribadian Anak

Sifat pembangkang sebenarnya bisa juga menjadi sikap dasar yang sebenarnya sudah menempel pada anak. Tipe-tipe anak dengan sikap dan watak yang keras kepala, pemarah, temperamental bisa jadi sudah pasti memiliki sikap yang suka membangkang. Tipe dan karakter dari anak ini akan membuat Anda bisa melakukan cara yang tepat untuk memahami dirinya dan mencari tahu cara yang paling tepat untuk membuatnya tidak menjadi pribadi yang suka membangkang.

8. Ajari Cara Menyampaikan Pendapat yang Benar

Orang tua juga sangat penting untuk mengajarkan tentang bagaimana anak seharusnya berkomunikasi dengan baik. Anak harus bisa dan tahu bagaimana menyampaikan maksud dan tujuannya dengan benar bukan dengan cara marah dan membangkang akan apa yang dikatakan oleh orang tuanya. Dengan memberikan pengetahuan dan pengajaran  yang tepat ini tentu akan membuat anak bisa lebih baik lagi untuk menyampaikan pendapat dan apa yang ia inginkan. Dirinya juga jauh menjadi pribadi yang baik dan tanpa membangkang lagi.

Berbagai cara diatas akan sangat membantu bagi orang tua untuk mengurangi dan menghillangkan perilaku membangkan dari anaknya. Anak dengan sikap ini sudah sepatutnya untuk segera mungkin dihilangi dan diajarkan untuk tidak membangkang sedikit pun. Sikap membangkang yang sudah menjadi kebiasaan anak sejak dini jika dibiarkan secara terus menerus malah justru akan membuat dirinya tumbuh dengan pribadi yang lebih keras nantinya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top