Parenting Info

Cara Mengasuh Anak Yang Rewel

Mengasuh anak memang kewajiban utama bagi orang tua. Pola asuh dari orang tua memang akan sangat berpengaruh pada kepribadian anak Anda serta kehidupan mereka di masa yang akan datang. Saat mengasuh anak, tentu saja Anda mengalami beragam hal yang terkadang membuat Anda merasa jengkel, terutama saat anak Anda rewel. Anak memang seringkali rewel disebabkan oleh beberapa hal. Tentu, rasa frustasi anak yang merupakan penyebab umum dari anak yang suka rewel ini muncul karena anak belum bisa berpikir dengan bijak. Ia masih memiliki pikiran yang terbatas sehingga jika ia tidak mendapatkan apa yang ia inginkan, maka ia cenderung akan menjadi rewel dan memberontak. Berikut kita akan membahas beberapa cara mengasuh anak yang rewel yang dapat dibedakan sesuai dengan penyebabnya. Dengan mengetahui cara mengasuh anak Anda yang sedang rewel, tentu Anda akan lebih mudah untuk memberikan pengertian kepadanya. Simak beberapa ulasan singkat terkait hal tersebut di bawah ini.

Cara Mengasuh Anak Yang Rewel.2

Sponsor : pemutih wajah

  1. Rewel saat sakit

Rasa sakit yang dialami oleh anak Anda seringkali membuat mereka menjadi lebih rewel dari biasanya. Orang tua sering bingung dengan apa yang harus ia lakukan karena anak mereka sering mengeluh dan cendering lebih manja. Jika Anda mengalami kerewelan anak seperti ini, tentu kesabaran adalah kunci yang paling utama. Pada saat sakit, anak memang lebih banyak membutuhkan perhatian dari orang tuanya. Saat Anda mendampingi anak Anda yang sakit, jalinlah komunikasi yang hangat dan menghibur. Hiburan yang Anda berikan saat anak Anda sakit merupakan terapi yang sangat mujarab. Kondisi perasaan dan hati anak yang senang akan memberikan aura positif yang tentu saja akan membuat penyakit yang ia derita akan cenderung lebih mudah untuk disembuhkan.

Cara Mengasuh Anak Yang Rewel.3

  1. Rewel di tempat asing

Salah satu masalah bagi seorang anak adalah ia sering merasa asing dan tidak nyaman saat mengunjungi tempat baru bersama dengan orang tuanya. Memang, kondisi ini cenderung nilai wajar dan sering terjadi di kalangan anak-anak. Namun, sikap rewel mereka terkadang membuat orang tua merasa kesal terutama saat mereka memiliki sebuah urusan atau agenda di sana. Nah, dalam hal ini, cara yang tepat untuk mengatasi anak yang merasa asing dan rewel adalah dengan memberikan pengertian kepadanya. Sebelum Anda berangkat atau menuju ke suatu tempat tersebut, berikan gambaran-gambaran umum terkait tempat yang hendak Anda tuju sehingga anak akan memiliki bayangannya sendiri dan ia akan cenderung lebih mudah untuk beradaptasi dengannya.

Cara Mengasuh Anak Yang Rewel.4

  1. Rewel saat bertamu

Selain rewel di tempat yang baru, anak juga cenderung rewel saat di ajak bertamu. Tentu Anda pernah merasa jengkel saat anak Anda mengajak Anda untuk pulang padahal baru sampai di tempat Anda bertamu. Nah, hal semacam ini tentu saja terkadang membuat Anda merasa emosi. Namun, Anda harus bisa mengatasi amarah Anda dan menasihati anak Anda. Cara paling tepat untuk mengatasi anak yang rewel pada saat ia bertamu adalah buatlah anak Anda merasa nyaman. Anda bisa saja membekali anak Anda dengan mainan dari rumah sehingga ia akan memiliki kesibukan sendiri saat Anda bertamu. Selain itu, Anda juga bisa bercerita tentang tempat yang hendak Anda kunjungi agar anak merasa sedikit lebih familiar dengan tempat tersebut.

Cara Mengasuh Anak Yang Rewel.5

  1. Rewel saat ada orang tua

Kerewelan terkadang terjadi saat anak Anda sedang bersama Anda di rumah. Anda yang biasanya bekerja di luar dan di satu waktu Anda berada di rumah tentu akan membuat anak memiliki tuntutan yang macam-macam serta cenderung lebih manja. Meskipun hal ini wajar, namun anak yang terlalu manja tentu akan membuat orang tua merasa kesal. Lantas, bagaimana cara mengatasi hal ini? Tentu, Anda tetap harus bersikap tegas dalam hal ini. Sikap tegas dan konsisten adalah kedua hal yang harus Anda terapkan dan gunakan sebagai solusi. Jika, misalnya, Anda tidak memperbolehkan anak Anda untuk menonton TV hingga larut, maka Anda harus menerapkannya. Kelonggaran yang diberikan dengan dalih merasa kasihan akan membuat anak menjadi lebih manja dan sering memberontak.

Cara Mengasuh Anak Yang Rewel.6

  1. Rewel saat di tinggal di rumah

Karena suatu hal, seringkali Anda harus meninggalkan anak Anda sendirian di rumah. Tentu, kita sudah tahu ekspresi anak ketika ditinggal pergi. Anak akan menjadi rewel dan ia seringkali menahan Anda untuk tidak meninggalkannya. Hal semacam ini memang wajar tetapi jika sering terjadi maka akan membangun karakter anak yang penakut dan tidak berani saat sendirian. Oleh karena itu, sedini mungkin Anda tetap harus bisa mengatasinya. Cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan pengertian pada anak bahwa Anda memiliki urusan yang penting di luar rumah. Selain itu, Anda juga bisa memberikan makanan kesukaan anak Anda kepadanya sebagai kompensasi saat ia mau di tinggal sendirian di rumah.

Cara Mengasuh Anak Yang Rewel.7

Kerewelan yang terjadi pada anak Anda memang sejatinya merupakan hal yang wajar. Namun, jika sikap ini terjadi berkali-kali, maka Anda harus mewaspadainya. Segera atasi sikap rewel anak Anda dengan melakukan beragam hal sesuai dengan penyebab kenapa anak menjadi rewel. Dengan begitu, sikap yang dilakukan anak nantinya tidak akan menjadi bumerang bagi diri Anda sendiri.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top