Parenting Info

Cara Mengasuh Anak Yang Baik

Tidak jarang para bunda atau ayah dibuat pusing dan frustasi oleh sang buah hati pada saat mengasuh anaknya. Memang pada saat mereka masih anak-anak mereka akan sulit sekali diberi nasihat ataupun larangan apapun itu. Diberi nasihat, sang buah hati tidak menghiraukan dan mendengarkannya, diberi sedikit pengertian tidak dihiraukan sama sekali, apalagi waktu diberikan perintah untuk melarang sesuatu agar tidak dilakukan, malah dilakukan oleh sang anak bahkan ditolak mentah-mentah dan tidak di lakukan. Akan tetapi meskipun demikian mereka masih anak-anak belum mengerti mana yang menurutnya benar dan mana yang menurutnya salah. Sebagai orang tua harus lebih memiliki ekstra kesabaran dalam menghadapi sang anak yang bertingkah sedemikian rupa. Walaupun tak banyak juga, orang tua terkadang membiarkan sang anak dan berpedoman masih anak-anak, nanti akan tahu sendiri, maka itu salah.

sponsor: produk pemutih wajah.

Cara Mengasuh Anak Yang BaikTaukah Anda para Orangtua jika pola asuh terhadap anak terus terusan seperti ini maka akan membuat anak menjadi tidak patuh. Namun sebaliknya jika orang tua selalu memberikan sebuah nasehat terhadap anak-anaknya jika mereka membuat kesalahan, maka sang anak akan berusaha dengan sendirinya untuk tidak melakukan kesalahan tersebut. Memang sangat benar jika anak adalah darah daging orang tua, buah hati tercinta yang telah dilahirkan dengan susah payah. Orang tua pasti tidak ingin menjerumuskan sang anak terhadap lembah kesalahan. Oleh karenanya orang tua perlu pula menerapkan sikap disiplin kepada anak-anak dengan bertahap hingga ia mengerti.

Ada masa dimana kita diharuskan untuk bersenda gurau pada anak-anak kita, ada juga kalanya ketika kita bersikap tegas dan disiplin terhadap anak-anak kita. Jangan terlalu memanjakan mereka, jangan selalu memberikan apa yang dia minta, nanti mereka akan bersifat mengampangkan atau meremehkan suatu hal kecil. Maka sejak dini kita tanamkan rasa disiplin terhadap anak-anak kita. Orang tua harus membuat pola didik sedemikian rupa agar anak-anak tidak keliru, dan membuat egoisme sang anak menurun. Berikut cara mengasuh anak yang baik dengan pola didik yang benar.

  1. Mendengarkan anak-anak

Meskipun Orang tua memberikan perintah kepada anak-anaknya, ini bukan berarti para orang tua mengabaikan anak-anak mereka, dan tidak pernah mendengarkan keluhan mereka. Jangan sekali kali menolak curhatan dari sang anak, bahkan saat anda tidak enak hati. Sebaiknya memaklumi hal ini agar anak-anak lebih dekat dengan orang tua dan mau mendengarkan didikan orang tua, seperti orang tuanya mendengar anak-anaknya.

  1. Mengondisikan perintah dan waktu anak

Pada waktu saat orang tua ingin memberikan perintah terhadap anaknya, namun si anak terlihat malas akan melakukannya, maka jangan menghakimi bahwa anak sebagai pemalas dan sulit diberikan perintah. Namun kondisikanlah dahulu waktunya dengan tepat.

  1. Tatapan mata

Sebuah tatapan mata mempunyai kekuatan dan makna untuk menunjukan suatu perasaan. Pada saat ketika Orang tua menatap sang anak, maka sang anak akan menangkap bahwa orang tua memberikan perhatian. Dengan menatap mata sang anak, anak akan paham dengan sendirinya betapa Orangtua ingin bantuan sang anak.

  1. Bercermin pada diri sendiri

Kadang kala sang Orangtua juga ingkar janji, entah pada sang anak atau yang lainnya. Dari sebagian cara mendidik anak introspeksi diri atau juga bisa disebut dengan bercermin diri seringkali diremehkan. Bagaimana mungkin anak akan mendengarkan orangtuanya jika orang tua tidak mendengarkan anak.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top