Tips & Trik Parent

Cara Mengasah Anak Lewat Matematika

Usia anak-anak seringkali disebut dengan usia emas. Kenapa? Ya, hal ini dikarenakan anak-anak memiliki perkembangan otak yang relative pesat pada usia mereka. Perkembangan otak yang pesat ini tentu saja harus dimanfaatkan dengan sangat baik dan maksimal. Sebagai orang tua yang peduli dengan anak, tentu saja Anda harus berusaha untuk mengasah kemampuan dan perkembangan otak anak secara kontinu dan bertahap. Ada banyak cara yang sebenarnya bisa Anda lakukan, salah satunya adalah dengan permainan matematika. Tidak dipungkiri bahwa perkembangan kemampuan ilmu pasti merupakan salah satu konsep yang terpenting karena akan mempengaruhi logika dari anak Anda yang pada akhirnya berujung pada cara pengambilan keputusan. Menyajikan matematika dengan konsep permainan adalah cara yang tepat agar anak Anda bersemangat untuk mengikuti pembelajaran yang Anda inginkan. Nah, berikut ada beberapa cara mengasah anak lewat matematika berkonsep permainan yang bisa dengan mudah Anda lakukan di rumah.

Cara Mengasah Anak Lewat Matematika.2

Sponsor : produk pemutih wajah

  1. Permainan kartu pasangan

Salah satu ide yang cukup menarik untuk dicoba saat ingin mengasah kemampuan anak dengan matematika adalah membuat permainan kartu pasangan. Seperti namanya, permainan ini hanya perlu dilakukan dengan cara memasangkan kartu yang sama. Dalam permainan ini, Anda hanya perlu membuat kartu dan menggambarkan bangun geometri, seperti balok, kubus, jajar genjang, dan lain sebagainya di sana. Selain bangun geometri, Anda juga bisa menuliskan angka di sana. Kocok kartu tersebut lalu mainkan dengan anak. Pemenang adalah ia yang berhasil mengumpulkan pasangan kartu paling banyak. Permainan ini bertujuan untuk mengenalkan bentuk bangun dan juga angka pada anak Anda.

  1. Permainan loncat kelinci

Dasar dari matematika adalah berhitung. Oleh karena itu, mengajarkan anak-anak untuk berhitung adalah hal yang cukup penting untuk dilakukan sejak dini. Nah, dalam hal ini, salah satu permainan yang tepat untuk mengajarkan anak berhitung adalah permainan loncat kelinci. Permainan ini adalah jenis permainan outdoor yang menyenangkan dan mudah. Caranya adalah buatlah garis bilangan yang besar di lantai halaman rumah dan tulis bilangan 0 hingga 10. Tugas anak Anda adalah berdiri di garis bilangan tersebut dan melakukan perintah anda. Dengan permainan ini, kemampuan berhitung anak dalam penambahan dan pengurangan dapat dimaksimalkan. Lakukan beberapa variasi hingga anak-anak tidak lagi melihat angka yang Anda tuliskan di sana.

  1. Permainan mencari tulang

Untuk mengasah kemampuan anak menghitung selisih dan penjumlahan satu digit, nampaknya permainan mencari tulang ini adalah salah satu ide permainan yang menarik untuk dilakukan. Ya, permainan ini memang merupakan versi printable dari permainan lain, yakni permainan mengumpulkan berlian. Dalam permainan ini, anak harus mencari tulang pada rute yang disediakan. Untuk menuju ke rute tersebut, anak akan melalui jalan yang penuh dengan teka-teki angka. Ia harus menjawab dengan menghitung hasil penjumlahan atau pengurangan yang ada pada rute tersebut. Selain meningkatkan kemampuan berhitung anak Anda, permainan ini juga sangat penting untuk melatih pengambilan keputusan anak Anda. Anak Anda tentu akan mempertimbangkan beberapa rute dan memilih mana yang dianggapnya benar, bukan?

  1. Permainan klasik puzzle

Puzzle adalah salah satu jenis permainan matematika yang sudah sangat terkenal. Ini adalah permainan yang cukup menarik untuk dimainkan dan masih banyak beberapa orang dewasa yang turut memainkannya. Permainan yang satu ini sangat efektif dan akan memberikan beberapa manfaat untuk anak Anda. Selain itu, permainan puzzle juga akan membantu anak Anda untuk melatih daya ingat, intuisi, kesabaran dan daya nalarnya. Nah, cara permainannya pun sederhana. Anda hanya perlu memberikannya satu set puzzle, membiarkannya mengamati gambar dengan seksama, lantas mengacak-acak tatanan puzzle tersebut. Biarkan anak Anda menyusun ulang puzzle yang berantakan menjadi teratur seperti sebelumnya.

  1. Menebak angka bersama anak

Permainan matematika terakhir yang bisa Anda pilih untuk dimainkan bersama anak Anda dan mengasah otak meraka adalah permainan menebak angka. Ini adalah salah satu permainan yang cukup mudah untuk dilakukan. Nah, permainan menebak angka ini bisa melatih kemampuan berhitung Anda dalam hal penjumlahan, pengurangan, bahkan perkalian untuk tingkat yang lebih susah. Nah, lantas bagaimana cara melakukan permainan ini? Caranya cukup mudah, gambarlah buah-buahan dengan warna yang cerah dan berikan angka di sampingnya. Buat buah yang lain tanpa angka. Tugas anak Anda adalah mengisi buah yang tidak memiliki angka tadi dengan cara menjumlahkan atau mengurangi dari angka yang sudah diketahui. Ada banyak contoh permainan ini di internet.

Beberapa ide permainan tadi dapat menjadi salah satu cara yang cukup penting dan menarik untuk diterapkan pada anak Anda. Permainan yang menarik ini tentu saja akan merangsang anak Anda untuk menyukai matematika sejak dini. Pilihlah beberapa jenis permainan dan terapkan pada anak Anda. Tentu saja, anak Anda tetap memerlukan pendampingan saat memainkan permainan tersebut. Dampingi anak Anda dengan sabar dan ajari anak Anda jika ia mengalami kesulitan. Selain itu, Anda juga harus kreatif dalam menyediakan jenis permainan pada anak Anda agar mereka terhindar dari rasa jenuh dan juga bosan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top