Tips & Trik Parent

Cara Mengajarkan Membaca Untuk Anak TK

Pada saat anak usia TK, masa ini menjadi masa keemasan untuk perkembangan anak. Anak butuh bimbingan akan berbagai hal dengan sangat baik untuk membuatnya menjadi anak yang terus berkembang. Salah satu keahlian yang mulai bisa ditanamkan pada anak sejak ia duduk di Taman Kanak-kanak adalah dengan mengajarkannya untuk membaca. Cara Mengajarkan Membaca Untuk Anak TK cara-mengajarkan-membaca-untuk-anak-tkyang tepat dan menyenangkan akan membantu untuk anak bisa semakin lancar dalam membaca yang tentunya akan menjadi bekal untuknya nanti.

Cara Mengajarkan Membaca Untuk Anak TK

Sponsored by: dr rochelle skin expert

Membaca adalah ilmu yang menjadi bekalnya yang dibutuhkan hingga ia besar nantinya. Semakin dini ia diajarkan untuk membaca maka nantinya ia akan semakin lancar dalam membaca. Membaca merupakan salah satu ilmu yang sangt enting sehingga nantinya bisa belajar ilmu lainnya dengan lebih mudah. Berbagai cara seperti berikut ini akan menjadi cara terbaik untuk Anda bisa mengajarkan cara membaca yang menyenangkan dan bisa diserap oleh anak berusia TK dengan lebih cepat.

1. Pahami Mood Anak

Mood atau niat anak menjadi kunci penting untuk membuat proses belajar membaca akan berjalan lancar ataukah tidak. Ketika mood sedang baik maka setiap pembelajaran bisa diterima dengan sangat baik, namun ketika moode anak sedang dalam kondisi yang kurang baik maka proses pembelajaran pun hanya akan sama saja karena tidak akan membuahkan hasil. Hindari untuk mengajarkan anak untuk membaca pada saat kondisi anak sedang mengantuk, lapar, capek ataupun bahkan ketika ia marah. Tunggu hingga mood anak dalam kondisi baik kemudian baru ajak ia untuk belajar membaca ia pun akan lebih senang dan bisa lebih antusias untuk mengikuti segala pembelajaran yang Anda berikan.

2. Belajar Rutin Setiap Hari

Membaca bukanlah pelajaran yang bisa diterima oleh anak dalam sekali pembelajaran atau sekali waktu saja. Melainkan akan bertahap sedikit demi sedikit. Supaya anak terus bisa meningkatkan proses pembelajarannya ini maka orangtua perlu untuk terus mendorong anak supaya mau untuk melakukan proses belajar membaca setiap hari. Tetapi orang tua juga perlu untuk terus mendampingi dan mau untuk menyisihkan waktu untuk mengajari anak dalam membaca. Aktivitas ini akan membuat anak lebih semangat dan lebih tertarik karena orangtuanya sendiri yang mengajarinya. Proses belajar membaca bisa dimulai dari bacaan yang mudah terlebih dahulu, melihat cerita bergambar, kemudian jika sudah bisa baru deh ke level bacaan yang lebih sulit.

3. Tempat yang Nyaman

Tempat yang dijadikan sebagai ruang untuk belajar membaca juga akan menjadi satu faktor penentu bagi anak dalam proses belajarnya. Ruangan yang nyaman, bersih dan lega akan memberikan kesan yang lebih sejuk dan nyaman sehingga anak akan merasa betah ketika berada diruangan tersebut. Berbeda dengan ruangan yang sempit dan juga ruangan yang tidak terlalu bersih yang pastinya akan membuat anak tidak merasa betah dan mengganggu konsentrasinya untuk bisa belajar membaca dengan baik. Oleh karena itu pilih ruangan dirumah yang sejuk dan menurut anak menjadi tempat favoritnya, Anda juga bisa mengajaknya ke taman ataupun ke tempat lain untuk mendapatkan suasana yang baru.

4. Ajak Anak Ke Toko buku Atau Perpustakaan

Tarik minat baca anak dengan mengajaknya untuk berjalan-jalan ke toko buku atuapun perpustakaan. Biarkan anak memilih manakah buku yang ingin dia beli dengan memberikannya buku-buku dongeng bergambar ataupun yang lainnya. Saat akhir pekan dibandingkan dengan hanya mengajak anak untuk makan sesekali ajak anak untuk berinteraksi dengan buku. Hal ini akan membuatnya terbiasa dengan aneka jenis buku. Nanti ketika ia bisa menemukan buku yang tepat lama kelamaan dia akan merasa penasaran dengan buku yang lain dan ingin untuk membeli dan membacanya lagi.

5. Pilih Buku  yang Bagus

Orang tua juga harus berperan aktif dalam aktivitas memilih buku bagi anak. Jangan hanya buku yang asal bergambar saja, tetapi pastikan juga bisa bermanfaat dan mengandung berbagai jenis ilmu dan informasi yang berguna untuk anak. Buku-buku yang bagus bisa menumbuhkan niat baca untuk anak lagi dan lagi sehingga membuat anak bisa lebih rajin membaca. Rajin membaca ini akan membuatnya bisa terus mengembangkan kemampuannya untuk bisa membaca dengan lebih baik lagi.

6. Menggunakan karpet Huruf

Pada saat anak berusia masih dibawah 6 tahun anak pasti akan lebih suka untuk sesuatu yang menarik baik dari segi warna ataupun bentuk. Untuk lebih bisa menumbuhkan niat baca pada anak, Anda bisa menambahkan karpet huruf baik itu di kamarnya ataupun di ruang bermainnya. Warna karpet yang warna warni dan juga gambar-gambar yang ada disekitarnya akan membuatnya lebih tertarik dan bisa menjadi satu metode untuk bisa mengajarkan anak bisa membaca dengan baik lagi. Cara ini juga merupakan cara untuk belajar sambil membaca yang menyenangkan sehingga anak bisa lebih tertarik untuk berlatih membaca.

Berbagai cara diatas bisa menjadi cara ampuh untuk terus mengajarkan anak yang masih duduk di sekolah TK. Dengan menggunakan cara-cara yang menyenangkan dan tidak memaksakan akan membuat anak dengan sendirinya bisa lebih tertarik dengan dunia baca membaca. Hanya dengan memaksa justru akan membuat anak merasa tidak baik dan nantinya ia malah akan membenci proses membacanya tersebut.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top