Tips & Trik Parent

Cara Mengajarkan anak Berenang

Berenang menjadi salah satu jenis olahraga yang sangat pas dan paling cocok untuk anda pilih. Dengan berenang anda akan mendapatkan manfaat terbaik untuk anak mulai dari anak bisa memiliki perkembangan motorik yang baik hingga anak bisa menjadi pribadi dengan kepercayaan diri yang tinggi karena ia sudah belajar untuk berinteraksi dengan orang lain ketika ia berenang. Terlihat sangat sulit memang ketika harus mengajarkan anak untuk lebih suka untuk berenang,  namun asalkan mama telaten dan melakukan beberapa tips dan trick berikut ini tentunya mama akan menjadi lebih mudah dalam mengajarkan anak untuk berenang.

Sponsored by: perawatan wajah

Cara Mengajarkan anak Berenang

Dengan berenang anak juga memiliki salah satu life skill yang nantinya akan sangat dibutuhkan untuk anda. Sehingga semakin dini mama mengejarkan anak untuk berenang tentu saja mama akan semakin membekali anak dengan life skill yang terbaik. Bahkan, mama sudah bisa mengajarkan anak untuk berenang pada saat ia masih dalam usia bayi. Hal ini juga dikarenakan pada saat dalam kandungan selama 9 bulan di perut ibu saja bayi sebenarnya sudah sangat teribasa dengan air dimana yang merupakan air ketuban. Sejak ia menginjak usia empat bulan, mama langsung bisa untuk mengejarkan anak untuk berenagn dan bahkan hingga menyelam sekalipun. Cara Mengajarkan anak Berenang pun sebenarnya akan semakin mudah, dengan mengikuti beberapa tips dan trick berikut ini.

1. Biasakan Anak dengan Aktifitas Air

Sebelum mama memulai pada gerakan inti atau pelatihan inti, mama sebaiknya mulai untuk mengenalkan anak dengan aktifitas air ataupun dengan kegiatan air. Sebagai contoh, kegiatan yang paling mudah untuk dilakukan dan bisa menjadi kebiasaan adalah dngan mengajak anak untuk mandi dengan suasana yang menyenangkan. Mama juga bisa memberikan percikan-percikan air pada bagian tubuh ataupun pada wajah si kecil yang tentunya akan membuat anak lebih terbiasa dengan air dan juga semakin senang dengan kegiatan yang berada di air. Dengan cara ini mama juga membiasakan anak untuk basah dan mendapatkan wajah yang terus basah.

2. Pastikan Mood Dalam Keadaan yang Baik

Dalam berlatih untuk berenang anda membutuhkan kesabaran dalam melatih anak untuk berenang. Oleh karena itulah, mama harus memperhatikan kondisi mood anda ataupun juga anak dalam berlatih untuk berenang. Jangan sampai mama melatih berenang dalam keadaan yang sedang kurang enak karena  nantinya mama akan menjadi kurang bersabar dalam melatihnya. Mama juga harus memperhatikan kondisi mood anak. Mama tidak boleh memaksakan jika memang anak masih kurang mood ataupun tidak memiliki keinginan untuk berenang. Sebab hal ini nantinya malah justru akan membuat anak mudah bosan dan tidak bisa menerima segala pelajaran berenangnya. Apalagi jika hal tersebut baru dilakukan oleh anak pertama kalinya, pasti anak akan merasa takut dan juga waswas ketika harus memulai kegiatannya. Dengan mood yang baik maka mama bisa untuk terus-terusan menunggu anak dan berada disampingnya ketika pertama kalik anak belajar berenang.

3. Ajak Anak ke Tempat Berenang yang Nyaman

Untuk belajar berenang pertama kalinya anak memerlukan tempat yang nyaman untuk belajar. Mama bisa memilih tempat yang tepat dan cocok untuk dipilih yang sekiranya menjadi tempat yang nyaman untuk mama belajar bersama anak. Saat disanapun mama juga tidak bisa untuk langsung mengajak anak untuk berenang ataupun langsung kegiatan inti. Ajak anak untuk bermain terlebih dahulu di pinggir kolam dengan permainan yang asyik baru kemudian beri anak kepercayaan diri yang akan membuatnya berani untuk mencoba berenang. Setelah itu, jika anak sudah merasa nyaman berada di tempat berenang tersebut, maka mama bisa langsung untuk mengajarkan anak untuk berenang. Mama juga bisa mendaftarkan anak untuk ke kelas berenang demi metode pembelajaran yang tepat.

4. Perkenalkan Gerakan Renang

Setelah anak sudah merasa nyaman dan mulai terbiasa dengan lingkungannya, maka mama kemudian bisa mengajarkan anak untuk gerakan renang. Pertama yang harus diajarkan untuk anak adalah kebiasaan anak untuk terbiasa meletakan muka anak pada bagian air. Hal ini bertujuan untuk lebih membiasakan anak dalam keadaan basah dan juga membuat anak tidak takut lagi dengan air. Mama juga bisa menyampaikan bagaimana cara meniup gelembung yang baik pada saat berenang sehingga mereka tidak perlu takut untuk tenggelam. Kemudian jika tahap pertama sudah bisa dilakukan oleh anak, mak kemudian mama bisa melakukan proses kedua yaitu melatih anak untuk berbaring diatas air. Pada proses ini mamaa juga harus melaatih anak bagaimana cara untuk bisa mengapung diatas air dan membalikkan badan. Untuk lebih membuat anak menjadi lebih percaya dan tidak takut, mama bisa memberikan dukungan dengan meletakkan tangan pada bagian perut anak. Kemudian jika anak memang sudah bisa melakukannya dengan baik dan sudah tidak takut lagi maka biarkan anak untuk melayang sendiri dan kemudian ia akan berenang dengan sendirinya.

Dengan cara diatas tentunya akan semakin melatih anak untuk bisa berenang dengan lebih baik lagi. Mungkin saat pertama kali akan membuat anak sedikit takut dan juga khawatir jika mereka terluka ataupun mengalami hal yang tidak mereka inginkan. Oleh karena itulah, pastikan mama juga harus selalu mendampingi anak ketika mereka berlatih untuk berenang. Selain itu, mama juga harus memilih tempat yang pas misalnya berlatih renang di kolam yang tidak terlalu dalam untuk membuat anak tidak terlalu takut. Dengan cara ini tentunya membuat anak bisa lebih bisa untuk berenang dengan mudah dan anda akan mendapatkan manfaatnya dengan baik.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top