Kulit ku

Cara Mendapatkan Kulit Yang Bersih Dan Cerah

Apakah Anda berpikir bahwa mendapatkan kulit yang bersih, cerah, dan bebas dari jerawat adalah mimpi yang mustahil? Jika memang Anda sudah mencoba berbagai perawatan krim dan losion namun Anda masih memiliki masalah yang demikian, mungkin Anda kurang menjaga kebersihan pada kulit Anda. Kali ini kita akan mencoba membahas bagaimana cara mendapatkan kulit yang bersih dan cerah, hanya dengan beberapa perawatan yang mudah dan sederhana. Simak ulasan singkat di bawah ini.

Cara Mendapatkan Kulit Yang Bersih Dan Cerah

sponsor: kezia skin expert.

Cara Mendapatkan Kulit Yang Bersih Dan Cerah

      1. Jangan pernah memecah jerawat
Memang jerawat yang menempel pada wajah terasa sangat menjengkelkan dan ini membuat Anda selalu tergoda untuk memecah atau menggaruknya. Padahal melakukan kebiasaan yang demikian hanya akan memperburuk keadaan. Anda akan membuat wajah Anda menjadi lebih sakit dan berwarna merah, menyebabkan jaringan parut ringan, dan menyebarkan bakter jerawat ke area kulit wajah yang lain.

      2. Bersihkan wajah dua kali sehari
Cara mendapatkan kulit yang bersih dan cerah terutama pada wajah adalah dengan rutin membersihkannya minimal dua kali sehari. Seberapa lelah Anda ketika pulang kerja atau setelah aktivitas lainnya, jangan lupa untuk menghapus riasan sebelum tidur. Bersihkan wajah Anda setiap pagi ketika bangun dan setiap malam sebelum tidur. Anda juga harus menggunakan pembersih wajah secara rutin.

      3. Perawatan alami
Anda tidak perlu lagi menghabiskan uang untuk berbagai produk perawatan kulit yang mahal, dan produk-produk kimia yang terkadang justru memberi dampak buruk pada kulit. Cobalah untuk menggunakan perawatan dengan bahan-bahan yang alami, atau menggunakan obat buatan sendiri dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Perawatan alami mampu membuat kulit Anda lebih bersih dan cerah dengan aman, terutama pada wajah yang memang kulit wajah lebih sensitif.

      4. Pengelupasan secara teratur
Cara mendapatkan kulit yang bersih dan cerah yang tidak kalah penting adalah melakukan pengeluasan atau eksfoliasi secara rutin. Perawatan ini sangat penting untuk mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga Anda akan mendapatkan sel-sel kulit baru yang lebih bersih, cerah, dan bersinar. Eksfoliasi juga mampu membantu mengecilkan pori-pori agar dan mengurangi jerawat. Jadi lakukan pengelupasan kulit setidaknya dua kali seminggu.

      5. Minum banyak air
Cara ini tidak perlu diragukan lagi, karena minum air yang cukup mampu memberi banyak manfaat untuk tubuh secara keseleruhan, dan yang terpenting dalam hal ini adalah baik untuk kulit Anda. Anda harus minum sekitar delapan gelas air setiap hari. Jika Anda melakukan kebiasaan ini, maka tubuh Anda mampu membuang racun secara alami sekaligus menjaga kulit Anda dari dehidrasi. Kekurangan air akan membuat kulit Anda menjadi kusam dan memicu masalah jerawat.

      6. Ganti sarung bantal secara rutin
Noda dan jerawat yang tidak kunjung hilang terkadang disebabkan karena kulit Anda selalu mendapatkan kotoran dan bakteri, dan ini mungkin bisa datang dari sarung bantal Anda. Jadi Anda harus memperhatikan kebersihan sarung bantal yang berpotensi menyimpan banyak kuman dan bakter. Gantilah dan cuci sarung bantal Anda secara rutin setidaknya satu kali dalam seminggu.

      7. Perlakukan kulit dengan lembut
Cara mendapatkan kulit yang bersih dan cerah berikutnya adalah selalu memperlakukan kulit dengan lembut. Ketika Anda mencuci muka, hindari menggosoknya dengan handuk atau kain yang kasar. Kebanyaan orang selalu menggosok wajah mereka dengan handuk dan tidak memikirkan betapa kasarnya handuk tersebut. Terlalu keras menggosok kulit akan membuat sakit, muncul kemerahan, dan membuatnya lebih rentan terhadap infeksi.

      8. Hati-hati dengan rambut panjang
Jika Anda memiliki rambut yang panjang dan selalu mengalami masalah jerawat, cobalah untuk lebih sering mengikat rambut Anda agar tidak bersentuhan dengan kulit wajah. Bahkan ketika Anda memiliki rambut yang indah, mengilap, dan terlihat bersih, hal ini bukan berarti rambut Anda terbebas dari kotoran dan debu di siang hari. Kotoran dan minyak alami pada rambut Anda dapat berpindah ke kulit wajah dan menyebabkan jerawat.

      9. Terapkan diet seimbang
Sebenarnya masih dalam perdebatan apakah makanan tertentu memang benar-benar dapat menyebabkan jerawat, seperti susu, kacang, coklat, dan makanan berminyak. Tapi yang harus Anda ketahui adalah fakta bahwa makanan ‘junk food’ seperti burger, pizza, dan semisalnya, akan mempengaruhi kulit Anda dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.
Sebaiknya Anda selalu mengonsumsi makanan yang sehat, alami, dan segar seperti bayam, wortel, dan sayuran lainnya. Anda dapat menerapkan diet seimbang dengan berbagai variasi makanan yang sehat.

      10. Jangan berlebihan mengobati jerawat
Cara mendapatkan kulit yang bersih dan cerah adalah selalu memperlakukan kulit dengan lembut dan hati-hati. Hal ini termasuk ketika Anda sedang mencoba mengobati jerawat menggunakan krim maupun losion, maka jangan sampai berlebihan dalam menggunakannya. Bacalah petunjuk penggunaan pada obat tersebut dan terapkan dosis yang tepat.
Obat tersebut tidak akan bekerja lebih baik ketika Anda mengoleskannya dengan tebal, terlalu banyak, atau berlebihan. Hal ini justru akan menghilangkan semua minyak alami dari kulit Anda dan menyebabkan munculnya kemerahan. Bahkan cara-cara seperti ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit Anda. Sebaiknya Anda meminta saran dosis yang tepat kepada dokter atau apoteker di mana Anda membeli obat tersebut.

Demikian cara mendapatkan kulit yang bersih dan cerah yang dapat Anda terapkan. Merawat kulit memang harus lebih berhati-hati, terutama kulit wajah yang lebih sensitif. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top