Tips dan Trik

Cara Mencuci Wajah Yang Benar

Cara Mencuci Wajah Yang Benar

Cara Mencuci Wajah Yang Benar

Cara Mencuci Wajah Yang Benar , Perhatikan! Terlalu sering mencuci muka dapat membuat kulit anda menjadi kering. Untuk kebanyakan orang, mencuci wajah 1 kali sehari sudah cukup. Anda dapat membilas wajah anda dengan air hangat/air biasa di pagi hari, lalu keringkan dengan cara menepuk-nepuknya menggunakan handuk lembut.

Anda dapat mencuci wajah anda di sore/malam hari setelah selesai beraktivitas. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan kulit anda untuk menghapus semua kotoran dan makeup yang menempel di wajah anda.

Namun jika anda melakukan olahraga atau kegiatan berat yang membuat anda banyak berkeringat, maka anda harus mencuci wajah anda setelah selesai melakukan aktivitas tersebut. Namun pastikan anda memakai pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

Membersihkan Kulit Normal dan Kombinasi
Jangan memakai sembarang sabun untuk mencuci muka anda. Gunakan pembersih wajah atau sabun yang lembut untuk mencucinya – dan jangan pilih yang mengandung scrub.

Tidak perlu membeli produk yang mewah atau mahal, cukup yang cocok dengan anda. Bilas dengan air hangat dan keringkan dengan cara menepuk-nepukkan handuk kering. Jika setelah itu kulit wajah anda terlihat kering atau justru lebih berminyak, maka sebaiknya ganti pembersih wajah anda!

Membersihkan Kulit Kering
Jika anda memiliki kulit kering, maka gunakan pembersih wajah lembut yang tidak mengandung alkohol ataupun wewangian. Bahan-bahan tersebut dapat membuat kulit anda menjadi semakin kering.

Cuci wajah anda dengan lembut dan bilas dengan air dingin. Jangan gunakan air hangat, karena itu akan semakin menghilangkan minyak alami pada kulit anda.

Dan untuk membuat wajah anda terlihat lebih cerah dan putih merata, maka lakukan eksfoliasi (pengelupasan kulit) seminggu sekali untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Membersihkan Kulit Berminyak
Salah satu cara merawat wajah berminyak adalah dengan memilih pembersih wajah berbusa yang bebas minyak. Bilas dengan air hangat yang banyak. Lalu setelah itu anda juga dapat menggunakan toner ataupun astrigent, namun gunakan dengan bijak – karena ini bisa mengiritasi kulit anda jika berlebihan.

Fungsinya adalah untuk menghilangkan ekstra minyak, membantu menjaga kulit tetap bersih, serta membuat kulit tidak terlihat mengkilap.

Membersihkan Kulit Sensitif
Jika kulit anda cenderung sensitif, maka cuci dengan menggunakan pembersih yang sangat lembut (extra mild) – dan bilas dengan air hangat. Pastikan untuk menepuk-nepuk dan jangan digosok saat mengeringkannya.

Perhatikan!

Eksfoliasi dapat mengiritasi kulit sensitif. Hindari pemakaian produk yang memiliki kandungan alkohol, sabun, asam, ataupun wewangian. Pilih produk pembersih yang mengadung bahan-bahan yang bersifat menenangkan seperti lidah buaya, chamomile, teh hijau, dan gandum.
Semakin sedikit bahan dalam produk perawatan kulit anda, maka semakin baik itu bagi wajah anda.

Tips Tambahan: Pastikan Wajah Anda Bebas Makeup Sebelum Tidur

Selelah apapun anda, pastikan jangan pernah tidur dengan makeup masih menempel di wajah.

Tidur adalah waktu bagi kulit anda untuk beregenerasi. Sedangkan makeup yang anda pakai akan menyumbat pori-pori – sehingga kulit tidak dapat bernapas. Akibatnya? Jerawat!

Anda bisa memakai makeup remover jika memang benar-benar malas untuk mencuci wajah anda. Gunakan washlap lembut atau kapas untuk melakukannya. Dan jika anda sedang memakai obat jerawat, oleskan itu setelahnya. Obat jerawat akan bekerja lebih maksimal saat anda tidur dan kulit anda sudah benar-benar dalam keadaan bersih.

sponsor : Cream perawatan wajah

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top