Tips Kesehatan

Cara Mencegah Gejala Asam Urat Kambuh Pada Lansia

Cara Mencegah Gejala Asam Urat Kambuh Pada Lansia

Cara mencegah gejala asam urat kambuh pada lansia merupakan terapi membantu para lansia yang memiliki harapan untuk tetap sehat dan kuat melakukan berbagai aktifitas ringan. Itu sebabnya mengapa banyak terapi kesehatan menekankan akan pentingnya menjaga sendi dari penyakit yang satu ini. Yah, asam urat atau encok merupakan radang yang terjadi pada area sendi yang sering menyerang orang lanjut usia. Asam urat bisa membuat tulang sendi di area kaki atau tangan terasa nyeri, kaku hingga bengkak. Bahkan gejalanya bisa terjadi selama berhari-hari dengan meninggalkan rasa sakit yang dahsyat.

cara mencegah gejala asam urat kambuh pada lansia

Sponsor: halo jasa

Jika tidak segera diatasi, maka gejalanya bisa menjalar atau kronis. Namun tak perlu khawatir, pasalnya, asam urat bisa dirawat meski dirumah. Tips mengatas asam urat bagi orang lanjut usia supaya tidak gampang kambuh lagi diantaranya:

Cara Mencegah Gejala Asam Urat Kambuh Pada Lansia

  • Kendalikan berat badan

Memiliki berat badan berlebih memang bisa jadi masalah selain dapat membatasi ruang gerak juga menimbulkan penyakit. Orang dengan berat badan berlebih sangat rentan mengalami asam urat. Hal ini ditemukan pada kasus lansia dengan berat badan berlebih sering mengalami encok. Jadi, mengatur pola makan dengan diet rendah lemak adalah cara membantu menurunkan berat badan sehingga gangguan asam urat bisa diatasi dengan cepat. Boleh mengkonsumsi daging asal harus tahu porsi dan batasannya termasuk menghindari jeroan dan makanan laut. Baik daging, jeroan atau ikan mengandung purin yang bisa membuat kadar asam urat naik. Batas pula minum-minuman beralkohol, sebab bisa mengurangi kerja ginjal yang nanti membantu melepaskan asam urat melalui urin. Cukup minum setidaknya 10 gelas per hari. Jangan lupa rutin berolahraga untuk mencegah kambuhnya asam urat atau encok. Olahraga bisa menunjang program diet sehat bagi lansia.

Cara Mencegah Gejala Asam Urat Kambuh Pada Lansia

  • Jangan abaikan obat yang diresepkan dokter

Meskipun memilih sumber makanan yang sehat itu penting, bukan berarti lansia harus mengabaikan resep obat asam urat yang diberikan oleh dokter. Harapan ingin bebas dari zat kimia justru bisa memperparah asam urat. Obat asam urat biasanya diresepkan khusus untuk mengatasi gejala asam urat seperti gejala peradangan nyeri. Gunakan obat yang sudah direkomendasikan oleh dokter dengan mengikuti petunjuk dan dosis penggunaannya. Dan jika belum pernah mendapat resep dari dokter misal dengan meminum obat di apotik, maka sebaiknya jangan lakukan. Bisa saja pemakaian obat yang salah bisa berakibat fatal dan membuat penyakit jadi bertambah kronis. Mintalah saran atau resep untuk obat asam urat setelah melakukan pemeriksaan lebih dahulu.

cara mencegah gejala asam urat kambuh pada lansia

  • Bekali diri dengan langkah mengatasi gejala asam urat saat kambuh

Langkah selanjutnya adalah selalu bekali diri dengan mengetahui cara mengatasi gejala asam urat ketika kambuh lagi. Mencegah asam urat bisa dilakukan kapan saja, tetapi bebearapa hal penting dilakukan ketika serangan asam urat terjadi guna mengatasi rasa sakitnya yakni dengan mengkompres bagian yang sakit dengan air dingin atau es selama 20 menit dan beri jeda 10 menit sebelum mengompres berikutnya. Kemudian angkat bagian tubuh yang terserang agar sakit bisa reda. Gunakan pelindung ata penyangga yang aman untuk mengurangi tekanan. Istirahatkan tubuh yang terserang sakit setidaknya 24 jam. Terakhir, kedalikan sakit dengan meminum obat pereda nyeri seperti naproxen atau ibuprofren namun jangan aspirin.

Sekali lagi jangan lupa untuk segera membawa lansia pada dokter untuk segera mendapat penyembuhan dengan cepat. Rasa sakit yang diderita bisa membuat tubuh jadi tidak nyaman. Jika dirasa sudah reda, bisa membawa lansia pada ahli fisioterapi untuk mengembalikan kondisi sendi yang bermasalah karena pengaruh asam urat. Ahli fisioterapi bisa dicari di Halo Jasa.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top