Rambut ku

Cara Membuat Rambut Lebat

Rambut merupakan aset berharga untuk manusia, terutama pada kaum wanita, sampai ada istilah “Rambut Adalah Mahkota Wanita” . Mahkota adalah simbol dalam bentuk tutup kepala yang digunakan oleh raja, ratu atau dewa. Mahkota menjadi sesuatu yang dibanggakan begitu juga dengan rambut, maka dari itu tidak heran para wanita sedemikian merawat dan menjaga kesehatan apalagi kecantikan rambut . Bagi wanita rambut adalah sesuatu yang sangat berharga apalagi sejak dulu seorang wanita selalu dicirikan dengan rambut panjang terurai. Setiap wanita pasti menginginkan rambut sehat, tebal dan berkilau. Namun banyak yang tak menyadari ada hal-hal yang sering dilakukan kaum wanita justru dapat membuat rambut menjadi rusak. Nah berikut ada beberapa cara membuat rambut lebat dengan alami tanpa membuat rambut menjadi rusak .

Cara Membuat Rambut Lebat

sponsor: kezia skin expert.

Ada kebiasaan tertentu yang dilakukan pada wanita tanpa mempertimbangkan efek sampingnya terhadap kesehatan rambut. Bahkan beberapa hal tertentu yang dilakukan secara otomatis setiap hari. Penting untuk Anda ketahui bahwa rambut terdiri dari sel-sel mati seperti halnya dengan kuku. Hal ini berarti bahwa rambut tidak dapat memproduksi vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan namun menyerapnya dari zat eksternal seperti minyak alami dari kulit kepada atau nutrisi yang didapatkan dari alam dan produk kecantikan. Teksturnya yang penuh pori-pori tak hanya dengan mudah dapat menyerap zat eksteral atau nutrisi dari produk kecantikan, namun juga menyerap hal negatif sepeerti polusi, sinar UV, zat kimia, dan garam.

Menjaga kesehatan dan keindahan rambut Anda dengan beberapa langkah dibawah ini :

  1. Lembabkan rambut dengan cuka setelah pemakaian sampo dan diamkan beberapa menit sebelum membilasnya agar dapat menyerap dengan sempurna. Rambut Anda akan terlihat lebih berkilau dari sebelumnya.
  2. Gunakan masker rambut yang terbuat dari alpukat , alpukat dapat membuat rambut menjadi indah . Gunakan masker rambut minimal sebulan sekali .
  3. Sesekali, mencuci rambu selain menggunakan sampo Anda juga dapat mencuci rambut dengan putih telur. Mungkin terdengar aneh bagi Anda, namun produk alami ini dapat melembabkan rambut lebih baik dari produk bermerk manapun, tanpa ada efek samping bagi kondisi rambut Anda.
  4. Jangan terlalu sering mencuci rambut karena justru akan menghilangkan kandungan minyak alami dari kulit kepala yang dibutuhkan rambut Anda sebagai nutrisi untuk pertumbuhannya.
  5. Gunakan sampo yang bebas sulfat. Sulfat adalah zat yang dapat merusak rambut karena menghilangkan kelembaban alami dari kuit kepala, sehingga kulit kepala menjadi kering .
  6. Kepang rambut dengan longgar sebelum tidur. Rambut Anda akan tampil dengan gelombang natural di pagi hari dan hal ini juga mencegah rambut kusut dan patah-patah, serta membuatnya lebih cepat panjang. Kepang dengan longgar jangan terlalu kencang .
  7. Pijat kulit kepada Anda setiap hari dengan menggunakan sisir kayu untuk memperlancar sirkulasi darah dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Bisa juga pada saat mencuci rambut dengan shampo , bahkan saat menggunakan toner pada saat menyisir .
  8. Lindungi rambut dari sinar matahari. Anda dapat menggunakan tabir surya atau produk rambut khusus yang akan melindungi rambut Anda dari klorin atau air bergaram. Hindari juga dari luar dengan menggunakan penutup kepala seperti topi,  dengan begitu rambut anda dapat terlindungi.
  9. Jangan terlalu sering menggunakan pengering rambut pada rambut. Biarkan rambut mengering secara alami atau gunakan losion pelindung rambut dari panas sebelum proses blow dry. Panas yang ditimbulkan  dari blow dry dapat merusak rambut .
  10. Pastikan rambut Anda benar-benar kering sebelum tidur jika Anda tidak ingin mengalami bad hair day (rambut singa) keesokan harinya. Rambut yang basah bersifat lebih rentan,mekar dan cenderung mudah patah.
  11. Jangan menggunakan alat catok atau alat pengeriting sebelum mengaplikasikan pelindung rambut dari panas. Panas yang tinggi dari alat-alat penata rambut tersebut dapat merusak serat dari helaian rambut. Sebaiknya kurangi penggunaan alat alat pemanas rambut .
  12. Gunakan minyak argan . Minyak argan memiliki banyak manfaat untuk rambut misalkan untuk rambut patah-patah atau kulit kepala yang kering. Anda juga dapat menggunakannya sebagai kondisioner yang tak perlu dibilas lagi.
  13. Jangan menyisir rambut saat masih basah karena akan melemahkan serat-seratnya dan menyebabkan rambut mudah patah. Atau gunakan sisir yang bergerigi jarang ,anda juga dapat menyisir rambut dengan jari jari setelah pemakaian kondisioner.
  14. Sebisa mungkin, jangan melakukan dyeing atau bleaching pada rambut. Produk-produk tersebut mengandung zat kimia seperti amonia yang dapat menyebabkan kerusakan pada rambut dan kulit kepala. Lama kelamaan dapat menyebabkan iritasi dan bila terlalu sering digunakan dapat berbahaya bagi rambut juga kesehatan tubuh .
  15. Gunakan sarung bantal berbahan satin atau sutra pada bantal Anda. Material ini dapat mengurangi kerusakan pada rambut karena tidak akan membuat rambut tersangkut atau tercabut saat Anda memindahkan posisi kepala di bantal sepanjang malam.
  16. Jika rambut Anda pecah-pecah atau bercabang pada bagian ujungnya, sebaiknya Anda memotong rambut setiap 8 minggu untuk menjaganya tetap sehat. Memotong rambut juga dapat membuat rambut sehat dan lebat .
  17. Lakukan perawatan dari dalam dengan mengkonsumsi biotin, vitamin yang dapat meningkatkan pertumbuhan kuku dan rambut serta regenerasi kulit.
  18. Hindari stress berlebihan.  Tingkat stres juga memengaruhi kondisi rambut. Sebaik apa pun Anda merawat rambut Anda, jika Anda stres, rambut Anda takkan bisa seindah yang diharapkan.
  19. Pola makan yang baik dan sehat. Perhatikan nutrisi yang Anda konsumsi setiap hari. Untuk rambut yang sehat, Anda membutuhkan asupan protein, lemak alami dan vitamin.
  20. Manjakan rambut secara rutin dengan masker alami atau masker yang dijual di toko-toko yang kaya akan vitamin dan minyak.
0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top