Tubuh ku

Cara Membuat Mata Bening Dan Bersinar

Cara Membuat Mata Bening Dan BersinarCara membuat mata bening dan bersinar tidak harus selalu menggunakan obat-obatan dengan bahan yang belum tentu aman. Anda dapat mendapatkannya dengan mencukupi kebutuhan vitamin dan gaya hidup sehat. Mata kita terdiri dari bagian putih dan bola mata yang berwarna hitam. Walaupun orang-orang di negara lain memiliki bola mata yang berwarna kuning, coklat, dan biru, namun bagian utama mata adalah berwarna putih yang seharusnya dalam keadaan bersih. Mata merah atau kuning dapat mengurangi penampilan Anda, oleh sebab itu ketahui cara membuat mata bening dan bersinar seperti di bawah ini:

sponsor: dr rochelle skin expert.

  1. Kompres dengan air dingin

Jika mata sedang bengkak biasanya akan dikompres dengan air dingin, namun ternyata cara ini juga dapat membuat putih mata menjadi lebih cerah. Rasa dingin tersebut dapat membuat bagian putih mata menjadi lebih segar dan cerah secara alami.

Caranya, Anda dapat mengisi sebuah mangkuk dengan air dingin atau air yang dicampur dengan es batu. Kemudian ambil kain lalu celupkan pada air tersebut hingga terserap. Peras sedikit kemudian kompres mata Anda. Anda dapat menerapkan cara ini sebelum tidur secara rutin untuk mendapatkan mata yang putih, segar, dan cerah.

  1. Gunakan obat tetes mata

Salah satu manfaat obat tetes mata adalah untuk mengobati iritasi mata dan menghilangkan rasa perih. Iritasi biasanya ditandai dengan bagian putih mata menjadi merah dan kurang cerah. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan obat tetes yang ringan.

Teteskan obat tersebut pada mata Anda sesuai anjuran yang terdapat pada label atau kemasan. Setelah itu pejamkan mata Anda dan beristirahatlah secara cukup, hal ini akan membuat mata Anda lebih cerah dan bening kembali. Hindari penggunaan obat tetes mata yang terlalu sering, karena biasanya terdapat efek samping yang kurang baik.

  1. Hindari penyebab iritasi

Mata putih yang berubah menjadi kuning atau kemerahan bisa disebabkan oleh iritasi. Berbagai penyebab iritasi yang biasa terjadi adalah karena debu, serbuk sari bunga, asap rokok, polusi dan lain-lain. Jika Anda sudah mengetahui penyebab iritasi tersebut, maka usahakan untuk menghindarinya. Hal ini merupakan cara alami untuk menjaga mata Anda agar tetap sehat dan cerah.

  1. Konsumsi wortel secara teratur

Mengonsumsi wortel secara teratur sangat baik untuk menjaga kesehatan mata Anda. Wortel mengandung vitamin A yang tinggi. Zat ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kejernihan mata Anda. Vitamin A yang terdapat di dalam wortel mampu membuang zat asing yang menumpuk di dalam bagian putih mata. Sehingga dengan mengonsumsi wortel secara teratur, akan membuat mata Anda menjadi lebih sehat dan cerah secara alami.

  1. Batasi asupan gula dan lemak

Lemak dan gula merupakan asupan yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun segala sesuatu yang berlebihan tentu dapat menimbulkan dampak yang kurang baik. Jadi batasi makanan yang mengandung lemak dan gula secukupnya. Lemak dan gula yang berlebihan di dalam tubuh justru dapat menjadi racun.

Racun tersebut akan diserap oleh organ hati kemudian dikeluarkan oleh ginjal melalui saluran kencing. Ketika kinerja hati meningkat karena terlalu banyak mengeluarkan racun di dalam tubuh, reaksi pertama adalah terjadi perubahan pada putih mata menjadi kuning atau merah. Oleh sebab itu hindari makanan cepat saji, minuman kemasan, dan makanan instan lainnya agar mata anda menjadi putih dan bersih kembali.

  1. Minum banyak cairan

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan minum air mineral atau air putih secara cukup. Jika tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan warna putih mata menjadi layu dan tidak cerah.

Cukupi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan minum sebanyak 8 hingga 10 gelas per hari. Cairan tubuh yang cukup tidak hanya akan menjaga kesehatan tubuh namun juga mata Anda. Mata akan lebih cerah dan sehat jika tubuh Anda mendapatkan cairan yang cukup.

  1. Hindari paparan sinar matahari secara langsung

Paparan sinar matahari secara langsung dan terus menerus tidak hanya merusak kulit, namun juga mata Anda. Jika mata terlalu sering mendapatkan sinar matahari secara langsung, bagian putih mata akan berubah menjadi kemerahan atau kecoklatan. Hal ini karena adanya radiasi sinar matahari yang dapat mengganggu kesehatan mata Anda.

Untuk Anda yang memiliki aktivitas yang padat di lapangan sebaiknya menggunakan topi atau kaca mata untuk melindungi mata Anda dari paparan sinar matahari secara langsung yang dapat merusak mata.

  1. Batasi minuman kafein dan bersoda

Salah satu penyebab mata menjadi tidak cerah dan berwarna kuning adalah kekurangan cairan. Kondisi ini sering terjadi pada mereka yang rutin mengonsumsi kafen dan minuman bersoda secara berlebihan.

Kafein dapat membuat rasa haus yang berlebihan karena memiliki sifat menyerap cairan. Kekurangan cairan dapat mengganggu kesehatan tubuh maupun mata. Jadi batasi kafein dan minuman yang bersoda.

  1. Rutin melatih otot mata

Cara membuat mata bening dan bersinar salah satunya adalah dengan rutin melatih otot mata tersebut. Olahraga mata akan membantu lensa mata bekerja secara optimal dan membuatnyamenjadi lebih putih dan jernih. Hal ini penting dilakukan terutama bagi Anda yang menggunakan kacamata plus maupun minus.

Caranya dengan duduk yang nyaman, kemudian memandang ke arah yang jauh. Anda dapat melakukannya di ruangan terbuka atau di manapun. Tutup salah satu mata Anda menggunakan tangan kemudian pandang ke arah yang jauh  selama 10 detik, lalu lakukan hal yang sama terhadap mata yang satunya.

  1. Pijatan ringan dengan handuk

Jika Anda mata Anda terasa sangat lelah hingga bewarna merah, cobalah untuk memijatnya secara lembut menggunakan handuk. Celupkan handuk ke dalam air hangat atau air dingin tergantung selera Anda, kemudian peras. Letakkan handuk tersebut pada mata Anda dan berikan pijatan secara lembut pada bagian alis hingga kelopak mata. Lakukan sebanyak beberapa kali hingga mata Anda kembali segar dan cerah.

  1. Biasakan mencuci mata

Banyaknya debu yang ada di udara terkadang akan masuk ke dalam mata Anda tanpa disadari. Untuk membersihkannya Anda harus membiasakan diri mencuci mata agar tetap bersih dan sehat.

Mencuci mata secara rutin juga dapat mencegah berbagai penyakit yang disebabkan karena virus, bakteri, dan iritasi. Kotoran yang menumpuk di dalam mata dapat mengganggu dan memicu munculnya berbagai penyakit pada mata. Untuk mencuci mata dengan benar, Anda dapat melakukan hal seperti di bawah ini:

  • Siapkan 1 gelas air kemudian campurkan dengan 1 sendok teh garam yang bersih.
  • Cuci mata Anda menggunakan air tersebut dengan cara memasukkan mata ke dalam air dan berkedip-kedip selama beberapa detik.
  • Pastikan air yang Anda gunakan untuk mencuci mata benar-benar bersih jika perlu rebus air terlebih dahulu.
  • Anda juga dapat mengganti garam dengan daun sirih yang bersih dan direbus terlebih dahulu.
    1. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin

Vitamin sangat penting untuk menjaga kesehatan mata agar tetap cerah dan bersih. Kekurangan vitamin dapat memicu gangguan kesehatan pada mata. Berikut beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin untuk mata Anda:

  • Vitamin A yang mengandung beta-karoten, lutein, dan zeaxantin akan melindungi lapisan makula mata Anda dengan baik. Konsumsi makanan seperti pepaya, wortel, mangga, dan buah persik untuk mencukupi kebutuhan vitamin ini.
  • Vitamin C berfungsi sebagai sumber antioksidan untuk mata Anda. Konsumsi makanan seperti buah jeruk, stroberi, apel, dan anggur untuk mencukupi kebutuhan vitamin ini.

Demikian beberapa cara membuat mata bening dan bersinar secara alami dan sehat. Semoga bermanfaat.

9
24%
like
24
64%
love
1
2%
haha
3
8%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top