Tips dan Trik

Cara Membuat Kuku Cantik Dan Bersih

Cara Membuat Kuku Cantik Dan Bersih

Dalam kehidupan manusia khususnya pada wanita sangat penting merawat kecantikan dari ujung kepala sampai ujung kaki tak terkecuali pada kuku yang terlihat kecil. Pentingnya kecantikan kuku seperti halnya rambut sebagai perhiasan tubuh yang tidak boleh kita abaikan dan harus dirawat dengan baik. Kuku biasanya merupakan bagian yang sering dilakukan dalam perawatan. Fungsi utama dari kuku sendiri yaitu untuk melindungi ujung jari, yang mana jari mempunyai tekstur lembut serta penuh dengan urat saraf. Kuku adalah cerminan kebersihan dan mewakili kesehatan secara umum. Merawat kuku tidak hanya dipotong saja tetapi juga dengan perawatan lainnya, nah berikut kami akan share bagaimana cara membuat kuku cantik dan bersih.

sponsor: dr rochelle skin expert.

Kuku yang tidak terawat dengan baik akan menjadi buruk dan mungkin menimbulkan penyakit. Paling tidak anda harus rajin membersihkannya terutama dari kotoran-kotoran kuku yang menempel. Selain itu juga memiliki kuku yang sehat, perawatan yang teratur dapat membuat kuku anda menjadi lebih halus, bersih dan tampak cerah. Ada beberapa tips dan cara merawat kuku anda secara alami, yaitu:

Cara Membuat Kuku Cantik Dan Bersih

  1. Buah Jeruk Lemon

Lemon sering kali digunakan dalam dunia kecantikan hal ini karena lemon mengandung pemutih alami yang bermanfaat untuk memutihkan serta mencerahkan warna kuku sehingga menjadi bersih dan mengkilap. Cara pemakaian: oleskan irisan jeruk lemon pada kuku kemudian tunggu dalam beberapa menit. Setelah mengering, bersihkan menggunakan air. Cara ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda kekuningan karena cat kuku yang salah dalam pemakaiannya.

  1. Menggunakan Minyak Zaitun

Penggunaan minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Minyak zaitun mengandung asam linoleat yakni berupa pelembab alami. Selain baik untuk menebalkan bulu mata, zat ini secara efektif dapat mencegah air dari penguapan dan membuat kuku terlihat sehat dan mengkilap. Cara menggunakan: campurkan minyak zaitun dengan air hangat dalam sebuah wadah. Rendam kuku selama kurang lebih 5 menit, disertai dengan pijatan pijatan lembut. Ulangi dengan teratur setiap hari untuk memperoleh hasil yang maksimal. Untuk mendapatkan hasil yang baik anda bisa mencampurkan minyak zaitun dengan air jeruk.

  1. Susu Murni

Selain baik bagi kesehatan tubuh, susu merupakan bahan yang efektif untuk membersihkan kuku serta melembabkan area sekitar kuku anda. cara menggunakan: sapkan susu murni hangat dalam wadah kecil. Rendam kuku selama kurang lebih 5 menit. Kemudian bilas dengan air. Ulangi dengan teratur untuk mendapatkan kuku mengkilap.

  1. Buah Alpukat

Buah alpukat kaya akan lemak yang baik dan penting, kandungan nutrisi dan protein yang dapat mengembalikan kuku yang rapuh dan tidak sehat. Buah alpukat juga mengandung sifat anti-oksidan, vitamin A, B, B1, B2, D, dan E, beta-karoten, dan kalium. Selain baik untuk menurunkan berat badan, alpukat juga membuat kuku menjadi sehat dan berkilau. Cara menggunakan: campurkan buah alpukat yang sudah dilembutkan dengan air mawar sampai menjadi pasta. Oleskan pada kuku disertai dengan pijatan lembut. Diamkan selama 15-25 menit, kemudian bilas dengan air . Ulangi dengan teratur untuk menjaga kuku sehat, berwarna pink dan mengkilap.

  1. Mentega

Mentega merupakan zat yang mengandung lemak dan bermanfaat untuk melembabkan kuku. Mentega mengandung natrium, kalsium, zat seng, zat besi, kalium, magnesium, vitamin A, B, C, dan E, menjadikan warna kuku anda lebih bagus dan terlihat bersih. Campurkan mentega dengan sedikit air, kemudian oleskan pada kuku disertai dengan pijatan yang lembut. Diamkan beberapa menit, lalu bilas menggunakan  air yang hangat. Ulangi secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah bahan alami yang mengandung vitamin E, lemak yang sehat, asam laurat dan kaprilat, dalam semuanya itu bermanfaat bagi kesehatan rambut, kulit dan kuku anda. Minyak kelapa juga dapat mencegah infeksi dan jamur dan dapat menyehatkan dan melindungi kuku. Oleskan minyak kelapa pada kuku dan disertai dengan pijatan lembut untuk memungkinkan minyak dapat meresap ke dalam kulit kuku. Ulangi setiap dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

  1. Yogurt

Yoghurt hampir mengandung semua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kuku yang sehat dan berkilau. Yoghurt mengandung zat besi, kalsium, folat, vitamin A, B, D, C, E, dan K, zat seng, dan protein. Yoghurt juga mengandung bakteri yang bersahabat yaitu disebut probiotik yang membantu mencerna makanan dan menyerap mineral ke dalam tubuh. Konsumsi yogurt dalam 1 – 2 kali sehari untuk hasil terbaik dengan begitu akan menghasilkan kuku yang sehat.

  1. Kulit Buah Semangka

Cara pemakaian. Gosokan kulit semangka pada kuku lalu biarkan selama 10-20 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih. Selain kulit pada buah semangka anda juga bisa memanfaatkan air semangka. Yaitu dengan cara teteskan air semangka pada kuku dan diamkanlah hingga air semangka berbekas pada kuku anda hingga kering. Lalu bersihkan.

  1. Daun Teh Hijau

Daun teh hijau dapat membuat kuku lebih sehat dan kuat. Antioksidan didalamnya dapat mencegah kuku rapuh dan dapat menguatkannya. Daun teh hijau juga dapat membantu mempertahankan warna kuku. Seduh segelas teh hijau dan diamkan hingga dingin alami. Rendam kuku di dalamnya selama kurang lebih 10-15 menit, lakukan secara rutin seminggu dua kali. Anda juga bisa mencampurkannya dengan garam dan beberapa tetes minyak gandum.

  1. Cuka Sari Buah Apel

Cuka sari dari buah apel memiliki berbagai kandungan nutrisi, seperti magnesium, kalium, kalsium dan zat besi yang baik untuk kesehatan kuku. Selain itu pula, sifat asam dalam sari apel dapat mencegah dan mengobati jamur kuku. Campurkan cuka sari apel mentah dan air dalam wadah. Rendam kuku selama kurang lebih 5-10 menit, lakukan rutin dapam sekali sehari selama beberapa minggu. Anda juga bisa meminumnya dengan campuran 1 sendok teh cuka sari apel dengan segelas air, diminum 3 kali sehari.

  1. Melakukan Pijatan Pada Kuku

Cara yang sangat mudah dan dapat menghemat biaya untuk memiliki kuku yang kuat dan indah adalah memijatnya secara rutin. Memberikan pijatan pada kuku akan meningkatkan sirkulasi darah anda, kuku akan menjadi lebih kuat dan sehat. Anda juga dapat menggunakan lotion pelembab, minyak almond atau minyak kelapa untuk melakukan pijatan ini. Pada malam hari sebelum tidur anda bisa lakukan pijatan lembut pada kuku selama 5-10 menit. Gunakan penutup sarung tangan berbahan kain/katun, kemudian biarkan saat tidur. Pada pagi hari cuci kuku dengan air hangat. Lakukan hal ini rutin setiap hari selama beberapa minggu.

Cara Membuat Kuku Cantik Dan Bersih

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan dalam merawat kukumu. semoga artikel ini bermanfaat ya buat kamu.

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top