Makanan Kesehatan

Cara Membuat Kue Lebih Sehat Namun Tetap Lezat

Cara Membuat Kue Lebih Sehat Namun Tetap Lezat

Ada yang menyebut bahwa kue identik dengan rasa manis. Meski begitu, mengkonsumsi kue berasa manis juga harus dibatasi agar kalori yang masuk kedalam tubuh tetap seimbang juga mengontrol asupan gula. Jadi seperti apakah cara membuat kue lebih sehat namun tetap lezat dan bisa dinikmasi oleh semua usia termasuk mereka yang ingin menghindari diabetes dan kegemukan?

Sponsor: dr rochelle skin expert

Untuk membuat seporsi kue membutuhkan bahan-bahan seperti gula, lemak, juga kalori yang cukup tinggi. Ditambah toping seperti taburan coklat atau keju makin membuat kue terasa lebih manis. Meskipun Anda suka menikmati kue, tidak salahnya mencoba menyajikan dengan cara yang lebih sehat. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk membuat kue sehat tetapi tetap mengandung rasa yang lezat.

Trik membuat kue sehat namun tetap lezat:

1. Perhatikan ukuran porsi

Kue memang bisa dijadikan camilan untuk mengganjal perut yang lapar. Tetapi memakannya tentu tak boleh berlebihan agar kalori juga gula yang masuk kedalam tubuh tidak terlalu banyak. Karena gula berlebihan menjadi penyumbang terbesar penyakit diabetes yang komplikasi. Trik pertama bisa dimulai dengan memperhatikan seberapa besar ukuran porsi yang disajikan. Sebab banyak para pelaku diet yang gagal menurunkan berat badan karena melihat porsi kue yang dimakannya. Jika Anda memang benar-benar menginginkan kue yang sehat untuk membantu program diet, maka mulai dari sekarang mengatur jumlah dan porsi kue lebih sedikit. Saat membuat kue, pilih cetakan kue dengan ukuran mini agar Anda bisa mengendalikan jumlah porsi yang dimakan.

Cara Membuat Kue Lebih Sehat Namun Tetap Lezat

2. Tambahkan bahan makanan yang mengandung berbagai nutrisi

Tak perlu pusing memikirkan serta memilih kue mana yang harus Anda hilangkan dapal resep kue. Jika Anda bukan peracik kue yang handal, rasa yang dihsilkan bisa jadi akan hilang. Oleh sebab itu, lebih utama ganti dengan menambahkan bahan alami yang lebih sehat. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan diantaranya:

  • Sayur dan buah

Cobalah untuk menambahkan beberapa sayur dan buah dalam kue Anda seperti menambahkan parutan atau irisan apel, wortel atau jenisa sayuran lain. Cara ini akan sangat membantu menambah nutrisi pada kue sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi. Pilihlah kandungan buah dan sayur yang memiliki serat cukup tinggi seperti jeruk, berry, atau strowberry dan lainnya sesuai selera.

  • Gunakan tepung whole-grain

Untuk bisa menikmati sepotong kue, tepung merupakan komposisi utama sebelum kue siap disantap. Tepung untuk kue biasanya mengandung karbohidrat cukup tinggi. Tetapi bagi yang ingin menjalankan program diet, maka membatasi asupan tepung memang sangat dianjurkan. Untuk bisa menikmati rasa padat kue yang lezat, Anda bisa mencoba ganti tepung terigu biasa dengan tepung whole-grain. Tepung jenis ini mengandung serat lebih banyak ketimbang tepung untuk kue biasanya. Gunakan tepung ini sesuai takaran yang sering Anda gunakan saat membuat kue biasa.

  • Gunakan produk rendah lemak

Tak dipungkirin bila kebanykan kue memang mengandung lemak banyak hasil dari campuran mentega, susu bahkan telur. Tetapi Anda pun bisa mengganti campuran tersebut dengan menambahkan sedikit perasan air lemon atau cuka. Meski rasanya akan sedikit berubah tetapi justru bisa menyehatkan untuk yang ingin menjalankan program diet. Atau Anda bisa ganti menteg dengan yogurt tawar untuk mendapatkan rasa lezatnya dari susu.

Cara Membuat Kue Lebih Sehat Namun Tetap Lezat

3. Kurangi kadar lemak jenuh dan gula

Lemak jenuh pada kue bisa dihasilkan dari gula, mentega atau keju. Agar kue bisa tetap sehat dikonsumsi, maka Anda pun bisa gunakan cara modifikasi seperti berikut:

  • Gunakan minyak sehat

Untuk mengganti mentega sebagian bisa dengan menambahkan minyak sehat dalam resep kue yang Anda buat. Coba gunakan minyak nabati yang mengandung lemak jenuh lebih rendah ketimbang mentega yang memiliki lemak jenuh dan trans cukup tinggi. Anda bisa coba memakai minyak kanola. Minyak kanola adalah minyak yang mengandung banyak manfaat seperti menyehatkan jantung, menurunkan kolesterol, hingga mengurangi risiko kanker. Minyak ini banyak dibuat dengan menggunakan bahan sayur lobak dan sawi-sawian dan kandungan asam lemak jenuhnya paling tinggi ketimbang minyak biji matahari. Jika Anda sepakat mengganti sebagian mentega dengan minyak ini, maka bisa merubah tekstur kue.

  • Kurangi gula yang digunakan

Gula memang menjadi bagian penting dalam menghasilkan cita rasa kue yang manis yang semua orang pasti tertarik menikmatinya. Tetapi, agar kue yang Anda hasilkan bisa lebih sehat, mkaa kurangi penggunaan gula yang terlalu banyak. Kurangi kadar gula sekitar 25-50% dari takaran gula yang ada pada resep. Misalnya jika dalam takaran harus memasukkan 4 sedok makan gula pasir, maka Anda bisa memasukkan 2-3 sendok makan gula.  Tak masalah merubah rasanya, yang penting Anda tetap bisa menikmatinya. Sebab sebenarnya tak semua orang juga menyukai kue yang terlalu manis. Selain itu, gula juga penyumbang kalori cukup besar yang bisa menggagalkan program diet.

Itulah beberapa alasah pentingnya Anda membuat kue yang lezat tetapi tetap menyehatkan. Rekomendasi kue sehat ini bisa Anda sajikan tak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk keluarga dan orang tercinta. Hidup sehat harus diimbangi dengan konsumsi makanan yang sehat pula.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top