Parenting Info

Cara Membuat Bayi Tidur Nyenyak Saat Malam Hari

Bayi sangat wajar untuk menangis dan rewel di saaat malam hari. Tapi sebenarnya orangtua bisa mengatasi hal tersebut. Cara Membuat Bayi Tidur Nyenyak Saat Malam Hari ini menjadi cara ampuh untuk membuat anak menjadi lebih tenang pada saat malam hari. Orangtua juga bisa lebih memiliki waktu untuk beristirahat sehingga tidak akan capek dengan berbagai kegiatan pada saat pagi hari ataupun malam hari. Meskipun memang tidak mudah untuk membuat anak bisa tenang dan tidak mudah bangun saat malam hari tetapi asalkan Anda menggunakan berbagai cara berikut ini maka bayi pun akan menjadi lebih tenang dan bisa tidur menjadi lebih nyenyak lagi.

Cara Membuat Bayi Tidur Nyenyak Saat Malam Hari

Sponsored by: dr rochelle skin expert

Asalkan dipandu dengan cara yang tepat dan juga penanganan yang pas maka akan membuat Anda bisa mendapatkan pola tidurnya yang baik. Justru jika terus dibiarkan dan tidak ditangani dengan cara yang baik tak menutup kemungkinan jika Anak hanya akan tumbuh dengan pola tidur yang salah dan membuatnya terbiasa untuk menangis dan tak bisa tidur nyenyak. Ikuti berbagai cara berikut ini dan dapatkan bayi yang bisa tidur jauh lebih nyenyank dibanding sebelumnya.

1. Atur Jadwal Menyusui

Untuk menghindari bayi yang terbangun dan menangis orangtua bisa mengatur ulang jadwal bayi untuk menyusu. Mengatur waktu yang tepat tak akan lagi membuat bayi menjadi rewel dan terganggu tidurnya hanya karena ia merasa lapar ataupun haus. Waktu yang baik untuk memberikan susu pada saat malam hari adalah saat sebelum bayi tidu dan pada saat bayi bangun tidur. Jangan sampai orangtua lupa untuk menyusui sehingga nanti ketika bayi tidur malah harus dibangunkan dan bisa membuatnya menjadi sangat rewel karena ia harus dibangunkan sebelum waktunya.

2. Atur Penerangan

Penerangan pada kamar bayi juga sangat menentukan untuk pulas atau tidaknya tidur bayi. Kamar yang bisa menjaga tidur bayi untuk tetap bisa nyenyak dan bisa tidur dengan pullasnya adalah ketika anak diberikan kamar dengan nuansa yang redup dan tidak terllau terang. Suasana kamar dengan pencahayaan yang redup ini akan membuat bayi bisa membedakan pada saat malam hari dan siang hari sehingga ia bisa membentuk pola tidurnya dengan lebih baik lagi. Selain itu, ruangan yang redup juga akan meningkatkan hormon melatonin  dimana membuatnya bisa tertidur dengan lebih nyenyak lagi.

3. Atur Suhu Ruangan

Bayi masih sangat sensitive akan berbagai hal termasuk salah satunya adalah suhu ruangan. Ia pasti akan merasa tidak nyaman ketika kamarnya terlalu panas ataupun terlalu dingin. Oleh karena itulah ketika ia tidur selalu pastikan jika kamarnya berada di suhu yang pas dan membuatnya menjadi nyaman untuk tidur. Suhu yang pas untuk membuat bayi bisa tertidur dengan pulas berada dikisaran suhu 26 derajat Celcius.

4. Berikan selimut lembut

Bayi yang sudah berusia lebih dari 6 bulan bisa orangtua berikan selimut lembut ataupun boneka berbulu halus untuk membantu dirinya menjadi lebih  nyaman. Akan menjadi lebih baik lagi sebelum Anda memberikan selimut ataupun boneka, dekatkan terlebih dahulu benda-benda tersebut pada diri Anda dimana ini akan memberikan bau dari benda tersebut hampir sama dengan Anda. Bayi pun akan merasa lebih nyaman dan rileks ketika menerima bau yang sama dari orangtuanya.

5. Mandikan Terlebih Dahulu

Sebelum diminta untuk tidur, sebaiknya anak juga sudah dalam kondisi yang bersih dengan memandikannya terlebih dahulu. Memandikan bayi dengan menggunakan air hangat sebelum ia tidur juga akan membuatnya merasa sangat rileks sehingga ia bisa tertidur dengan pulas lagi nantinya. Jika sudah dimandikan bisa juga Anda memijat atau memberikan nyanyian yang merdu sebagai pengantar tidurnya. Lakukan hal ini secara rutin untuk menjadi tanda bagi bayi jika saat Anda melakukan hal tersebut berarti sudah saatnya untuk dirinya tidur.

6. Kenali Tanda Mengantuk

Orangtua juga harus peka dan jeli apakah bayi sudah mulai mengantuk ataukah belum. Saat tanda-tanda mengantuk sudah muncul seperti menggosok mata, mengisap jari, menguap ataupun rewel maka segera ajak bayi untuk bersiap untuk tidur. Semakin cepat Anda mengenali tandanya maka akan menghindarkan bayi untuk rewel terlalu lama. Semakin cepat ia tidur maka ia pun bisa lebih pulas dan tidak akan bangun untuk rewel lagi.

7. Menggendongnya Terlebih Dahulu

Saat anak mulai mengantuk, orangtua juga bisa meningkatkan rasa nyamannya dengan menggendongnya. Ataupun ketika bayi memang belum mengantuk tetapi sebenarnya sudah mulai masuk pada waktu ia seharusnya sudah tidur, Anda juga bisa untuk menggendongnya hingga ia merasa ngantuk. Baru setelah ia sudah mulai mengantuk letakkan bayi pada tempat tidurnya dan biarkan ia tidur. Untuk membuat anak tidak terlalu kecanduan dengan kebiasaan tidur harus dengan digendong maka jangan sampai anak tertidur dalam gendongan. Selalu pastikan jika Anda meletakkan anak pada tempat tidur ketika ia sudah mulai mengantuk berat. Cara ini akan membuatnya bisa tidur dengan lebih nyenyak tanpa harus selalu digendong.

Tentunya dengan berbagai cara diatas akan membuat bayi tidak akan pernah rewel lagi pada saat malam hari. Bayi yang terlalu rewel tentu akan membuat orangtua pusing dan bahkan berkurang waktu istirahatnya. Bayi pun juga pasti akan menjadi rewel ketika siang hari karena ia tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Perhatikan berbagai cara diatas dan bayi pun bisa tertidur dengan lebih lelap lagi  saat malam hari.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top