Gaya Hidup

Cara Membiasakan Diri Bangun Pagi

Cara Membiasakan Diri Bangun Pagi

Bangun pagi bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan bangun pagi, tubuh akan diberikan kesempatan untuk bisa menghirup udara pagi yang masih bersih dan segar yang berada di sekitarnya. Udara yang segar ini baik untuk kesehatan pernafasan dan bisa pula mempengaruhi mood saat menjalani aktivitas keseharian. Oleh karenanya, penting sekali untuk cara membiasakan diri bangun pagi setiap hari, meskipun sedang berada di hari libur atau cuti. Setiap orang mungkin memiliki gaya kebiasaan tersendiri saat bangun tidur, ada yang sudah terbiasa mampu bangun pagi, dan bahkan ada yang tidak bisa. Orang bisa memang harus dibiasakan, termasuk pula dalam rutinitas bangun pagi. Bagi yang merasa kesulitan untuk bisa bangun pagi, maka perlu tips yang sesuai untuk dirinya agar bisa mulai membiasakan diri mampu bangun pagi secara rutin.

sponsor: produk pemutih wajah.

  1. Mengurangi aktivitas pada malam hari

Melakukan aktivitas di malam hari terlalu banyak akan membuat tubuh terasa lelah, sehingga kemungkinan besar akan kesulitan bangun pagi tepat waktu. Agar bisa bangun pagi, lebih baikmengurangi aktivitas malam yang dirasa tidak terlalu penting seperti nongkrong atau begadang. Dengan mengurangi aktivitas di malam, menjadi suatu cara agar bisa tidur lebih awal, dampaknya tidak akan bangun kesiangan.

  1. Minum air putih sebelum dan sesudah tidur

Minum air putih dengan cukup merupakan hal yang sehat untuk dilakukan. Cara agar bisa bangun pagi bisa dimulai dengan membiasakan untuk minum air putih sebelum dan bangun tidur. Minum sebelum tidur akan memicu untuk segera buang air kecil, sehingga mendorong untuk segera bangun dan ke kamar mandi. Sedangkan minum setelah bangun tidur, akan menggantikan cairan tubuh yang hilang selama tidur semalaman dan bisa mengaktifkan kembali kinerja organ dalam tubuh. Dengan minum pada pagi hari, bisa mengusir rasa ngantuk untuk bisa melanjutkan aktivitas berikutnya.

  1. Menggunakan nada alarm dengan lagu favorit

Bunyi alarm standar jam weker terkadang membuat bangun tidur kurang begitu mood. Agar suasana hati saat bangun jadi lebih baik dan nyaman, maka gunakanlah fitur alarm pada gadget dengan memasang nada alarm lagu favorit.

  1. Meletakkan alarm jauh dari tempat tidur

Jika alarm diletakkan di dekat tempat tidur, saat berbunyi pasti akan langsung dimatikan dan akhirnya tidur kembali tanpa beranjak dari ranjang tidur. Beda halnya jika, alarm diletakkan berjauhan, maka secara tidak langsung ketika alarm berbunyi, tubuh dipaksa untuk bangun agar segera mematikan bunyi alarm tersebut.

  1. Mengkonsumsi minuman berkafein saat bangun tidur

Minum minuman berkafein merupakan suatu cara mudah agar mata segera terjaga. Selain itu, mengkonsumsi minuman ini dapat memicu semangat dan meningkatkan mood saat bangun di pagi hari. Minuman berkafein contohnya berupa kopi, atau olahannya yang sejenis

  1. Tidur dan bangun di waktu yang sama

Waktu tidur diusahakan berlangsung pada sekitaran jam yang sama, sehingga bangun tidur pun juga terjadi saat waktu yang sama setiap hari. Tidur dan bangun di waktu yang sama bertujuan agar tubuh membiasakan diri dan menjadikannya rutinitas tanpa merasa kesulitan

  1. Berolahraga

Melakukan olahraga pagi sesaat setelah bangun tidur akan membuat tubuh melakukan aktivitas. Dengan demikian tubuh akan melakukan kegiatan, tanpa harus merasa ngantuk akau kurang bersemangat. Jika tubuh tidak melakukan suatu kegiatan saat pagi hari, mata akan merasakan kantuk.

  1. Segera mandi pagi

Mandi pagi dengan air dingin bermanfaat dalam membangunkan sistem syaraf, sehingga tubuh akan pulih kesadarannya. Dengan mandi sesaat setelah bangun, secara tidak langsung akan membuang rasa malas dan tidak bersemangat, yang dampaknya membawa tubuh menjadi segar.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top