Tubuh ku

Cara Membersihkan Kuku Kaki Yang Menguning

Ketika cuaca sedang hangat, maka orang akan lebih nyaman memakai sandal atau sepatu yang terbuka, namun bagaimana jika kuku-kuku kaki Anda berwarna kuning? Tentu akan mengganggu penampilan dan juga mengurangi rasa percaya diri. Kuku kaki yang menguning disebabkan oleh beberapa faktor, namun untuk mengatasi masalah tersebut terdapat cara membersihkan kuku kaki yang menguning dengan sangat mudah.

Cara Membersihkan Kuku Kaki

sponsor: cream pemutih wajah.

  1. Kenali penyebab

Anda harus tau mengapa kuku kaki Anda berubah warna menjadi kuning. Masalah yang paling umum terjadi adalah, disebabkan karena infeksi jamur. Jamur akan tumbuh dan berkembang dengan cepat pada lingkungan yang lembab dengan tingkat pH yang tinggi. Misalnya, Anda memakai kaos kaki yang basah karena keringat, maka disitulah tempat jamur dapat tumbuh dan berkembang secara sempurna sehingga menyebabkan kuku kaki menjadi menguning. Selain menguning, infeksi jamur yang terjadi pada kaki dapat menyebabkan kuku mengeras, patah bahkan mengelupas atau terlepas. Hal-hal lain yang menjadi penyebab warna kuku kaki menjadi kuning diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Terlalu sering memakai cat kuku
  • Penyakit diabetes
  • Penyakit genetik atau biasa disebut sindroma “Kuku Kaki Kuning”.

Cara Membersihkan Kuku Kaki yang Menguning dengan Mudah

  1. Buatlah krim antijamur sendiri

Anda dapat membeli krim antijamur sendiri untuk membersihkan kuku kaki yang menguning. Karena, ini akan lebih murah dan aman daripada Anda membeli obat-obatan di apotek yang mengandung bahan kimia.

Caranya adalah, tuangkan  ½ sendok makan soda kue ke dalam sebuah mangkuk kecil, kemudian tambahkan 1 sendok makan hidrogen peroksida, campur kedua bahan tersebut hingga rata. Sediakan beberapa kapas, lalu celupkan kapas tersebut ke dalam larutan tadi dan oleslah kuku kaki Anda yang menguning dengan kapas tersebut. Biarkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin setiap hari hingga kuku Anda bersih dan mengilap kembali.

  1. Menggunakan larutan cuka

Bahan lain yang dapat digunakan untuk membersihkan kuku kaki yang menguning adalah larutan cuka. Campur larutan cuka dan air dengan perbandingan 3:1 ke dalam baskom atau wadah yang cukup besar. Rendam kaki Anda ke dalam larutan tersebut selama 5 menit setiap hari. Hal tersebut mampu menurunkan kadar pH dan membunuh jamur yang ada pada kuku dan kaki Anda.

  1. Dengan air lemon

Anda juga dapat menggunakan air lemon. Caranya sangat mudah, sediakan beberapa buah lemon kemudian ambil airnya dengan cara diperas dan campur dengan air bersih secukupnya. Rendam kaki Anda pada air lemon tersebut selama 10 hingga 15 menit setiap hari sampai Anda mendapatkan hasil yang terbaik.

  1. Menggunakan pasta gigi

Setiap orang tentu memiliki pasta gigi di rumah. Nah, Anda bisa memanfaatkan pasta gigi tersebut untuk membersihkan kuku kaki Anda yang menguning. Anda juga dapat menghilangkan cat kuku menggunakan pasta gigi ini, namun pasta gigi tidak dapat menghilangkan noda atau cat kuku yang sudah lama menempel pada kaki Anda. Caranya adalah dengan cara menggosokan pasta gigi pada kaki Anda secara perlahan. Lakukan secara rutin, setiap saat Anda mandi.

  1. Memoles kuku

Cara membersihkan kuku kaki yang menguning sebagai solusi terahkir, adalah dengan memoles atau mengikir kuku. Kuku yang menguning terdapat pada lapisan atas kuku Anda, sehingga dengan kikir kuku dapat dengan mudah untuk menghilangkan warna kuning pada kuku Anda. Tetapi ini adalah solusi terahkir dan tidak dianjurkan, karena memoles kuku dapat membuat kuku menjadi rapuh bahkan terlepas atau mengelupas. Jika Anda memilih untuk menggunakan cara ini, oleskan cat penguat kuku transparan pada kaki Anda sesudah memolesnya.

Cara Mencegah Kuku Kaki yang Menguning

Selain mengetahui penyebab dan cara membersihkan kuku kaki yang menguning, alangkah baiknya Anda mencegah hal itu semua terjadi. Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus Anda hindari jika tidak mau kuku Anda berubah warna menjadi kuning :

  1. Berhenti merokok

Tahukan Anda, merokok dapat menyebabkan perubahan warna pada kulit, rambut, termasuk juga kuku. Cara yang paling baik untuk mengembalikan warna asli kuku Anda adalah dengan berhenti merokok

  1. Kurangi penggunaan cat kuku

Cat kuku atau kutek dapat menghalangi masuknya oksigen ke kuku Anda, sehingga nantinya dapat menyebabkan infeksi. Jangan menggunakan cat kuku yang tidak akan hilang dalam waktu lama. Sebaiknya gunakan cat kuku yang akan hilang dalam 3 sampai 5 hari. Berikan waktu pada kuku Anda dengan tanpa cat selama beberapa hari, karena ini demi kesehatan kuku Anda sendiri.

  1. Gantilah kaus kaki yang basah dan kotor

Kaus kaki yang basah dan kotor adalah tempat yang sempurna untuk jamur berkembang biak dengan cepat. Jika Anda memakai kaus kaki yang kotor dan lembab, maka akan berisiko terkena infeksi atau jamur. Maka sebaiknya selalu gunakan kaus kaki yang kering dan bersih.

  1. Pilihlah sepatu dengan sirkulasi udara yang baik

Jika Anda selalu memakai sepatu, maka pilihlah sepatu yang terdapat lubang udara sehingga ada udara yang masuk untuk kaki Anda. Contoh sepatu yang memiliki sirkulasi udara yang baik adalah sepatu olahraga, sepatu kets dan semisalnya. Sirkulasi udara sangat penting untuk kesehatan kuku Anda.

  1. Bersihkan kaki dan jari-jari kaki secara rutin

Jangan lupa untuk membersihkan kaki dan juga jari-jari kaki secara rutin, misalnya setiap saat mandi. Hal ini penting untuk mengangkat jamur, kotoran dan bakteri yang mungkin saja menempel pada kaki dan kuku Anda.

Sekarang Anda sudah mengerti penyebab, cara mencegah, dan juga cara membersihkan kuku kaki yang menguning dengan sangat mudah. Anda dapat melakukan semua itu sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah sekali didapat. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top