Gaya Hidup

Cara Membeli Online Agar Tidak Tertipu

Cara Membeli Online Agar Tidak Tertipu

Bisa dibilang sudah sangat mustahil untuk jaman sekarang ini seseorang tidak menggunakan sosial media. Seperti yang diketahui bahwa sosial media memiliki banyak kegunaannya. Sehingga tidak heran apabila banyak orang yang semakin bergantung dengan kehadiran sosial media. Tidak terkecuali dalam melakukan berbagai hal. Karena nyatanya melakukan pembelian melalui sosial media memang sangat memudahkan. Mulai dari irit jarak, irit harga hingga irit waktu. Namun bukan berarti hal tersebut lantas serta merta membuat membeli melalui sosial media tidak memiliki nilai negatifnya. Tentu semua sisi negatif maupun positif yang dimiliki oleh Media Sosial bisa dikendalikan tergantung penggunanya. Untuk itulah pengguna dipaksa untuk memiliki tingkat kepedulian dan juga kewaspadaan yang tinggi. Semua hal tersebut semata-mata dilakukan agar lebih banyak sisi positif yang didapatkan ketika menggunakan media sosial. Baik sisi positif untuk pembeli maupun sisi positif untuk penjual. Dimana nantinya kesinambungan tersebut akan membuat kedua belah pihak mendapatkan timbal balik yang memang sudah seharusnya. Untuk itulah ada baiknya kedua belah pihak memiliki kewaspadaan dalam melakukan transaksi jual beli di Media Sosial. Namun biasanya yang sering terjadi adalah para pembeli yang sering tertipu ketika memutuskan membeli melalui sosial media. Hal tersebut tidak lepas karena bisa dibilang medium menggunakan sosial media sangat rawan sekali penipuan bagi pembeli yang tidak berhati-hati. Untuk itulah, berikut ini akan dijelaskan cara membeli online agar tidak tertipu.

sponsor: produk pemutih wajah.

Cara Membeli Online Agar Tidak Tertipu

  1. Pilih Media Sosial Terpercaya

Cara Membeli Online Agar Tidak Tertipu

Hal pertama yang sebaiknya dilakukan pembeli sebelum membeli barang-barang adalah memilih media sosial terpercaya. Karena media sosial yang terpercaya sudah dipastikan akan memberikan pelayanan yang memuaskan dan tentunya tidak mengecewakan pembelinya. Sedangkan untuk mencari media sosial terpercaya memang susah-susah gampang. Tapi lebih baik yang pertama dilakukan adalah menerima saranan dari pihak lain yang telah membeli sebuah barang dari pihak tersebut di media sosial. Apabila hasilnya memuaskan maka bisa dijadikan pedoman sedangkan apabila hasilnya mengecewakan bisa membuat pembeli berhati-hati. Dimana tentunya membeli di sosial media yang sudah terpercaya akan lebih mudah dipercayai daripada yang belum memilikinya.

  1. Hindari Harga Yang Tidak Normal

Melihat barang yang mewah namun dengan harga yang sangat miring tentunya sangat menggiurkan bagi pembeli. Sehingga tidak heran apabila pembeli ingin segera melakukan transaksi jual beli. Namun barang dengan harga yang tidak normal dari seharusnya malah patut dicurigai. Karena biasanya hal tersebut adalah modus penipuan. Hal tersebut dilakukan oleh penipunya agar lebih mudah dalam menjaring pembeli agar masuk ke dalam perangkapnya. Jadi jangan cepat-cepat tergiur dengan penawaran barang harga yang sangat murah di sosial media. Pastikan dulu barang tersebut dan bahkan kalau perlu minta saran dari pihak lain yang tahu seluk beluk dari barang tersebut termasuk harganya.

  1. Mengetahui Produk Yang Diinginkan

Sebelum tergesa-gesa membeli di media sosial terhadap barang mewah yang diinginkan maka ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu produk tersebut. Mulai dari spesifikasinya, jenisnya hingga harganya. Hal tersebut berguna agar tidak terkena penipuan ketika membeli di media sosial nantinya. Karena dengan mengetahui detail produk tersebut dengan jelas maka akan membuat kita bisa tahu mana produk yang asli dan mana produk yang palsu. Agar nantinya jangan sampai kita mengeluarkan harga untuk produk asli nyatanya yang kita dapatkan malah produk palsu. Tentu hal tersebut akan membuat kita mengalami kerugian.

  1. Gunakan Sistem COD (Cash On Demand)

Cara lain yang patut digunakan pembeli apabila tidak ingin tertipu ketika menggunakan media sosial adalah memakai sistem COD. Yaitu sistem Cash On Demand atau membayar di muka. Yang dalam arti kata lain adalah pembeli dan penjual harus saling bertemu terlebih dahulu sebelum terjadinya transaksi jual beli. Hal tersebut berguna untuk mengurangi resiko penipuan. Karena apabila ada penjual yang enggan melakukan COD tanpa alasan yang masuk akal maka patut untuk dicurigai. Karena mungkin saja si penjual memang tidak pernah memiliki barang tersebut dan hanya berniat untuk menipu belaka.

  1. Gunakan Rekening Bersama

Cara Membeli Online Agar Tidak Tertipu

Rekening Bersama juga bisa dipilih pembeli ketika akan menggunakan media sosial sebagai pemilihan transaksi jual beli. Karena dalam rekening bersama, uang yang ditransfer oleh pembeli tidak langsung diberikan kepada penjual namun ditahan terlebih dahulu. Baru ketika barang yang diinginkan telah sampai di tangan konsumen, dana itu diberikan pada penjual. Biasanya sistem rekening bersama ini sudah diperlakukan oleh toko-toko online yang memiliki nama besar dan sudah terpercaya oleh konsumennya.

  1. Mengenali Penjual

Ada baiknya sebelum membeli lebih baik untuk mengenali penjual di menawarkan barang di media sosial tersebut. Terutama riwayat dan juga sepak terjang yang dimiliki oleh penjual tersebut. Lihat bagaimana penjual ketika mempromosikan barangnya, lihat bagaimana ketika penjual melayani pembelinya hingga lihat bagaimana mengirimkan barangnya kepada konsumen. Semua hal tersebut berguna sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan pembelian.

  1. Menyimpan Bukti Pembayaran

Hal lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah ketika telah melakukan pembayaran terhadap sebuah barang adalah menyimpan bukti pembayaran tersebut. Hal tersebut dilakukan semata untuk jaga-jaga apabila kedepannya terjadi hal yang tidak diinginkan. Seperti barang yang tak kunjung datang hingga penipuan yang dilakukan oleh penjualan. Bukti pembayaran sebagai bukti bahwa pembeli telah melakukan kewajibannya namun belum mendapatkan haknya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top