Motivation

Cara Membangun Bisnis Dengan Teman

Cara membangun bisnis dengan teman – Berbisnis dengan teman adalah kesepakatan dari dua orang atau lebih untuk mendapatkan keuntungan dalam bentuk kerjasama. Jika kerjasama telah terpenuhi, maka harus diimbangi dengan ketentuan yang harus disepakai bersama. Berbisnis dengan teman atau join adalah salah satu cara mengembangkan suatu usaha agar lebih besar dan berjalan lancar. Adanya bantuan dari seorang teman akan sangat berpengaruh pada jenis usaha yang Anda rintis.

Cara Membangun Bisnis Dengan Teman

Sponsor: cream perawatan wajah

Selain menjadi rekan kerja dalam bisnis, teman juga menjadi rekan yang akan saling membantu Anda dalam usaha. Namun terkadang dalam, kerjasaam saat berbisnis bisa saja mengalami hambatan seperti konflik atau ketidak cocokan. Konflik antar rekan kerja harus dihindari sebab jika dibiarkan akan membuat suasana menjadi tidak kondusif yang berakibat pada bisnis yang Anda rintis bersama tidak dapat berjalan dengan lancer. Untuk itu menghindari konflik dengan teman kerja sangatlah diperlukan. Berikut ini beberapa cara berbisnis dengan teman agar tidak terjadi konflik:

1. Pilih Peluang dan Sahabat yang Tepat

Peluang usaha merupakan langkah pertama yang harus Anda pikirkan. Sepakait dengan teman untuk memilih peluang usaha seperti apa yang nanti dibangun bersama. Selain memilih peluang, Anda juga harus pandai memilih rekan bisnis. Saat Anda memutuskan membuka usaha bersama sahabat, sebaiknya jangan sampai salah dalam memilih teman bisnis. Misal jika ingin membuka usaha percetakan, sebaiknya pilih teman yang pandai mengolah desain. Pilihlah juga teman yang memiliki tanggung jawab dan mudah diajak kerjasama.

2. Tujuan, Target, dan Peran

Poin selanjutnya yang perlu diperhatikan sebelum Anda  melihat peluang usaha dan membangunnya bersama dengan teman, adalah segera menentukan target dan tujuan bisnis yang akan digeluti beserta peranan masing-masing dari Anda ataupun teman. Alasan perlunya mengetahui tujuannya yaitu supaya dapat  melihat apakah Anda dan teman merupakan partner kerja yang tepat untuk menjalankan usaha bersama. Jika Anda tidak sepaham dengan teman maka segeralah membatalkan. Jika terus-terusan dilakukan sementara taka da tujuan yang jelas, maka apa yang direncanakan akan sia-sia.

3. Kendalikan Diri Anda

Dalam suatu usaha bersama atau join, ego dari masing-masing harus dikendalikan. Ada baiknya semua itu dimulai dengan mengendalikan diri Anda semdiri terlebih dahulu. Sikap pengendalian diri ini perlu diterapkan disaat pendapat yang Anda miliki berbeda dengan pendapat rekan kerja Anda. jika sudah demikian maka salah satu pihak harus ada yang mengalah dan mengendalikan diri serta egonya agar permasalahan ini cepat terselesaikan dan tidak terlalu lama berlarut. Sikap pengendalian diri diperlukan untuk menjaga kerukunan serta suasana yang tetap kondusif agar bisnis Anda tidak goyah.

4. Mengatur Batasan Dengan Teman

Dalam berteman ada baiknya mengetahui batasan apa saja yang perlu dihindari. Jangan sampai teman Anda merasa risih dengan perbuatan Anda yang selalu mencampuri setiap urusan yang kawan Anda kerjakan. Menghormati apa yang dilakukan dan dikerjakan teman merupakan salah satu cara menjaga batasan Anda dengan teman Anda. jangan sampai Anda merasa sok pintar dan sok jago dengan selalu mencampuri atau mengikuti setiap kegiatan yang dilakukan teman Anda.

5. Bedakan Antara Kerja dan Bermain

Saat Anda dan teman telah sepakat akan membangun usaha bersama, maka perlu menekankan pentingnya membagi peran dan tugas masing-masing. Sebelum itu, Anda harus memicarakan tentang kewajiban sebelum usaha ditetapkan dan berjalan. Buat susunan atau posisi peran sesuai kemampuan masing-masing. Kemudian, bekerjalah secara professional dan pandai membedakan antara bekerja dan waktu bermain. Saat Anda tidak dalam kondisi bekerja, Anda masih bisa memposisikan teman bisnis sebagai sahabat atau teman biasa. Anda juga perlu membedakan antara kedisiplinan dan ketegasan yang mana keduanya merupakan kunci sukses dalam berbisnis bersama teman. Kedua sikap tersebut harus dimiliki oleh kedua pihak sesuai kesepakan bersama yang disusun sejak awal. Jadi, segala bentuk perselisihan yang mungkin terjadi bisa dihindari.

6. Menghargai Pendapat

Setiap orang pasti memiliki pendapat serta pandangan yang berbeda dalam memutuskan suatu masalah. Jika Anda dan kawan Anda mempunyai pendapat yang berbeda serta sama kuatnya ada baiknya Anda menghargai pendapatnya. Hargai dan lakukan apa yang menjadi pendapat serta gagasan teman kerja Anda selagi itu bersifat positif dan tidak merugikan bagi bisnis Anda. menghargai pendapat kawan Anda akan membuat teman semakin merasa nyaman bekerja sama dengan Anda.

7. Saling Membantu

Sikap saling mambantu antar teman kerja akan membuat pekerjaan menjadi lebih ringan dan mudaj diselesaikan. Selain itu dengan saling membantu akan membuat kekompakan Anda dan teman kerja Anda akan semakin terjalin. Jangan sampai Anda berbuat membiarkan teman Anda bekerja sendirian walaupun itu bukan tugas Anda ada baiknya Anda tetap membantu sebagai kawan agar cepet terselesaikan

8. Belajar Mengatasi Konflik

Memulai bisnis bersama dengan teman, lebih banyak mengajarkan tentang arti perjuangan bersama. Meskipun masalah dan konflik bisa saja terjadi akibat perselisihan paham, namun tidak mungkin semua itu tak bisa teratasi. Semua masalah yang bisa terjadi akan semakin membuat Anda semakin dewasa. Namun, jika konflik telah terjadi, jangan biarkan masalah tersebut berlangsung sangat lama, tetapi segera selesaikan dengan cepat. Pisahkan pula urusan pribadi dengan bisnis dan jangan sampai usaha dan persahabatan yang dibangun sejak lama akan hancur karena konflik berkepanjangan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top