Info Kedokteran

Cara Memakai Lidah Buaya Untuk Mengobati Jerawat

Cara Memakai Lidah Buaya Untuk Mengobati Jerawat

Cara mengobati jerawat dengan lidah buaya merupakan cara tradisional yang dipercaya oleh masyarakat sebagai obat jerawat ampuh. Untuk itu cara memakai lidah buaya untuk mengobati jerawat harus dilakukan dengan benar. Lidah buaya adalah jenis tanaman kaktus yang mengandung cairan atau lender berdaging tebal. Cairan ini berguna sebagai zat anti infeksi penyembuh luka dan masalah kulit dengan cepat. Sifat dingin dari gel lidah buaya bisa bermanfaat untk meredakan dan melindungi kulit wajah dari paparan dan efek sinar matahari.

Cara Memakai Lidah Buaya Untuk Mengobati Jerawat

Sposnor: pemutih wajah

Kandungan Lidah buaya

Lidah buaya atau Aloe vera adlaah tanaman yang bersifat pereda rasa sakit, antibakteri, astringent, anti-peradangan, dan agen koagulasi kulit. Lidah buaya bisa mengurangi bekal luka sekaligus merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru. Lidah buaya menjadi obat jerawat yang efektif dan alami karena adanya kandungan vitamin, protein, enzim dan mineral yang baik untuk kulit dan penyembuhan luka. Asam amino juga berperan meningkatkan system imun tubuh yang juga bisa melindungi jaringan kulit.

Cara Memakai Lidah Buaya Untuk Mengobati Jerawat

Cara kerja lidah buaya dalam mengobati jerawat

Kandungan hormon giberelin dan polisakarida pada lidah buaya bertindak sebagai anti bakteri pembunuh bakteri jerawat. Zat alami ini membantu juga menghilangkan minyak, kotoran dan sel kulit mati penyebab pori-pori tersumbat dan akhirnya menyebabkan infeksi bakteri. Lidah buaya akan membantu merangsang pertumbuhan sel kulit rusak, menyembuhkannya dengan cepat dan mencegah bekas luka akibat jerawat.

Sementara itu, anti peradangan lidah buaya bisa mengurangi efek kemerahan akibat peradangan serta nyeri yang berkaitan dengan jerawat. Sifat lidah buaya adalah penenang alami yang meredakan nyeri akibat infeksi jerawat. Caranya dengan masuk kedalam lapisan kulit terdalam dan akhirnya menahan rasa nyeri dan peradangan. Lidah buaya akan membantu menguragi luka karena gelnya mengandung antioksidan, ditambah dengan zinc, vitamin C dan E untuk proses penyembuhan luka jerawat dengan cepat.

 Cara menggunakan lidah buaya untuk mengobati jerawat

Cara Memakai Lidah Buaya Untuk Mengobati Jerawat

  • Lidah buaya segar

Pertama ambilah daun lidah buaya yang baru, buka kulit nya dan tekan agar gelnya keluar. Oleskan langsung gel lidah buaya pada kulit yang berjerawat atau yang terinfeksi akibat jerawat. Ulangi proses ini dua kali sehari atau selama seminggu hingga jerawat benar-benar hilang.

Cara Memakai Lidah Buaya Untuk Mengobati Jerawat

  • Dicampur dengan lemon

Cara pengobatan lain dengan mencapur sari air lemon. Caranya ambil lidah buaya dan keluarkan gelnya. Hancurkan atau haluskan gel bisa dengan blender. Tambah beberapa tetes air lemon atau jeruk nipis, aduk dan simpan dulu dalam kulkas. Selanjutnya oles lotion lidah buaya pada wajah setiap malam menjelang tidur. Diamkan semalaman dan pagi harinya bersihkan dengan air. Lakukan proses yang sama hingga jerawat benar-benar hilang.

Cara Memakai Lidah Buaya Untuk Mengobati Jerawat

  • Lidah buaya dicampur madu dan kunyit

Campuran berikutnya dengan madu dan kunyit bisa cepat menyembuhkan iritasi akibat jerawat. Caranya ambil gel lidah buaya segar dan tambah sedikit kunyi dan madu. Tambah pula susu dan beberapa tetea air mawar. Campur hingga menjadi lotion dan gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 15-20 menit lalu bersihkan dengan air. Lakukan proses yang sama secara teratur setiap hari.

Cara Memakai Lidah Buaya Untuk Mengobati Jerawat2

  • Masker wajah lidah buaya

Pengobatan dengan lidah buaya yang terakhir yakni dengan menjadikan masker untuk wajah. Pertama ambilah daun lidah buaya pilihan yang masih segar. Letakkan daun lidah buaya kedalam wadah dan masukkan air. Panaskan hingga mendidih selama beberapa menit. Setelah itu angkat dan haluskan. Selanjutnya masukkan madu dan campur hingga menjadi lotion. Gunakan lotion sebagai masker wajah dengan mengusapkannya secara lebut dan merata. Diamkan kering selama 20 menit lalu bersihkan dengan air dingin. Untuh hasil maksimal, ulangi beberapa kali secara teratur sampai jerawat benar-benar hilang.

Tips memilih lidah buaya yang baik untuk perwatan jerawat

Agar manfaat lidah buaya untuk mengatasi masalah jerawat bisa beruna maka sebaiknya pilih lidah buaya yang masih segar. Lidah buaya yang diambil langsung dari daunnya masih memiliki kandungan bahan alami yang kualitasnya masih terjaga sehingga lebih efektif untuk mengobati jerawat dan gangguan peradangan. Jenis lidah buaya yang segar, tidak kisut dan masih memiliki lender bisa membantu meredakan iritasi kulit dan toxsin berbahaya. Jika ingin menjadikan masker, ambil gel nya saja dan campurkan dengan beberapa bahan lain yang dibutuhkan.

Sementara untuk cara lain bisa menggunakan jus lidah buaya untuk membantu mengatasi jerawat dari dalam kulit. Jerawat bisa juga terjadi dari dalam kulit akibat masalah dalam tubuh, sehingga perawatan dari dalam dinilai lebih efektif dan cepat. Jus lidah buaya bisa membantu menghilangkan penyumbatan pada pori-pori, mengurangi peradangan, mencegah munculnya infeksi dan jerawat baru serta membersihkan darah kotor. Gunakan jus lidah baya yang direkomendasikan adalah sehari satu kali minum. Selain bermanfaat untuk kulit berjerawat, jus lidah buaya memiliki banyak manfaat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan pencegah kanker, diabetes tipe 2, dan masih banyak lainnya.

Itu tadi beberapa khasiat penting yang bisa didapat dari lidah buaya. Selain bisa dijadikan masker, lidah buaya juga bisa dibuat jus segar untuk atasi jerawat loh. Supaya lebih aman lagi, bisa berkonsultasi dengan dokter tentang perawatan bagaimana yang aman meski menggunakan perawatan alami. Anda tertaik, silahkan coba.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top