Tips dan Trik

Cara Makan Secara Intuitif

Cara Makan Secara IntuitifCara makan secara intuitif perlu dilakukan agar bisa mengontrol jumlah makan yang dikonsumsi, sehingga tidak akan memberikan pengaruh terhadap kenaikan berat badan secara drastis. Untuk bisa melakukan pola makan secara intuitif, kita harus bisa berhenti untuk terobsesi pada suatu makanan dan berjanji untuk menjaga pola makanan dengan diet. Makanan yang dikonsumsi, apa pun itu tetap harus dibatasi, karena jika dikonsumsi berlebihan maka akan memberikan dampak buruk dalam meningkatkan kemungkinan obesitas yang menjadi pemicu munculnya beberapa jenis penyakit. Kita harus membatasi jumlah makanan yang dimakan, agar lebih menjaga asupan kalori sesuai kebutuhan kita.  Oleh karena itu, penting sekali untuk belajar memahami kapan waktu lapar dan waktu kenyang.

sponsor: cream perawatan wajah.

Terkadang kita mungkin pernah merasakan merasa sangat menyesal atas apa yang telah dimakan secara berlebihan, meskipun kita sadar bahwa mengkonsumsi sesuatu secara berlebih itu akan memberikan dampak buruk terhadap berat badan. Untuk itulah maka cara makan secara intuitif harus mulai dilakukan agar menjalani cara hidup yang lebih sehat dan lebih baik bagi penampilan.

Kategori beberapa orang yang tidak makan secara intuitif antara lain:

  1. Careful eaters

Yang disebut sebagai cereful eaters adalah mereka yang begitu sangat memperhatikan makanan yang akan masuk ke dalam mulutnya. Orang tersebut kurang begitu fleksibel kepada jadwal diet yang mereka lakukan.

  1. Professional dieters

Bagi seorang professional diets, diet atau membatasi asupan makanan yang masuk adalah suatu kebutuhan. Mereka justru suka menjalani program diet, dan akan berusaha untuk memikirkan tentang program diet berikutnya meskipun saat mereka beristirahat dari diet yang telah dijalankan sebelumnya.

  1. Unconscious eaters

Pada orang yang yang termasuk dalam unconscious eaters, mereka akan seringkali kehilangan kesadaran ketika makan. Tidak sadar ketika makan ini maksudnya mereka akan lupa terhadap kebutuhan asupan makanan dan tentu saja melupakan perhitungan asupan kalori yang nanti diserap oleh tubuhnya. Bahkan ketika merasa kenyang pun, mereka akan tetap makan. kondis unconscious ini bisa disebabkan oleh stres dan emosi yang tidak stabil.

Makan secara intuitif pada dasarnya merupakan suatu cara makan yang menggabungkan antara pengalaman makan dan menikmati makan. Makan secara intuitif lebih menghindari makan karena alasan emosi, sehingga lebih mengutamakan makan memang karena lapar. Berikut adalah kita dan cara yang bisa dilakukan saat mempraktikkan makan secara intuitif:

  1. Meskipun diet memang baik, tapi tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Jika memang perlu, kesampingkan dahulu mental diet yang dimiliki
  2. Memberikan penghormatan terhadap rasa lapar. Hal ini dilakukan agar tidak memicu makan yang terlalu berlebihan.
  3. Biarkan diri sendiri untuk menikmati makan. nikmatilah makanan yang sedang disantap, benar-benar rasakan aroma dan rasanya. Jadi makan tidak terlalu cepat, dan kunyahlah makanan dengan baik.
  4. Penting sekali untuk belajar mengenali tanda atau sinyal tubuh ketika berada dalam keadaan kenyang. Jika sudah kenyang, stop makan.
  5. Belajar dalam mengenali faktor kepuasan dari makan.
  6. Tidak menggunakan makanan sebagai alat pelarian dalam mengendalikan emosi.
  7. Menerima keadaan tubuh apa adanya dan memulai memastikan target berat tubuh yang nanti dicapai secara realistis.
  8. Lakukan aktivitas yang menyengkan tanpa harus makan.
  9. Memilih makanan yang baik sekaligus bisa dinikmati demi kesehatan tubuh.
0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top