Motivation

Cara Lulus Tes Medical Check Up Saat Melamar Kerja

Cara Lulus Tes Medical Check Up

Saat masa tes kerja salah satu tugas yang harus dilakukan oleh para pelamar kerja adalah tes kesehatan. Meskipun sebaigian besar pelamar kerja lulus di tes ujian tulis dan tes wawancara, justru pada saat ujian medical check up banyak pelamar kerja yang gagal karena tes kesehatan ini.  Alasannya sudah pasti kondisi kesehatan yang tidak sesuai kriteria. Bagi yang melamar pekerjaan pada perusahaan besar atau instansi pemerintah, tes kesehatan adalah rankaian ujian yang wajib ada. Maka dari itu, ada baiknya para pelamar kerja harus tahu bagaimana melakukan tips tes kesehatan atau cara lulus medical chek up sehingga menjadi peluang besar Anda diterima kerja.

Sponsor: pemutih wajah

Karena menjadi salah satu syarat mutlak bagi perusahaan mengharuskan ada tes kesehatan agar mengetahui kesehatan para pekerjannya. Jika karyawannya memiliki riwayat sakit tertentu atau memiliki kesehatan yang kurang baik tentu mereka akan menolaknya bekerja. Tes kesehatan medical check up adalah rangkaian tes sesorang pelamar kerja yang bertujuan untuk memastikan bahwa calon karyawannya benar-benar sehat jasmani. Berikut ini persiapan dan cara agar tes kesehatan bisa lulus.

1. Persiapan sebelum tes kesehatan

Ada baiknya Anda mengetahui apa yang harus dilakukan sebelum tes kesehatan medical chek up dimulai. Maka persiapkan hal agar lulus yaitu; bila Anda seorang perokok upayakan untuk tidak merokok selama 2-3 hari sebelum tes kesehatan. Kemudian lakukan olahraga rutin di pagi hari sambil menghirup udara segar. Jangan lupa istirahat dan tidur cukup sambil hindari kebiasaan begadang. Usahakan tidak meminum obat apapun sebelum tes kesehatan. Terakhir jangan lupakan asupan makanan dengan perbanyak sayuran, buah, susu dan minum air putih kuranf lebih selama tiga hari.

2. Tes kesehatan tekanan darah

Tes yang harus pertama kali dilakukan sebelum medical chek up yaitu tes tekanan darah. Anda bisa melakukan tes terkanan darah di puskesmas atau klinik apotik untuk mendapatkan hasil tesnya. Agar tes ini sukses, pastikan tekanan darah Anda berada di angka normal yaitu antara 80-120. Agar tekanan darah normal, bisa disiasati dengan istirahat atau tidur tepat waktu dan hindari begadang. Anda juga bisa memperbanyak minum air dan susu. Hindari makanan pemicu kolesterol dan darah tinggi.

3. Tes kesehatan paru-paru

Bagi Anda yang perokok, sangat penting untuk menjaga kesehatan paru-paru. Karena bagi penyuka rokok, maka dapat menyebabkan kesehatan paru-paru terganggu. Beberapa sumber menyebutkan bahwa untuk dapat mensiasati yaitu dengan makan kecap 2-3 sachet satu jam sebelum interview. Mengkonsumsi kecap berguna untuk menutup rongga paru yang terbuka saat tes ronsen. Cara lainnya yaitu dengan meminum air bersoda yang dicampur dengan susu. Minum setiap hari selama seminggu minimal 2 gelas sehari. Untuk memilih minuman sebaiknya pilih minunan bersoda biasa bukan yang berwarna atau berasa manis.

4. Tes kesehatan urin

Rangkaian medical check up umumnya menyertakan tes urin. Gunanya agar mengetahui apakan Anda tergolong orang yang sehat atau sedang mengkonsumsi minuman atau obat-obatan. Tes melalui urin berguna untuk mengetahui berapa banyak kandungan zat yang ada dalam urin. Ter ini juga bermanfaat agar pelamar kerja benar-benar terbebas dari narkoba. Untuk mengakalinya, sebaiknya minum air putih sebelum tes medical check up. Anda juga harus menghindari minum obat-obatan. Karena jika urin keruh, tandanya Anda kurang sehat.

5. Tes kesehatan mata

Untuk kali ini tes kesehatan mata juga menjadia rangkaian terpenting medical chek up. Sementara bagi penderita mata minus, tes ini sangat sulit dihadapi. Tes kesehatan mata berguna untuk mengetahui sejauh mana kemampuan mata untuk melihat objek atau huruf dan kejeliannya. Untuk dapat menyiasati maka maka Anda bisa gunakan lensa kontak. Jika Anda tak sempat menggunakan lensa kontak, bisa dengan menghafalkan huruf-hurufnya sebelum tes. Tetapi cara ini dianggap kurang efektif sebab jika mata minus pasti akan mempengaruhi pandangan sehingga para penguji juga akan tahu. Jadi paling aman, gunakan lensa kontak yang bening atau tak berwarna.

6. Tes warna

Jika Anda memiliki masalah pada warna maka bersiap siaplah untuk tidak mendapatkan tes kemampuan ini. Tetapi hal tersebut cukup mustahil, sebab tes buta warna adalah salah satu tes paling favorit dan sering dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Anda menganalisa warna. Jika Anda melamar pekerjaan pada bidang arsitek atau gambar sudah pasti tes ini akan sangat menentukan kelulusan. Meskipun Anda ingin lulus di tes ini tetapi tidak bisa membaca warna, akan cukup sulit sebab tes ini tidak bisa diakali.

7. Tes kesehatan gigi

Tes yang masuk dalam rangkaian medical chek up selanjutnya adalah tes kesehatan gigi. Bagi calon karyawan, sudah menjadi hal wajib menjaga kesegaran dan kesehatan mulut dan gigi. Terutama bagi Anda yang ingin bekerja sebagai publik relation. Sebelum Anda benar-benar mendapatkan tes ini, ada baiknya periksa gigi terlebih dahulu pada dokter gigi untuk mendapat perawatan jika gigi Anda sudah terindikasi mengalami masalah. Jika Ada gigi yang berlubang, maka segeralah ditambal atau jika ada gigi yang berplank maka bersihkan dengan segera.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top