Travelling

Cara Kreatif Hindari Dehidrasi Di Alam Liar

Cara Kreatif Hindari Dehidrasi di Alam Liar

Berpetualang di alam liar atau di hutan merupakan sesuatu hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan karena dapat melatih keberanian dalam diri sendiri. Ketika berada di alam liar berbagai kemungkinan rintangan akan di hadapi seperti ancaman bianatang liar dan resiko memgalami dehidrasi karena kurangnya perbekalan serta minimnya konsumsi air. Dehidrasi atau kekurangan cairan sangatlah membahayakan karena dapat membuat kondisi kesehatan serta kekuatan tubuh menjadi menurun secara drastis. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh para survivor untuk menghindari dehidrasi pada saat berada di alam liar. Cara kreatif hindari dehidrasi di alam liardiantaranya;

Sponsor: perawatan wajah

Cara Kreatif Hindari Dehidrasi Di Alam Liar

  • Menghindari Kegiatan Tidak Penting Yang Dapat Menyebabkan Berkeringat

Salah satu cara menghindari dehidrasi di alam liar adalah dengan menghindar dari kegiatan tidak penting yang dapat menyebabkan berkeringat dan merasa kehausan. Ada baiknya Anda menghindari kegiatan-kegiatan yang tidak penting dan bersifat permainan seperti berlari-larian atau kegiatan lain yang tidak bermanfaat untuk menghindari dari resiko tubuh banyak mengeluarkan keringat. Karena ketika tubuh mengeluarkan banyak keringat hal ini menandakan bahwa tubuh melepaskan banyak cairan sehingga resiko mengalami dehidrasi atau merasa kehausan sangatlah besar. Untuk itu agar terhindar dari resiko mengalami dehidrasi ada baiknya Anda menghindari hal tersebut.

Cara Kreatif Hindari Dehidrasi di Alam Liar

  • Mengumpulkan Air Sedikit Demi Sedikit

Cara kreatif berikutnya untuk menghindari dehidrasi di alam liar adalah dengan mengumpulkan air sedikit demi sedikit. Ketika sedang berada di alam liar Anda tidak akan mudah untuk mendapatkan sumber air karena alam liar tersebut sangatlah asing bagi Anda. Karena sangat sulit untuk mendapatkan sumber air langkah yang paling tepat agar Anda terhindar dari dehidrasi adalah dengan mengumpulkan air sedikit demi sedikit. Di alam liar air dapat diperoleh melalui embun pada dedaunan atau dari tanaman yang banyak mengandung air. Untuk itu ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu tentang bagaimana mendapatkan air sebelum Anda berniat untuk berpetualang di alam liar.

  • Proses Purifikasi Air

Langkah selanjutnya untuk mendapatkan sumber air dan menghindar dari resiko dehodrasi adalah dengan melakukan proses purifikasi air. Proses ini adalah tentang bagaimana cara Anda untuk mendapatkan air yang layak untuk dikonsumsi dari sungai, rawa, atau sumber air lainnya. Anda dapat merebusnya atau menyulingnya terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi air dari sumber yang belum jelas aman atau tidak untuk dikonsumsi. Pastikan Anda membawa peralatan seperti kaleng ataupun kain sebagai alat untuk menyuling dan memurnikan air yang akan dikonsumsi di alam liar.

  • Makanan Yang Banyak Mengandung Air

Selain dengan mencari sumber air cara untuk terhindar dari dehidrasi adalah dengan mencari dan mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air. Ada kemungkinan di alam liar terdapat beberapa jenis buah yang banyak mengandung air seperti jambu air, mangga, atau belimbing. Akan tetapi lebih baik Anda membawa sendiri buah-buahan tersebut sebagai bekal dari rumah karena untuk berjaga-jaga jika sulit menemukan buah-buahan di alam liar.

  • Meminum Air Dari Lelehan Salju

Ketika berada di alam liar yang mempunyai suhu yang sangat ekstrim terkadang akan memunculkan salju atau es pada embun atau air. Cara paling mudah untuk mendapatkan air adalah dengan melelehkan salju atau es tersebut sehingga berubah menjadi air yang siap untuk Anda konsumsi. Apabila Anda tidak menemukan cahaya matahari untuk melelehkan salju bisa dengan menyalakan api terlebih dahulu lalu segera merebusnya. Namun jika Anda tak menemukan sedikitpun salju, mustahil di negeri kita ada salju bukan? Cara ini akan berlaku jika Anda sedang traveling, mendaki atau tersesat saat pergi di luar negeri.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top