Rambut ku

Cara Keramas Rambut Yang Baik Dan Benar

Cara Keramas Rambut Yang Baik Dan Benar

Cara keramas rambut yang baik dan benar adalah suatu hal yang harus Anda perhatikan. Mungkin Anda berpikir bahwa keramas adalah perkara mudah dan semua orang bisa melakukannya. Namun ketika Anda keramas dengan cara yang kurang tepat seperti dengan air panas atau terlalu lama, maka hal tersebut dapat merusak rambut Anda.

sponsor: kezia skin expert.

Keramas atau mencuci rambut yang baik tidak hanya dapat membersihkan rambut, namun juga cara terbaik untuk relaksasi agar Anda dapat lebih rileks sepanjang hari. Untuk mendapatkan rambut yang kuat, halus, dan bersih cobalah tips dan cara keramas rambut yang baik dan benar seperti di bawah ini:

  1. Gunakan minyak rambut

Langkah pertama sebelum Anda mulai keramas adalah memberikan minyak pada rambut Anda. Hal ini sangat penting untuk menjaga kekuatan rambut yang terkadang kehilangan minyak esensial alaminya. Anda dapat mencoba minyak kelapa atau zaitun untuk memberi minyak pada rambut Anda.

  1. Sikat rambut Anda

Untuk meningkatkan sirkulasi darah, membuka pori-pori, dan mengurangi penumpukan minyak pada rambut, sikatlah rambut Anda dengan lembut sebelum mandi. Selain itu, hal ini juga akan membantu Anda agar dapat lebih mudah saat membersihkan rambut.

  1. Bilas rambut sebelum keramas

Rambut Anda perlu persiapan sebelum keramas. Untuk itu, bilaslah rambut Anda menggunakan air hangat jangan terlalu panas karena dapat membuat rambut Anda menjadi kering. Hal ini penting dilakukan, karena dengan membilas rambut dengan air hangat mampu mendorong pori-pori pada kulit kepala agar lebih terbuka, mengurai penumpukan kotoran dan minyak pada rambut Anda. Sehingga sampo atau kondisioner dapat lebih mudah diserap oleh rambut nantinya.

  1. Sampo rambut hingga ke akarnya

Salah satu cara keramas rambut yang baik dan benar adalah tidak menggunakan sampo secara berlebihan. Tentukan jumlah sampo di tangan Anda gunakan secukupnya. Kemudian, oleskan sampo pada rambut secara merata sambil memijat ramput hingga ke akarnya. Hindari gerakan yang terlalu kasar atau terlalu menekan rambut karena dapat melemahkan rambut Anda. Saat membilas rambut jangan lupakan daerah belakang terutama bagian tengkuk leher.

  1. Peras rambut Anda

Setelah selesai keramas Anda dapat menghilangkan air yang masih menempel pada rambut dengan memerasnya. Anda dapat menggunakan handuk atau jari tangan untuk melakukannya. Yang perlu diingat adalah jangan melakukannya secara kasar.

  1. Kondisioner itu penting

Anda perlu mengambil sedikit waktu untuk memberi kesempatan pada kondisioner agar bekerja dengan baik. Siapkan kondisioner secukupnya lalu oleskan pada rambut Anda secara merata hingga ujung rambut. Biarkan selama 2 hingga 4 menit kemudian bilas hingga bersih.

Pastikan agar Anda membilas kondisioner hingga benar-benar bersih. Hal ini penting, karena setiap kondisioner yang masih menempel pada rambut dapat menyebabkan penumpukan minyak sehingga kesehatan rambut Anda dapat terganggu.

  1. Pertimbangkan penggunaan deep conditioner

Jika rambut Anda sedikit sulit untuk diatur, kusut, dan kering, maka Anda dapat mencoba deep conditioner. Ini adalah sebuah kondisioner dengan kandungan yang lebih kuat daripada kondisioner biasa. Dengan menggunakan deep conditioner, maka rambut Anda akan ternutrisi dan lebih sehat sepanjang hari.

  1. Gunakan air dingin

Untuk bilasan terakhir Anda sebaiknya menggunakan air dingin. Air hangat digunakan saat Anda akan keramas yang bertujuan membuka pori-pori. Sedangkan air dingin digunakan pada bilasan terakhir yang bertujuan untuk menutup pori-pori, meningkatkan kinerja kondisioner, dan menjaga minyak alami pada rambut Anda agar tetap seimbang.

  1. Pengeringan rambut

Ini mungkin sering terlupakan, namun setelah keramas pastikan Anda mengeringkan rambut dengan benar. Anda dapat menguranginya dan menunggu hingga kering, atau membungkusnya dengan handuk dan biarkan selama beberapa menit. Jangan pernah menggosok rambut menggunakan handuk, karena hal ini dapat melemahkan rambut Anda.

  1. Pilihlah sampo yang tepat

Ini sangat mendasar namun sering terlupakan. Langkah terpenting untuk keramas atau mencuci rambut adalah dengan menggunakan sampo yang tepat. Semuanya tergantung dari jenis rambut yang Anda miliki.

Bagi kebanyakan orang semua jenis sampo akan bekerja dengan baik. Namun ada beberapa hal seperti rambut yang kering maka harus menggunakan sampo yang lembut. Sebaliknya, jika Anda memiliki rambut yang halus maka pilihlah sampo yang mengandung protein.

Cara keramas yang baik dan benar seperti di atas perlu Anda terapkan untuk menjaga, meningkatkan, dan memelihara agar rambut tetap cantik dan sehat. Semoga bermanfaat.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top