Tips & Trik Parent

Cara Jitu Mengajari Anak Untuk Berpuasa

Bulan Ramadhan yang sebentar lagi datang tentu menjadi sebuah hal yang menyenangkan bagi kaum Muslim di seluruh dunia. Ya, kita tentu tahu bahwa bulan Ramadhan adalah bulan suci dan bulan istimewa yang di dalamnya terdapat banyak sekali pahala bagi yang mengimaninya. Saat bulan Ramadhan, kita akan diwajibkan untuk berpuasa menahan hawa nafsu dan makan minum sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Bagi orang dewasa, tentu hal ini sudah biasa di lakukan. Namun, bagaimana dengan anak-anak? Ya, jika Anda memiliki anak kecil, mengajari anak Anda berpuasa sejak dini tentu merupakan hal yang bermanfaat untuk membangun kesadaran pada anak akan pentingnya puasa. Anak yang terbiasa sejak dini berpuasa tentu saja akan lebih mudah melakukannya saat dewasa kelak. Namun, tentu saja sebagai orang tua, Anda harus sabar dan mengajari anak Anda untuk berpuasa. Berikut ada beberapa cara jitu mengajari anak untuk berpuasa yang bisa Anda lakukan di rumah. Bagaimana sajakah caranya? Simak beberapa ulasan berikut ini.

Cara Jitu Mengajari Anak Untuk Berpuasa.2

Sponsor : cream perawatan wajah

  1. Berikan pemahaman terkait puasa

Hal paling pertama yang harus Anda lakukan untuk mengajari anak Anda berpuasa adalah dengan memberikan pemahaman terkait apa itu puasa. Hal ini adalah salah satu fase paling penting yang harus Anda lakukan. Pemahaman terkait pentingnya puasa Ramadhan untuk dilakukan akan membangkitkan kesadaran anak Anda untuk melakukan puasa sebagaimana diajarkan. Dengan pemahaman yang ia miliki, anak Anda tentu juga akan merasa bahwa ia menjalani puasa bukan semata-mata karena Anda suruh, tetapi karena adanya perintah agama yang luhur untuk dijalankan oleh setiap umat. Dalam memberikan pemahaman terkait makna puasa pada anak, hindari sikap memaksa dan menekan anak. Berikan pemahaman perlahan pada anak Anda sesuai dengan umur mereka.

  1. Buat menu favorite untuk sahur dan buka

Setelah anak mulai memahami pentingnya menjalani puasa Ramadhan, maka hal selanjutnya yang dapat menjadi cara jitu bagi Anda untuk mengajari anak Anda berpuasa Ramadhan adalah dengan membuat menu favoritnya untuk buka dan sahur. Ya, dengan membuat menu favorite dari anak Anda, tentu saja anak Anda akan bersemangat untuk menyantap sahur dan berbuka puasa. Nah, pada hari-hari awal di bulan Ramadhan, cobalah rangsang anak Anda untuk selalu berpuasa dengan menghidangkan hidangan yang ia sukai. Jika perlu, tanyai anak Anda tentang menu apa yang ia inginkan untuk sahur dan berbuka puasa. Hal ini cukup efektif untuk membangun kepercayaan diri dan semangatnya dalam menjalani puasa Ramadhan bersaama anda.

  1. Menjauhkan berbagai macam godaan puasa

Anak yang baru pertama kali berpuasa tentu akan mencari celah untuk menyantap makanan jika Anda tidak mengawasinya. Nah, hal ini mungkin saja terjadi karena anak kita belum tahan untuk menahan lapar sehingga melakukan hal-hal yang tidak terduga. Oleh karena itu, salah satu cara jitu yang dapat Anda lakukan untuk mengajarkan anak Anda berpuasa di bulan Ramadhan adalah dengan menjauhkan godaan darinya. Jika Anda menyimpan es krim di lemari es, wafer kesukaan di dapur, atau makanan lainnya, sebaiknya Anda menyembunyikannya terlebih dahulu atau menempatkannya di tempat yang tidak terjangkau oleh anak Anda. Hal ini penting untuk menghindarkan anak Anda memakan makanan tadi sebelum waktu berbuka tiba.

  1. Mengajaknya beraktivitas di waktu puasa

Saat berpuasa, terutama di siang hari, tentu rasa lapar akan semakin terasa dan biasanya anak Anda akan protes pada anda. Nah, tentu saja Anda harus bersabar dalam menghadapi hal ini dan tetaplah pada tujuan Anda untuk mengajari anak Anda berpuasa di bulan Ramadhan dengan tertib. Lantas, bagaimana caranya agar anak Anda tidak mengeluh? Salah satu cara yang paling efektif adalah mengajaknya untuk beraktivitas. Di sini, Anda bisa melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan, seperti menggambar bersama, bermain di luar rumah, atau lainnya. Selain itu, saat sore menjelang, Anda bisa mengajak anak Anda menyiapkan menu berbuka puasa bersama. Hal ini tentu saja bisa mengkaburkan rasa lapar yang di rasakan oleh anak Anda dan mereka akan lebih kuat untuk berpuasa.

  1. Memberikan hadiah kepada Anak

Cara terakhir yang cukup efektif untuk mengajari anak Anda berpuasa secara teratur saat bulan Ramadhan adalah dengan memberikannya hadiah. Hadiah bagi anak-anak memang merupakan sesuatu yang sangat menarik. Anda bisa saja membelikannya sepeda baru jika anak Anda berhasil puasa penuh di bulan Ramadhan. Dengan adanya hadiah ini, tentu saja anak Anda akan merasa terpacu untuk berpuasa dengan penuh. Namun, tentu saja Anda juga harus memberikannya pengertian bahwa puasa merupakan Ibadan dan bukan sarana untuk mendapatkan hadiah. Hadiah hanya merupakan pemanis saja. Hal ini bertujuan untuk meniadakan tuntuan hadiah dari anak Anda atas apa yang berhasil ia lakukan.

Beberapa poin di atas tentu dapat menjadi salah satu pertimbangan bagi Anda yang ingin mengajari anak Anda berpuasa di bulan Ramadhan yang tinggal sebentar lagi datang. Mengajari anak Anda untuk berpuasa adalah hal penting untuk mengajarinya ilmu agama sejak dini. Lakukan beberapa ide di atas dengan penuh kesabaran dan ketelatenan demi usaha yang berhasil. Berpuasa dengan anak tentu merupakan hal yang sangat menyenangkan. Semoga membantu.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top