Olahraga

Cara Berolahraga Setelah Bedah Cesar

Cara Berolahraga Setelah Bedah Cesar

Bedah caecar jadi salah satu bedah operasi untuk mempermudah proses kelahiran. Prosedur operasi ini cukup besar artinya butuh  waktu untuk sembuh pasca operasi. Setelah operasi sukses umumnya wanita mengalami penambahan berat badan. Dan untuk mrmbantu menguranginya, mereka lebih memilih olahraga untuk mengembalikan bentuk tubuh.

Sponsor: perawatan wajah terbaik

Sayangnya, wanita yang tengah menjalani bedah caecar belom boleh diijinkan melakukan olahraga sebelum benar-benar pulih. Karena jika terlalu dini melakukan olahraga, bisa-bisa berujung komplikasi dan memperpanjang proses penyembuhan. Lalu seperti apa cara berolahraga yang benar setelah operasi. Berikut penjelasan seputar cara berolahraga setelah bedah cesar.

1. Konsultasi pada dokter

Sebelum melakukan olahraga, ada baiknya berkonsultasi lebih dahulu pada dokter. Hal ini perlu dipatuhi sebab jahitan operasi dapat terganggu jika melakukan olahraga berlebihan. Pastikan juga tubuh dalam keadaan sembuh dan tanyakan kapan waktu yang tepat untuk mulai olahraga. Tunggulah setidaknya enam minggu pasca operasi sebelum memutuskan olahraga. Sebab proses kelahiran dapat menimbulkan trauma pada tubuh musalnya menyebabkan kondisi diastasis recti atau pemisahan otot abdominal akibat pembesaran perut. Tak hanya itu, wanita memiliki kecepatan sembuh yang berbeda bahkan lebih lama dari wanita kebanyakan.

Cara Berolahraga Setelah Bedah Cesar

2. Mulailah dengan latihan ringan

Jika semua kondisi tubuh dirasa fit, mulailai dari latihan sangat ringan. Bagi yang ingin lakukan latihan maraton atau angkat beban sebaiknya benar-benar diperhatikan. Sebab otot bagian pinggul dan inti dipaksa menahan beban selama kehamilan, sehingga mengakibatkan Anda kurang berolahraga. Alahasil, otot-otot tersebut harus difungsikan kembali secara bertahap dan jangan memaksa diri. Pilih latihan kekuatan intesitas rendah dan kardio yang mungkin ingin bisa dilakukan. Atau bila perlu kembali ke rutinitas normal setelah beberapa minggu, dan berangsur-anggsur meningkat intensitasnya. Dan yang terpenting adalah memperlakukan tubuh dengan lembut saat memulai rutinitas olahraga. Minimalkan juga  stres.

3. Mulai tahap olahraga

Pertama yang harus dilakukan adalah pemanasan dan pendinginan selama lima menit. Lakukan seriap akan olahraga. Batasi beberapa sesi latihan pertama masing-masing 10 menit dan sebanyak 3 kali per minggu. Jangan lupa banyak minum air, gunakan bra suportif dan hentikan olahraga secepatnya jika memasakan sakit dan kelelahan.

Cara Berolahraga Setelah Bedah Cesar

4. Mengencangkan Otot (bridge exercise)

Anda bisa mulai latihan bridge exercise untuk menguatkan pinggul secara ringan. Cara melakukan yaitu dengan berbaring terlentang dengan kaki diregangkan dan lutut ditekuk sekitar 45 derajat. Mulai kencangkan otot perut bawah saat mengangkat pinggul. Naikkan pinggul sampai membentuk garis lurus dan tahan selama beberapa detik. Perlahan turunkan pinggul dan lakukan sebanyak 3 set dengan 10 kali repetisi.

5. Cobalah Kegel untuk menguatkan otot dasar panggul (pelvic)

Latihan kegel sangat baik untuk menguatkan otot-otot dasar panggul. Untuk melakukan penting bagi Anda menjaga keseimbangan dan kestabilan. Cara gunakan latihan yaitu mulai dengan mencari otot dasar panggul. Pusatkan konsentrasi dengan tujuan untuk mengencangkan otot dasar panggul secara perlahan. Latihan bisa dilakukan pada posisi apa saja bahkan saat duduk. Mulai dengan menagan otot yang dikencangkan selama 5 detik, perlahan dan lepaskan kembali otot.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top