Info Kedokteran

Cara Aman Untuk Mempercepat Datangnya Haid

Cara Aman Untuk Mempercepat Datangnya Haid

Haid yang tidak lancar bagi sebagian besar wanita dapat menimbulkan masalah kesehatan misalnya capek, lemas dan pusing. Ketidak teraturan siklus haid bisa memang menjadi masalah biasa yang dialami banyak wanita. Bahkan siklus haid yang tak teratur hingga berbulan-bulan juga bisa menjadi indikasi penyakit serius. Berbagai cara pengobatan pun dilakukan untuk mengembalikan siklus haid jadi normal. Berikut cara aman untuk mempercepat datangnya haid yang bisa dilakukan dirumah.

Sponsor: cream perawatan wajah

1. Tes hormon ke dokter 

Cara agar Anda bisa memahami mengapa haid tidak berjalan normal adalah dengan menanyakan langsung pada dokter ahli. Namun ada juga yang mempercayai bahwa mengkonsumis vitamin C dosis tinggi bisa mempercepat datangnya haid. Apa kah benar? Mitos ini sempat marak yang menyebut bahwa vitamin C dosis tinggi dalam jangka panjang bisa meningkatkan kadar hormon estrogen dan progresteron. Sayangnya, tak ada penelitian seperti itu justru menurut dr. Molly O’Shea, vitamin C dosis tinggi yang diminum dalam waktu lama bisa membuat hormon jadi kebal yang akibatnya membuat sistem reproduksi tan mampu merasakan efek, membahayakan kesehatan seperti diare, muntah, mual, kram perut, maag, kencing batu dan bukan saran terbaik untuk mempercepat datangnya haid pada wanita. Begitu juga dengan tes hormon, biasanya dokter akan mengecek dan memberikan obat perangsang hormon misalnya medroxyprogesterone yang sifat kimianya mirip hormon progreterone. Tetapi obat perangsang umumnya diberikan pada penderita gangguan siklus haid seperti amenore atau endometriosis.

2. Mengurangi stres

Cara ampuh mempercepat siklus haid adalah mencegah munculnya stress berlebih, sebab bisa mempengaruhi bahkan mengacaukan siklus haid. Stress bisa mengganggu sistem hormon yang tengah bekerja dari otak melalui darah. Pada saat stress, maka hormon stress akan menekan ungsi normal dari hipotalamus yang bisa mempengaruhi fungsi kelenjar tubuh terutama kelenjar yang berperan mengatur siklus haid. Beberapa hal seputra stress yang bisa membuat siklus menstruasi tak normal seperti Amone sekunder yang siklusnya terjadi selama 3-6 siklus yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon kronis. Kemudian ada terlambat datang bulan akibat stress, siklus panjang akibat efek perubahan hormonal, disfungsi ovarium yang terjadi pada proses ovulasi dan masalah reproduksi akibat stress sehingga mengakibatkan otak menghentikan produksi hormon, pendarahan yang tidak normal, dan munculnya gejala pramenstruasi yang umum dialami wanita. Sementara untuk mengurangi tingkat kecemasan dan stress akan membantu siklus haid lebih cepat dan teratur. Cara sederhana menghindari stress seperti mengurangi kerja lembur, liburan atau refresing, meditasi atau mencoba habiskan waktu bersama orang tercinta yang bisa menghibur suasana hati dan pikiran Anda.

3. Menjaga berat badan ideal

Kemudian diwajibkan wanita untuk selalu dan rajin menjaga berat badan agar kesehatan reproduksi dapat terjaga. Berat badan yang berlebihan bisa mempengaruhi siklus ovulasi sehingga membuat haid tak kunjung tiba, Perhatikan berat badan ideal dengan menjaga asupan makan, hindari lemak tras dan lakukan latihan fisik seperti olahraga untuk menunjang tubuh ideal. Lebih utama lakukan olahraga secara teratur setipa hari atau minimal 3 kali dalam seminggu.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top