Tips dan Trik

Cara Aman Menggunakan Make Up

Berbagai peralatan make up seperti maskara, eyeshadow, dan eyeliner memang dapat membuat mata Anda terlihat lebih cantik. Namun, Anda harus berhati-hati ketika menggunakannya karena make up ini dapat membahayakan mata Anda. Berikut cara aman menggunakan make up yang dapat Anda terapakan.

Cara Aman Menggunakan Make Up

sponsor: perawatan wajah terbaik.

Cara Aman Menggunakan Make Up Dengan Tepat

Sebenarnya, semua peralatan kosmetik dapat Anda gunakan asalkan dengan cara yang benar tepat. Namun kosmetik yang telah lama digunakan, terkadang dapat menyebabkan bakteri dan jamur tumbuh pada kemasan dan perlatan kosmetik tersebut. Jika Anda tidak membersihkan riasan wajah secara teratur, maka bakteri yang ada pada alat rias tadi akan berpindah ke mata Anda dan dapat membahayakan.

Agar mata Anda dapat tampil cantik dan tetap sehat, berikut terdapat beberapa tips dan cara aman menggunakan make up dengan benar:

  • Selalu mencuci tangan sebelum menggunakan peralatan make up, terutama untuk riasan mata.
  • Jika mata Anda sedang mengalami kemerahan, infeksi, atau iritasi, maka hentikan dulu pemakaian riasan mata untuk sementara waktu.
  • Hindari eyeliner yang mengandung khol, karena biasanya khol pada eyeliner mengandung kadar timbal yang tinggi.
  • Ketika maskara sudah mengering, jangan membasahinya dengan air. Sebaiknya Anda mengganti maskara jika sudah kering. Walaupun maskara terlihat tidak kering, Anda harus mengganti maskara secara rutin setidaknya setiap 2 hingga 4 bulan. Catatlah tanggal pertama kali pemakainnya, sehingga Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk menggantinya.
  • Pilihlah kosmetik yang jelas dan terbukti aman. Perlatan make up untuk mata seperti eyeshadow terkadang mengandung merkuri. Badan Pengawas Obat-obatan, Makananan, dan Minuman (BPOM) telah menetapkan batas penggunaan 1 ppm pada peralatan make up yang aman.
  • Gunakanlah riasan mata pada bagian luar mata, dan jangan merias mata hingga bagian dalam untuk menghindari terjadinya kontaminasi.
  • Perhatikan kebersihan alat rias seperti spons dan kuas, gantilah secara berkala jika perlu.
  • Siapkan satu alat rias untuk setiap bagian wajah, misalnya Anda telah menyiapkan masing-masing kuas untuk mata, pipi, dan dan leher secara khusus. Hal ini bertujuan agar bakteri tidak menyebar ke seluruh wajah Anda.
  • Jangan menyimpan peralatan make up di suhu yang terlalu panas, misalnya di dalam mobil.
  • Jangan pernah berbagi peralatan make up dengan siapapun, termasuk orang dekat untuk menghindari bakteri.
  • Usahakan untuk menghindari peralatan make up yang berwarna-warni, mengilap, dan mengandung gliter. Make up dengan bahan-bahan tersebut, biasanya dapat menggores dan mengiritasi mata Anda.
  • Jika Anda memakai lensa kontak, maka Anda harus lebih berhati-hati ketika merias mata. Karena, mata dengan lena kontak akan lebih mudah teriritasi.
  • Pastikan Anda membersihkan make up dari wajah dan mata setiap akan tidur malam.

Demikian cara aman menggunakan make up yang harus Anda perhatikan. Selain dengan cara yang tepat dan benar, Anda juga harus memastikan bahwa bahan yang terkandung di dalam make up tersebut telah teruji dan aman digunakan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top