Tips Kesehatan

Cara Alami Mengobati Bronkitis Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Cara Alami Mengobati Bronkitis Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Bronkitis, salah satu penyakit cukup berbahaya yang harus kita hindari sedini mungkin. Penyakit ini adalah salah satu yang paling umum menyerang saluran pernafasan dinama mampu menyebabkan peradangan. Peradangan akan menyerang lapisan saluran bronkial akibat infeksi. Hasilnya, pasien dengan kondisi penyakit bronkitis akan mengalami batuk disertai lendir tebal sehingga terasa nyeri saat batuk.

Sponsor: perawatan wajah

Apa itu penyakit bronkitis, akibat dan gejala?

Berbicara tentang penyakit bronkitis, kurang rasanya jika tidak mengetahu bagaimana cara alami mengobati bronkitis si penyakit yang menyerang paru-paru ini. Bronkitis dapat menyerang anak-anak dan juga orang dewasa, namun anak jauh lebih rentan terhadap penyakit ini. Pasalnya sistem kekebalan anak yang masih lemah membuat bakteru atau virus ini bisa masuk dalam tubuh anak melalui udara, makanan atau lain sebagainya.

Bronkitis yang terjadi pada anak biasanya membuatnya lebih sulit untuk menghirup dan mengeluarkan napas dari paru-paru sehingga membuat jaringan pada paru-paru ter-iritasi dan menghasilkan banyak lendir. Menurut jenisnya, bronkitis dibedakan menjadi dua yaitu bronkitis akut dan kronis. Bronkitis akut biasanya terjadi dalam waktu singkat hanya beberapa minggu namun gejalanya jauh lebih parah sekaligus paling sering menyerang anak-anak. Sementara bronkitis kronis terjadi dalam waktu lama sampai bertahun-tahun, kondisinya bisa dari ringan hingga berat dan sering terjadi pada orang dewasa terutama pecandu rokok.

Bronkitis pada anak sering terjadi akibat infeksi bakteri, alergi, polusi, iritasi dari asap rokok, atau debu. Gejala awal bisa dimulai saat anak mengalami pilek, flu, sakit tenggorokan bahkan sinusitis kronis akibat virus yang telah menyebat ke area bronkus. Jika sudak menyebar maka akan mengakibatkan saluran pernafasan jadi meradang, bengkak, bahkan tersumbat akibat lendir. Gejala paling sering ditemukan pada penderita bronkitis akut yaitu batuk kering hingga batuk berdahak. Selain itu pada anak-anak gejalanya diantaranya hidung meler, lemas badan, sakit kepala, panas dingin, demam, sesak nafas, nyeri dada, mengi dan sakit pada tenggorokan. Gejala tersebut bisa terjadi selma 7-14 hari dan bisa bertahan hingga 3-4 minggu.

Cara Alami Mengobati Bronkitis Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Bagaiman cara pengobatan bronkitis secara alami?

1. Istirahat yang cukup

Menurut ahli, obat segala penyakit yang bisa dilakukan sederhana adalah tidur cukup. Sementara menurut Sleep Journal Foundation yang diterbitkan pada 2015, seseorang memiliki waktu tidur kurang sangat rentan terkena virus flu, daripada mereka yang memiliki waktu tidur cukup. Menurut Amy Rothenberg salah satu dokter di American Association of Naturopathic, pada penderita bronkitis dibutuhkan waktu istirahan cukup agar sistem dalam tubuhnya mampu melawan infeksi virus terutama flu. Karena flu mudah masuk dan menyerang sistem kekebalan tubuh saat ia tidak fit akibat kurang tidur.

2. Minum air putih yang banyak

Seperti banyak disampaikan bahwa air putih adalah terapi baik untuk mengatasi masalah sakit pada pasien. Dan meminum air mineral banyak bisa menjadi obat alami penyakit bronkitis akut. Dengan air putih, tubuh akan terhindar dari dehidrasi dan membantu mengurangi kelebihan lendir pada saluran bronkial yang disertai nyeri. Minum air putih yang banyak bisa menjadi pengganti cairan yang hilang selama peradangan.

3. Makan buah nanas dan minum teh jahe

Siapa sangka ternyata buah nana baik untuk obat alami bronkitis. Selain nanas ada juga jahe yang membantu menghangatkan dan menenangkan selaput lendir ketika sedang meradang. Buah nanas mengandung bromelain yaitu sebuah zat enzim yang efektif mengurangi peradangan dan mampu meredakan gejala batuk berdahak. Sementara jahe berperan memiliki efek menenangkan terutama pada saluran pernafasan yang tengah meradang, sebagai ekspektoran yaitu mengeluarkan zat asing dalam tubuh. Menurut Dr Amy Rothenberg, untuk bisa memanfaatkan ramuan ini buatlah rebusan 2 cangkir gelas jahe hangat setiap hari.

4. Minum campuran madu dan lemon

Madu sudah terkenal sebagai bahan herbal alami sejak zaman dahulu. Madu mengandung zat yang bersifat antibakteri. Untuk mendapat khasiatnya, campur madu dan lemon segar untuk obat alami bronkitis. Air lemon sendiri bertindak sebagai zar pembasmi virus dalam tubuh. Namun perlu diingat bahwa tidak diperbolehkan memberikan ramuan madu dan lemon pada balita usia 1-3 tahun sebab dapat menimbulkan botulisme atau keracunan yang dapat melumpuhkan otot.

5. Penguapan

Sudah sejak lama pula menggunakan metode menghirup uap hangat bisa meredakan gejala flu terutama untuk mengurangi gejala lendir dan mengi pada penderita bronkitis. Cara melakukan metode penguapan yaitu menyiapkan baskom, air panas, dan handuk. Mulai dengan menuangkan air ke dalam baskom dan tambahkan beberapa tetes minya essensial seperti kayu putih atau eukaliptus. Kemudian hadapkan kepala ke atas baskom berisi air lalu tutup kepala dengan handuk. Hirup dalam uap air panas, dan lakukan cara ini sesering mungkin.

6. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat berperan sebagai pereda gejala bronkitis namun bukan untuk mengobati virus atau bukan sebagai anti mikroba bronkitis. Menurut peneliti Jepang yang dilakukan pada 400 relawan melakukan percobaan dengan berkumur dengan larutan antiseptik dan air terungkap bahwa hasilnya terdapat sekitar 36% mengalami pengurangan gejala. Percobaan tersebut dilakukan selama 3 hari.

7. Makan sup ayam hangat

Menurut risert yang dilakukan oleh University of Nebraska mengungkapkan bahwa mengkonsumsi hidangan sup ayam bisa membantu melawan infeksi yang terjadi di saluran pernafasan akibat efek anti inflamasi. Meskipun dari hasil tidak mampu menyembuhkan radang bronkitis, namun setidaknya bisa membantu mengurangi peradangan di saluran bronkial.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top