Rambut ku

Cara Alami Mengatasi Uban

Cara Alami Mengatasi Uban

Uban merupakan rambut yang memiliki pigmen yang berbeda dari pigmen rambut utama yang dominan. Di Asia, rambut orang kebanyakan berwarna hitam. Seiring perjalanan usia, uban merupakan suatu indikator seseorang telah mencapai usia yang menua. Uban identik dengan rambut berwarna putih, dan terkadang menurut beberapa orang akan mengganggu penampilan mereka. Uban secara medis memang sebenarnya tidak mengganggu kesehatan, tapi dengan timbulnya uban lebih awal akan mengurangi rasa percaya diri seseorang. Rambut putih yang tumbuh di antara rambut gelap ini biasanya diatasi dengan cara pewarnaan rambut, baik menggunakan pewarna rambut kimia ataupun menggunakan pewarna alam henna. Sebagai pencegahan dan cara alami mengatasi uban, dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang murah dan tentu saja aman untuk rambut dan kulit kepala.

sponsor: dr rochelle skin expert.

  1. Biji pepaya

Cara pembuatannnya diawali dengan membersihkan biji pepaya dari buahnya. Biji pepaya selanjutnya dicuci dan direndam menggunakan air bersih. Biji pepaya yang telah bersih kemudian di sangrai seperti saat melakukan sangrai kopi atau kacang. Menyangrai dilakukan tanpa minyak, hingga biji tersebut mengering. Tahap berikutnya yaitu menumbuk biji pepaya hingga halus. Serbuk yang sudah dibuat dicampur dengan minyak kelapa dengan takaran dikira-kira secukupnya. Campuran serbuk biji pepaya dan minyak kelapa diaduk hingga merata untuk kemudia dioleskan ke rambut. Rambut ditutup handuk untuk didiamkan kurang lebih 2 jam. Selanjutnya rambut dibersihkan hingga bersih, menggunakan sampho dan air bersih.

  1. Daun sepatu

Daun sepatu memiliki bunga sepatu yang cukup khas. Tanaman ini mempunyai kandungan flavonoid, polifenol dan saponin yang bermanfaat untuk rambut, terutama mengatasi uban. Cara pembutannya dengan menyiapkan daun sepatu secukupnya. Tidak ada takaran pasti yang harus digunakan dalam pembuatan masker rambut ini. daun sepatu dicuci bersih untuk selanjutnya dihaluskan. Bahan ini kemudian ditambah dengan sedikit air, lalu disaring. Air saringan daun sepatu kemudian disimpan dalam botol. Air perasan ini bisa juga ditambahkan bahan lain berupa air perasan jeruk nipis. Rambut kemudian diolesi dengan sari daun sepatu dari akar hingga ujung rambut. Biarkan kira-kira 30 menit, dan diakhiri dengan pembilasan hingga bersih.

  1. Teh

Sebagaimana yang diketahui, teh umum dikonsumsi sebagai bahan minuman. Daun teh diseduh dengan menggunakan air panas seperti biasanya. Seduhan daun teh ini kemudian didiamkan semalaman. Rendaman inilah yang kemudia digunakan untuk membasuh kepala dan rambut secara rutin sebagai solusi alami rambut beruban.

  1. Daun rambutan

Bahan alami yang juga digunakan untuk mengatasi rambut beruban yaitu daun rambutan. Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, daunnya bisa dimanfaatkan pula. Cara pembuatannya sama seperti pada pembuatan menggunakan daun sepatu. Daun rambutan yang telah bersih, dihaluskan, ditambah air, dan disaring untuk diambil sarinya. Air perasan daun rambutan dioleskan mulai dari akar sampai ujung. Diamkan selama sekitar 30 menit. Kemudian bilas sampai bersih.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa dari sejak lama memang digunakan untuk bahan nutrisi rambut. Minyak kelapa dapat digunakan sebagai bahan pencegah dan penghilang uban yang dibuat dengan cara mencampurkan minyak kelapa secukupnya dengan perasan jeruk nipis. Aduk sampai rata dan gunakan untuk mengoles rambut dari akar hingga ujung. Diamkan sekitar 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top