Parenting Info

Cara Agar Anak Terbiasa Makan Sehat

Cara Agar Anak Terbiasa Makan Sehat

Usia anak-anak adalah usia dimana ada masa pertumbuhan badannya seperti otak, tulang atau ototnya nya perlu orang tua perhatikan. Karena masih dalam masa pertumbuhan, mengkonsumsi makanan yang sehat sangatlah diperlukan karena akan mempengaruhi pertumbuhan buah hati agar berjalan dengan maksimal. Akan tetapi para orang tua terkadang merasa kesulitan untuk mengajak serta mengajarkan makan makanan yag sehat dan bergizi kepada buah hatinya. Untuk itu Ada perlu mengetahui cara agar anak terbiasa makan sehat.

Sponsor: produk pemutih wajah

  • Kenalkan Anak Pada Buah dan Sayur

Cara pertama agar anak terbiasa makan makanan yang sehat dan menyehatkan adalah dengan mengenalkan sayur serta buah-buahan kepada anak. Mengenalkan buah-buahan kepada buah hati Anda bukanlah perkara yang susah karena buah-buahan cenderaung mempunyai warna yang menarik serta rasanya yang manis menyegarkan. Akan tetapi berbeda dengan sayuran, anak akan sangat sulit menerima dan memngkonsumsi berbagai jenis sayuran karena rasanya yang kurang sedap. Padahal antara sayur dan buah itu saling berhubungan dan tidak dapat erpisahkan karena sangat bermanfaat bagi kesehatan badan. Untuk mengatasi anak yang tidak suka makan sayur Anda dapat mencampurkan sayuran kepada biskuit, makanan, ataupun pada minuman (dengan dibuat jus).

  • Menceritakan Dongeng Tentang Makanan

Cara yang berikutnya adalah dengaan menggunakan dongeng sebagai alatnya. Anak akan dapat dengan mudah tertarik akan segala sesuatu termasuk juga dengan sayur dan buah jika disertai dengan cerita-cerita ataupun dongeng. Misalnya saja “Popeye bisa menjadi sangat kuat karena mengkonsumsi bayam”. Cerita-cerita seperti inilah yang sangat diperlukan untuk mendorong anak mengkonsumsi sayur dan buah serta makanan sehat lainnya.

  • Membuat Si Kecil Lapar Dengan Mengajaknya Bermain

Cara yang berikutnya adalah dengan mengajaknya bermain agar buah hati Anda merasa lapar dijam yang tepat. Rasa lapar pada buah hati Anda hendaknya terjadi tepat pada saat waktunya makan. Dengan demikian maka suddah dapat dipastikan maka nafsu makan anak akan meningkat sehingga akan mengkonsumsi bebagai jenis makanan yang ada didepannya. Jika lapar terjadi tidak pada jam makan maka yang terjadi adalah nafsu makan anak akan sangat sulit dikenda;ikan sehingga mengakibatkan pola makan yang tidak teratur yang dapat mengganggu pertumbuhan buah hati Anda.

  • Mengajak Sikecil Memasak

Cara yang berikutnya adalah dengan mengajaknya memasak. Dengan mengajaknya memasak maka anak akan dapat tahu apa saja yang akan dikonsumsinya serta mengkreasikan sayur atau makanan lainnya sesuai dengan yang diharapkannya. selain itu memasak juga memberikan dampak yang positif baik bagi mental buah hati Anda.

  • Memberikan Makanan Dalam Wadah Yang Unik

Salah satu cara untuk meningkatkan nafsu makan serta minat anak terhadap makanan sehat adalah dengan meletakkannya pada wadah makanan yang sangat unik. Hampir semua jenis wadah makanan anak pastinya akan membentuk karakter hewan, ataupun tkoh film. Ada baiknya Anda memilihkan wadah dari karakter yang sangat disukai buah hati Anda, karean dengan demikian maka buah hati Anda akan merasa sangat senang dan pastinya akan meningkatkan nafsu makannya.

  • Menata Makanan Secara Unik

Selain dengan menggunakan wadah yang unik serta enarik Anda juga dapat berkeasi dengan wadah yang sederhana tetapi dengan dibentuk atau ditata secara unik. Tatanan tersebut misalnya membentuk sebuah kepala atau wajah yang tersenyum dan lain sebagainya.

  • Memberikan Si Kecil Proses Makan Yang Menyenangkan

Cara yang terakhir adalah dengan cara proses makan yang menyenangkan. Ketika makan Anda dapat mengibaratkan suapan di dalam sendok tersebut seperti pesawat dan mulut buah hati Anda adalah tujuannya. Dengan cara membuat permainan seperti itu maka anak akan sangat bersemangat untuk makan dan tidak akan sadar telah memakan makanan yang sehat.

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top