Tips & Trik Parent

Bunda, Hindari Hal ini Untuk Membuat Anak Tidur Lebih Nyenyak

Pasti menjadi satu kebahagiaan sendiri ketika melihat anak bisa tidur dengan lebih nyenyak. Dengan kualitas tidur yang lebih baik tentu akan membuat anak menjadi memiliki tubuh yang lebih kuat dan tentu akan kembali bugar ketika anak bangun tidur lagi. Dengan suasana yang fresh tentunya akan membuat tubuh menjadi semakin segar dan membuat anak tidak rewel ketika sudah bangun. Oleh karena itu, bunda harus melakukan beberapa trik dan menghindari beberapa hal yang kemudian bisa sangat menganggu untuk menjaga tidur anak untuk lebih nyenyak.

Sponsored: cream perawatan wajah

Bunda, Hindari Hal ini Untuk Membuat Anak Tidur Lebih Nyenyak

Untuk membuat tidur anak lebih berkualitas dan lebih nyenyak ada baiknya untuk menghindari berbagai hal yang bisa menganggu tidur si anak. Berbagai Hal yang harus dihindari agar anak tidur nyenyak ini biasanya menjadi hal-hal yang kurang diperhatikan dan sering disepelekan. Padahal jika terus menerus dibiarkan tentu akan sangat menganggu kualitas tidur anak yang tentu akan membuat anak memiliki siklus tidur yang kurang baik. Dengan menghindari aneka kegiatan yang merugikan bagi anak ini tentu akan membuat anda mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

  • Menggoyangkan Bayi Untuk Membuatnya Tidur

Salah satu kebiasaan yang paling sering dilakukan oleh orang tua ketika ingin menidurkan anak yang masih dalam usia dibawah 5 tahun adalah dengan menggendongnya kemudian menggoyang-goyangkan biar seolah-olah anak kemudian bisa langsung tertidur. Hal ini tentu menjadi satu hal yang salah. Sebab dengan kebiasaan seperti ini jika dilakukan secara terus menerus malah justru membuat anak menjadi semakin ketagihan dan nantinya anak menjadi kurang mandiri.

  • Menggendong Bayi Ketika Menangis

Ketika bayi menangis pasti satu tindakan spontan yang akan dilakukan oleh banyak orangtua adalah dengan menggendong anak. Hal ini tentu menjadi satu hal yang sangat naluriah untuk dilakukan orang tua dengan harapan memberikan rasa nyaman dan tenang kepada anak. Namun, ketika anak menangis ketika tertidur ada baiknya untuk tidak langsung menggendongnya ya bunda, apalagi jika anak sudah berusia lebih dari 6 bulan. Tindakan yang bisa bunda lakukan adalah dengan membiarkan dia menenangkan dirinya sendiri terlebih dahulu dengan membiarkannya selama kurang lebih 5 hingga 10 menit. Waktu ini bisa bunda rubah sesuai dengan kemampuan anak tersebut untuk menenangkan diri. Dengan cara ini, anak tidak lagi menjadi terbiasa untuk terus menerus digendong dan pastinya anak bisa belajar untuk mengontrol dan menenangkan dirinya sendiri.

  • Memberikan Makan Untuk Tidur

Kebiasaan lain yang juga sering dilakukan oleh bunda dan kadang tidak disadari menjadi satu kegiatan yang bisa membuat siklus tidur anak menjadi kurang baik adalah dengan memberi makan anak sebelum tidur. Memang memberikan asupan makanan setiap 2 atau 3 jam sangat tidak dianjurkan untuk bayi yang baru lahir sebab malah justru bisa sangat menganggu siklus tidur anak pada nantinya. Bunda bisa mengganti rutinitas tersebut dengan memberikannya rutinitas lain sebelum tidur missal saja berdoa, membersihkan tempat tidur, meredupkan lampu atau ganti baju tidur. Kebiasaan makan terlebih dahulu ini nantinya jika terus dibiarkan malah akan membuat anak ketagihan dan bisa saja saat tengah tidur kemudian ia terbangun dan pasti akan langsung meminta untuk makan lagi.

  • Menyusui yang Lebih Lama

Sama halnya dengan respon menggendong, ketika anak mulai terbangun atau anak sedang tidur biasanya ingin untuk memberikan susu entah itu ASI ataupun dengan bentuk botol. Hal ini juga harus menjadi perhatian yang sangat penting bagi bunda, sebab jika anak sudah berusia diatas 6 bulan ada baiknya kebiasaan memberikan susu ketika malam hari dengan cara membangunkannya tidak lagi dilakukan.

  • Tidur Siang di Jalan

Bagi beberapa orangtua yang sibuk dan harus mengajak anak untuk melakukan berbagai aktivitas maka biasanya memaksa anak untuk tidur siang dijalan didalam alat transportasi yang digunakan. Jika hal ini dilakukan sesekali saja tentu tidak akan menjadikan satu masalah yang timbul, namun jika dibiarkan saja terus menerus dan menjadi kebiasaan tentu menjadi satu hal yang bisa sangat menganggu kualitas tidur dari si kecil. Ketika anak tidur siang dijalan dengan posisi ini saat anak tidur didalam mobil atau kendaraan akan membuat anak berguncang dan tentunya membuat tidurnya menjadi kurang nyaman dan justru membuat badan terasa pegal. Dengan posisi tidur yang tidak nyaman tentu akan membuat waktu tidur anak menjadi sangat terganggu dan justru membuat anak kurang mendapatkan waktu tidur yang baik dan cukup.

  • Membiarkan Bayi Terbangun Hingga Larut Malam

Satu hal yang juga akan sangat menganggu kualitas tidur anak adalah waktu tidur yang kurang tepat. Waktu tidur yang kurang terkontrol dengan baik akan membuat anda memiliki waktu tidur yang tidak cukup bagus. Waktu normal bayi tidur biasanya ada di jam 7 hingga jam 8 malam. Dengan usia bayi yang masih dini jika waktu tidur tidak dijam yang tepat biasanya akan membuat mereka terbangun saat malam hari bahkan dengan waktu terbangun yang cukup lama. Nah, untuk menghindari hal tersebut ada baiknya bunda untuk membiasakan waktu tidur yang baik dan tepat.

Setelah bunda tahu beberapa hal diatas mulai sekarang ada baiknya untuk menghindari hal-hal sepele yang diatas ya bunda. Dengan menghilangkan hal-hal yang sepele dan menjaga bayi untuk tetap bisa tidur dengan berkualitas dengan cara yang mudah dan membuat anak kembali tidur dengan nyaman dan pulas. Anak yang memiliki kualitas tidur semakin baik tentunya akan lebih mendapatkan kondisi badan yang lebih segar dan mampu beraktivitas pada hari ke hari berikutnya dengan penuh keceriaan.

 

Baca juga: Hindari 4 Kesalahan Memberi Camilan Yang Bisa Membuat Anak Tak Doyan Makan

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top