Tips & Trik Parent

Budayakan Cinta Bangsa! Cara Mengajak Anak Mengenal Indonesia Lebih Dalam

 Budayakan Cinta Bangsa! Cara Mengajak Anak Mengenal Indonesia Lebih Dalam

Apa benar anak Anda bangga dengan negerinya sendiri? Jika belum yakin, yuk pelajari lebih lanjut cara mengajak anak mengenal Indonesia agar Anda jadi orangtua hebat. Selama ini, masih banyak orangtua yang kurang peduli dengan apa yang dilakukan anak terhadap tanah airnya. Apakah sikap anak di sekolah atau lingkungan telah mencerminkan budaya santun? Jika belum, pumpung masih dalam suasana kemerdekaan RI ke-72, simak beberapa cara berikut yang bisa diterapkan pada si kecil supaya ia lebih bisa mengenal Indonesia.

Budayakan Cinta Bangsa! Cara Mengajak Anak Mengenal Indonesia Lebih Dalam

Sponsor: halo jasa

  • Lewat Lagu

Mengenalkan anak akan negeri tercinta, bisa Anda mulai dengan mengenalkan ia melalui lagu. Menurut seorang ahli pendidikan musik dari Jerman, menyanyikan lagu tidak hanya membuat anak senang namun juga cerdas. Alunan lagu yang dimainkan bisa memberi rasa tenang dan membuat suasana hati yang riang. Musik juga bisa memberi anak stimulasi lebih baik ketika ia diperkenalkan pada musik sedak dini. Untuk memacu kekuatan anak dalam mengingat, Anda bisa memperdengarkan alunan musik anak karya Ibu Sud atau Pak Kasur.

Cara ini bisa membantu anak mengenal lebih tentang Indonesia. Lagu-lagu anak karya dua maestro Indonesia ini memang terkenal memiliki lirik atau syair yang pas untuk mengenalkan anak terhadap lingkungan disekitar. Lagu karya Ibu Sud atau Pak Kasur juga bisa memberi nilai positif bagi anak. Agar lebih menyenangkan, Anda bisa ajarkan anak bernyanyi saat ia tengah asyik melakukan sesuatu misalnya saat anak sedang makan.

Budayakan Cinta Bangsa! Cara Mengajak Anak Mengenal Indonesia Lebih Dalam

  • Lewat Cerita

Mendongeng sudah jadi hal paling lama dilakukan para orangtua untuk membuat anaknya tertidur. Tak hanya itu, melalui jalan cerita, Anda pun bisa ajarkan anak mengenal lebih tentang Indonesia. Ada banyak cerita rakyat, atau kisah-kisah perjuangan para pahlawan dalam mengusir penjajah. Anda pun bisa menceritakan cerita seru seputar perjuangan bangsa Indonesia dengan kesan yang lebih dramatis. Jika Anda kesulitan mencari buku cerita, bisa coba browsing atau mencari di internet. Ceritakan dengan nada suara yang menarik, intonasi dan ekspresi wajah yang pas suapaya anak bisa lebih terpesona dengan cerita yang Anda bawakan. Ceritakan semua hal yang Anda ketahui saat anak ingin tidur malam.

Budayakan Cinta Bangsa! Cara Mengajak Anak Mengenal Indonesia Lebih Dalam

  • Lewat Tempat Wisata

Cara lain membuat anak lebih mengenal negerinya sendiri adalah dengan mengajaknya ke tempat-tempat wisata. Indonesia sendiri memiliki banyak tempat wisata unik, luar biasa, alami dan bersejarah. Misalnya mengajak anak bermain ke museum atau tempat-tempat peninggalam masa kerajaan seperti candi hingga tempat yang bisa mengenang masa-masa perjuangan bangsa seperti di benteng-benteng. Ingin lebih seru, coba kunjungi Taman Mini Indonesia Indah yang bisa memberikan gambaran tentang bangunan tradisional, budaya dan lokasi Nusantara.

Museum Nasional Sejarah Indonesia yang ada di Bogor, atau Museum kapal selam Surabaya bisa jadi tambahan refrensi kunjungan Anda dan si kecil. Menurut pakar pendidikan, manfaat membawa anak ke museum diantaranya adalah bisa meningkatkan motivasi anak supaya mau mengenal sejarah dan ilmu, mengasah empati anak mengenal lebih tentang apa yang ada di dalam museum hingga bisa mengajarkan anak berfikir kritis. Anak juga bisa membentuk kedekatan lebih dengan keluarganya.

Budayakan Cinta Bangsa! Cara Mengajak Anak Mengenal Indonesia Lebih Dalam

  • Lewat Makanan

Kesempatan mengenal Indonesia lebih dalam, bisa Anda lakukan dengan mengajak anak ke tempat-tempat yang memiliki makanan khas. Misalnya, makanan khas Indonesia yakni tempe merupakan menu tradisional yang sudah ada sejak dahulu. Tak hanya tempe, ada beragam makanan khas daerah lain yang bisa Anda ceritakan. Misalnya makanan khas Padang ada pada nasi Padang nya, Gudeg dari Yogya, nasi pecer dari daerah Jawa Timur, Lontong sayur dari Jakarta, Siomay dari Jawa Barat, Rendang, Sate, berbagai kerupuk, jajanan tradisional minuman khas dan masih banyak lainnya.

Tak ada salahnya sesekali Anda ajak anak bersama-sama berkunjung ke suatu tempat dan cari makanan khas apa yang ada di daerah tersebut. Mengenalkan makanan kepada anak, bisa memberi ilmu padanya tentang keberagaman Indonesia yang berbeda dari setiap daerah.

Budayakan Cinta Bangsa! Cara Mengajak Anak Mengenal Indonesia Lebih Dalam

  • Lewat Alat Musik

Selanjutnya, cara supaya anak jauh lebih mengenal akan negerinya sendiri yakni dengan mengetahui jenis-jenis alat musik. Indonesia yang sangat luas dengan keberagaman suku tentu memiliki alat musik yang berbeda. Menurut seorang profesor bernama Hans Gunther Bastian, mengenalkan alat musaik dan irama kepada anak bisa melatih sistem motoriknya. Sedangkan mengajak anak memainkan alat musik yang beragam juga akan membuat anak lebih aktif. Anak pun akan aktif bertanya dan penasaran dengan alat musik yang ia mainkan. Bukan hanya sekedar alat musik gitar, biola atau piano, Indonesia memiliki banyak alat musik tradisional seperti angklung, gamelan, kulintang, dan masih banyak lainnya.

Sungguh besarnya negeri ini dengan ratusan suku dan budayanya. Sungguh hebatnya para orangtua yang bisa mengajarkan kepada anaknya akan arti penting mencitai dan mengenal Indonesia. Sebagai orangtua, sudah sepantasnya Anda turut berperan dalam tumbuh kembang anak, termasuk jiwa sosialnya. Mengajak anak mengenal lebih jauh tentang Indonesia bisa dilakukan dengan berbagai cara selain hal-hal yang sudah disebutkan diatas. Misal dengan mengirim anak ke guru les sejarah. Guru sejarah akan mengajarkan anak tentang sejarah Indonesia. Untuk mendapatkan jasa guru sejarah Anda bisa mengunjungi situs Halo Jasa, tempat dimana Anda bisa temukan berbagai kemudahan melalui jasa.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top